Telkomsel-Pemkot Gorontalo Wujudkan Digital Smart City

Oleh : Dina Astria | Kamis, 12 Juli 2018 - 14:47 WIB

Smart City (Foto Dok Industry.co.id)
Smart City (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gorontalo- Telkomsel bersama Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo melakukan kolaborasi untuk mengembangkan Gorontalo Digital Smart City di daerah tersebut.

Pelaksanaan program Gorontalo Digital Smart City tersebut ditandai dengan penandatanganan MoU antara Vice President Sales & Service Strategy Telkomsel, Gilang Prasetya dengan Walikota Gorontalo, Marten A. Taha di Jakarta.

"Melalui program Gorontalo Digital Smart City, pemerintah kota Gorontalo dimudahkan dalam mengelola berbagai administrasi daerah dengan lebih modern dan efisien," kata Vice President Sales & Service Strategy Telkomsel, Gilang Prasetya, Rabu (11/7/2018)

Seperti, peningkatan efisiensi kinerja instansi pemerintahan berbasis teknologi dan telekomunikasi, kemudahan dalam monitoring kinerja dan evaluasi pelayanan masyarakat, penggunaan e-money TCASH sebagai media pembayaran pajak dan retribusi warga Gorontalo.

Serta penyediaan system informasi dan database yang terintegrasi bagi Pemerintah Kota Gorontalo yang tentunya diharapkan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

"Kolaborasi Telkomsel dan Pemkot Gorontalo ini adalah wujud komitmen perusahaan sebagai operator telekomunikasi terbesar di Indonesia untuk mendukung transformasi digital khususnya sektor pemerintahan, dengan menyediakan berbagai solusi untuk pengelolaan administrasi pemerintahan yang lebih efektif dan efisien," ujarnya seperti dilansir Antara.

Ia berharap, dengan adanya kerjasama pembangunan Gorontalo Digital Smart City ini dapat meningkatkan kerjasama dan juga hubungan baik antara perusahaan dengan pemerintah sehingga dapat terus berkolaborasi untuk membangun Indonesia yang lebih baik.

Sementara itu, layanan Wireless Broadband menawarkan jaminan koneksi internet prima untuk lingkungan kantor pemerintahan.

"Sedangkan Business Connect menyediakan solusi komunikasi yang terintegrasi penuh, mulai dari email hingga penjadwalan, dokumen, serta aplikasi kolaborasi sehingga mampu meningkatkan produktivitas, katanya.

Adapun beberapa program lainnya yaitu dalam rangka meningkatkan layanan kebersihan Kota Gorontalo juga akan dilakukan monitoring dan evaluasi dalam rangka efesiensi armada angkutan sampah melalui Solusi Internet of Thing yaitu Fleet Sight Telkomsel, dimana semua armada angkutan sampah dapat diatur dan diawasi rute pengangkutan sampahnya secara real time melalui dashboard Fleetsight.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…