Agustus, Pawai Seni Budaya Helaran Siap Digelar di Bogor

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 12 Juli 2018 - 16:00 WIB

Pawai Seni Budaya Helaran (Istimewa)
Pawai Seni Budaya Helaran (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Dalam waktu dekat, daerah yang disebut Kota Hujan ini akan berulang tahun yang ke 536. Untuk merayakannnya, kota Bogor akan kembali menggelar Hari Jadi Bogor (HJB) yang dimeriahkan oleh pawai budaya Helaran. 

Pawai budaya ini adalah sebagai bentuk untuk mempromosikan seni budaya dan pariwisata daerah di Bogor yang akan diselenggarakan pada 12 Agustus 2018. 

"Seperti tahun sebelumnya, pawai Helaran kembali digelar tahun ini pada tanggal 12 Agustus 2018," kata Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi, di Bogor, Rabu (11/7/2018).

Shahlan menjelaskan perhelatan Helaran Seni Budaya ini merupakan rangkaian peringatan Hari Jadi Bogor (HJB) ke-536.

Ia mengatakan, serangkaian kegiatan peringatan HJB tahun ini yang harusnya digelar bulan Juni 2018, terpaksa dialihkan karena bersamaan dengan bulan Ramadan, Lebaran, dan hari pencoblosan Pilkada serentak.

"Pengalihan ini karena kita ingin mempromosikan agenda wisata Kota Bogor kepada tamu-tamu Asian Games," kata Shahlan.

Ia menyebutkan, kegiatan Helaran Seni Budaya Bogor diharapkan menjadi ajang perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

Kegiatan ini diperkirakan akan melibatkan 5.000 peserta yang terdiri atas sanggar seni dan budaya yang ada di Kota Bogor serta luar kota, sekolah, perguruan tinggi, komunitas, seluruh OPD Pemkot Bogor.

"Bahkan kelompok masyarakat dari enam kecamatan, perusahaan daerah, swasta nasional juga akan ikut berpartisipasi," katanya.

Ia mengatakan, materi kegiatan Helaran Seni Budaya Bogor ini berupa penampolan seni dari sanggar-sanggar, karnaval budaya bagi masyarakat, OPD, komunitas dan sekolah serta perguruan tinggi dan juga pawai kendaraan hias bagi perusahaan, hotel dan restoran.

"Bentuk sajian pergelaran tersebut dikemas sedemikian rupa dengan menjaga estetika, artistik, atraktif, menarik dan komunikatif," katanya.

Lokasi Helaran tetap sama seperti tahun sebelumnya yakni Jl Sudirman dari Air Mancur menuju Taman Kencana. Dimulai dari pukul 06.00 sampai 11.30 WIB.

Shahlan menambahkan, kegiatan Helaran Seni Budaya menjadi ajang silaturahmi komunitas dan masyarakat, wadah atau ruang ekspresi bagi para pelaku seni, ajang promosi produk seni budaya Kota Bogor kepada masyarakat dan wisatawan luar Kota Bogor.

"Helaran diharapkan juga menjadi destinasi pariwisata seni budaya tahunan di Kota Bogor," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…

IFG Life

Sabtu, 20 April 2024 - 09:48 WIB

Sambut Hari Konsumen Nasional, IFG Life Tegaskan Komitmen Customer-Centric

Menyambut Hari Konsumen Nasional yang jatuh pada 20 April 2024, PT Asuransi Jiwa IFG (IFG Life) kembali menekankan komitmen perusahaan untuk senantiasa memprioritaskan konsumen (customer-centric)…

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.