Presiden Jokowi Ingin Agar Koperasi Tak Ketinggalan Zaman

Oleh : Ahmad Fadli | Jumat, 13 Juli 2018 - 07:15 WIB

Presiden Jokowi dalam acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Kamis (12/7).
Presiden Jokowi dalam acara peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 yang digelar di ICE BSD, Tangerang, Kamis (12/7).

INDUSTRY.co.id - Serpong - Presiden Joko Widodo ingin agar koperasi tidak ketinggalan zaman dan mampu menyesuaikan diri dengan perubahan yang sangat cepat.

"Perkembangan-perkembangan hyperloop, tesla, cryptocurrency, ini kita harus mengerti semuanya. Insan koperasi juga sama harus ngerti semuanya karena perubahan ini akan sangat cepat sekali," kata Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam sambutannya saat acara puncak peringatan Hari Koperasi Nasional ke-71 di Tangerang, Kamis (12/7/2018)

Perubahan yang amat cepat, kata Presiden, bahkan sering seiring regulasinya belum ada tapi perubahan sudah datang.

Hal itulah yang dimintanya agar disadari bersama oleh semua kalangan termasuk insan koperasi di Tanah Air.

"Inilah perubahan-perubahan yang harus kita sadari bersama agar kita tidak ditinggal oleh zaman," katanya.

Pada kesempatan itu, Presiden juga mengingatkan bahwa saat ini semua orang hidup di era teknologi, era globalisasi, dan era milenial.

Era-era itulah yang mendorong perubahan begitu cepat.

"Kita harus sadar semuanya bahwa perubahan saat ini terjadi begitu cepatnya revolusi industri 4.0, menurut McKensey Global Institute perubahan yang terjadi 3.000 kali dibandingkan pada revolusi industri yang pertama. Artinya apa perubahan ini akan sangat cepat. Oleh karena itu kita harus sadar semuanya, kita harus ngerti semuanya," katanya.

Presiden pun mendorong koperasi untuk paham terkait artifisial intelijen, internet of things, big data, hingga teknologi advance robotic.

"Saya kira di awal nggak harus dengan yang canggih-canggih mulai dulu dengan semua anggota koperasi harus pintar pakai whatsapp. Semua anggota koperasi fasih memanfaatkan fitur-fitur yang ada di dalam aplikasi WhatsApp," katanya.

Kemudian ia menambahkan, agar koperasi juga mulai memasang laman media sosial seperti di Instagram, Twitter, atau Facebook.

Koperasi juga diminta Presiden untuk memahami postingan-postingan atau konten-konten yang menarik sehingga membuat orang tertarik pada koperasi.

"Sekalikita sudah masuk ke media sosial, koperasi sudah masuk ke media sosial kita harus ngerti juga mana posting-posting yang menarik, mana posting-posting yang menyentuh, mana posting-posting yang memukau dan menarik perhatian. Kalau kita mulai masuk ke sana kita akan mengerti kalau nggak ya percuma nggak bakal ada yang like, nggak ada yang bakal memfollow kita," kata Presiden.

Pada kesempatan itu, Presiden Jokowi juga menyematkan anugerah kepada sejumlah tokoh yang menerima penghargaan serta meninjau Harkopnas Expo 2018 yang memamerkan produk-produk koperasi Indonesia.

Presiden didampingi sejumlah pejabat di antaranya Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Koperasi dan UKM Puspayoga, dan Ketua Dekopin Nurdin Halid.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…