Akhir Pekan, Yuk Datang ke Banyuwangi Ada Tiga Event Seru Loh!

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 13 Juli 2018 - 11:00 WIB

Wisata Kawah Ijen (Blue Fire) di Banyuwangi (Foto: TripTrus)
Wisata Kawah Ijen (Blue Fire) di Banyuwangi (Foto: TripTrus)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bagi kamu yang mau berkunjung ke Banyuwangi akhir pekan ini, bisa datang dan ramaikan tiga event yang akan diselenggarakan pada Sabtu, 14 Juli 2018. Eventnya mulao dari Fashion Festival, Agro Expo, hingga kejuaraan internasional sepeda BMX. Diawali di Sabtu pagi, wisatawan bisa menyaksikan kompetisi "International Bicycle Motocross" (BMX) di Sirkuit Muncar. Para pebalap tim nasional Indonesia hingga juara dunia BMX 2018 akan turun berkompetisi di laga ini.

"Ini adalah salah satu even sporttourism yang kami gelar selain balap sepeda International Tour De Ijen dan Green Run. Kompetisi ini juga akan diikuti juara dunia BMX dan atlet-atlet nasional. Kita bisa menyaksikan ketangksan mereka bersepeda, termasuk aksi free style mereka. Termasuk ada laga untuk anak usia SD. Sangat menarik ini," kata Bupati Abdullah Azwar Anas di Banyuwangi, Kamis (12/7/2018).

Atlet profesional asal Australia Jordan Callum yang baru saja menjadi Juara Dunia BMXChallenge Junior 2018 akan ikut berlaga di kompetisi BMX ini. Beberapa atlet nasional dari Jepang, dan Malaysia juga telah konfirmasi hadir. Tak ketinggalan atlet andalan Indonesia, yaitu Tony Syafrudin, Bagus Saputra, Rio Akbar, Wiji Lestari dan Cupi Novianti juga ikut ambil bagian.

“Jangan sampai dilewatkan berbagai ajang festival di Banyuwangi ini. Pastinya sangat menarik untuk disaksikan," ujar Anas.

Banyuwangi International BMX Competition telah masuk kalender rutin Persatuan Balap Sepeda Internasional (Union Cycliste International/UCI). Even ini akan berlangsung di Sirkuit BMX Muncar, satu dari sedikit sirkuit berstandar internasional di Indonesia.

Siang harinya, para wisatawan bisa mengunjungi Agro Expo. Bukan sekadar pameran pertanian pada umumnya, namun expo ini menjadikan areal persawahan sebagai ruang pamer. Tak pelak, pengunjung akan disajikan proses tanaman tumbuh, mulai dari bibit hingga bisa dipanen. 

Pameran ini sendiri dibuka mulai pagi pukul 09.00 - 21.00 wib di areal persawahan Jalan Brawijaya.

"Ajang ini sangat cocok untuk segala usia, mulai anak-anak hingga dewasa. Selain melihat berbagai hasil pertanian lokal, pengunjung juga bisa lihat langsung tanamannya. Misalnya, anak-anak yang belum pernah lihat pohon srtoberi, bisa lihat di sana. Belum lagi kita bisa menyaksikan tanaman padi hitam, padi merah," ujarnya.

Di Agro Expo, pengunjung juga bisa menikmati beragam kopi Banyuwangi. Ada 20 varian rasa kopi khas Banyuwangi yang siap dinikmati cita rasanya.

Anas menambahkan, ajang ini juga dimaksudkan sebagai sarana efektif untuk mengedukasi publik. "Kalau ada yang pingin belajar menyambung pohon jeruk atau durian merah, bisa langsung berkonsultasi. Mau mengembangkan buah naga, tanam padi atau ternak lele, bisa langung tanya teknis dan keuntungannya," kata Anas.

Masih di hari yang sama, malam harinya akan digelar Banyuwangi Fashion Festival. Ajang ini akan menampilkan 85 adibusana menawan karya desainer asli Banyuwangi. Uniknya semua busana tersebut terinspirasi dari ragam objek wisata alam Banyuwangi.

"Ini memang panggung yang kami siapkan khusus bagi para desainer Banyuwangi. Kalau ajang fashion lain yang kami gelar masih menyuguhkan busana desainer dari luar, BFF hanya menampilkan karya desainer lokal," kata Anas.

Busana-busana yang ditampilkan, katanya, mengusung tema wisata alam daerah seperti Teluk Ijo, Api Biru (Blue Flame), Pantai Boom, Gintangan, Djawatan, Pantai Pulau Merah, Segoro Anakan, Savana, Pantai Wedi Ireng, Belerang, hingga Pesisir Tabuhan.

"Pastinya akan unik dan menarik menyaksikan busana tema alam. Jadi jangan lewatkan BFF yang akan digelar 14 Juli di Gedung Seni Budaya (Gesibu) Banyuwangi mulai pukul 19.00 WIB itu," kata Anas. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…