Januari-Mei 2018, Kunjungan Wisman ke Bintan Capai 6,17 Juta Orang

Oleh : Dina Astria | Kamis, 12 Juli 2018 - 08:23 WIB

Pantai Trikora, Bintan (Foto:thiozard/Instagram)
Pantai Trikora, Bintan (Foto:thiozard/Instagram)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Acara sport tourism IRONMAN 70.3 tinggal hitungan hari. Ajang olahraga 'manusia super' ini akan segera diselenggarakan pada 18 hingga 19 Agustus 2018 mendatang di Bintan, Kepulauan Riau.
Kementerian Pariwisata Republik Indonesia, Arief Yahya menyatakan bahwa IRONMAN 70.3 tentunya memberi dampak langsung pada peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Indonesia.

Pada tahun ini, sesuai dengan target nasional 2018 sebanyak 17 juta wisman, dimana sekirar 3 juta wisman diproyeksikan akan masuk melalui Bintan.

"Pertumbuhan pariwisata Great Batam/Bintan selama periode Januari hingga Mei 2018 sebesar 11,01 persen atau sebanyak 6,17 juta wisman. Angka ini tumbuh 11,98 persen dibandingkan jumlah kunjungan wisman pada periode yang sama tahun lalu, yang berjumlah 5,51 juta kunjungan," papar Arief Yahya saat jumpa pers IRONMAN 70.3 Bintan di Gedung Sapta Pesona, Jakarta pada Rabu (11/7/2018).

Bintan memiliki keunggulan berupa daya tarik alam seperti pantai berpasir putih, taman laut da hutan tropis yang dilengkapi dengan fasilitas infrastuktur kelas dunia. Selain itu, lokasinya yang dekat dengan Singapura, hanya 45 menit menggunakan kapal ferry, menjadikan Bintan sebagai salah satu destinasi wisata andalan dalam mencetak wisman untuk mendukung target nasional tahun ini sebesar 17 juta wisman.

Kabar baik juga disampaikan oleh Bupati Bintan, Apri Sujadi. Dalam keterangan yang diterima, Apri Sujadi mengatakan keberhasilam Bintan menjadi lokasi penyelenggaraan sport tourism internasional ini tidak lepas dari dukungan Kemenpar.

"Penyelenggaraan sport tourism internasional ini menjadi pencetak wisman sekaligus memperkuat posisi Bintan sebagai destinasi sport tourism kelas dunia," tambah Apri Sujadi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…