Pertamina Mampu Kelola Blok Rokan

Oleh : Hariyanto | Kamis, 12 Juli 2018 - 16:16 WIB

Ilustrasi Blok Migas (Fotos Ist)
Ilustrasi Blok Migas (Fotos Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Anggota Komisi VII DPR Kurtubi menegaskan Pertamina mampu mengelola Blok Rokan yang merupakan blok migas terbesar di Tanah Air.

Selain sudah teruji di berbagai lapangan minyak di Indonesia, menurut dia di Jakarta, Rabu (11/7/2018) karena Pertamina juga memiliki teknologi yang mampu meningkatkan produksi lapangan tua.

"Sangat mampu. Pertamina adalah perusahaan minyak negara sudah sangat berpengalaman. Ahli minyak berkumpul di sana. Kalau soal pengelolaan Blok Rokan, pasti mereka bisa," katanya melalui keterangan tertulis.

Keyakinan Kurtubi juga tak lepas dari teknologi yang selama ini dipergunakan BUMN tersebut, yakni Enhanced Oil Recovery (EOR), yang bisa meningkatkan produksi lapangan minyak yang sudah tua.

Menurut dia, teknologi EOR yang diandalkan itu memang bukan barang baru karena berusia 30 tahun dan Pertamina sangat berpengalaman menerapkan ketika mengelola lapangan minyak tua yang produksinya terus menurun.

Hasilnya, Pertamina tidak hanya bisa menahan laju natural decline rate lapangan tersebut bahkan meningkatkan.

"Peningkatan produksi yang dilakukan Pertamina dalam alih kelola ONJW, WMO, dan Mahakam adalah contoh keberhasilan tersebut," jelas pakar migas.


Mengingat kemampuan itulah, Kurtubi meminta Pemerintah untuk memprioritaskan pengelolaan Blok Rokan kepada Pertamina.

Selain alasan kemampuan yang sudah teruji dan SDM yang memang sangat andal, ujarnya, juga karena pengembalian blok-blok migas yang habis masa kontrak seperti Blok Rokan, merupakan amanah konstitusi yang tidak boleh dilanggar.

"Menurut Pasal 33 UUD 1945, kekayaan dalam perut bumi harus dikuasai oleh negara. Kalau pun sebelumnya ada perusahaan asing yang mengelola lapangan minyak di Indonesia berdasarkan kontrak, itu kita hargai. Tetapi ketika kontrak tersebut selesai, maka harus dikembalikan kepada negara. Dan negara dalam hal ini adalah badan usaha milik negara yang mengelola minyak dan gas bumi, yaitu Pertamina," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).