Masuk Bursa Cawapres, KH Maruf Amin Buat Koalisi Umat Goyah

Oleh : Herry Barus | Rabu, 11 Juli 2018 - 18:30 WIB

Ketua MUI K.H. Ma'ruf Amin (Foto Ist)
Ketua MUI K.H. Ma'ruf Amin (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Pengamat politik Indonesia Public Institute (IPI) Jerry Massie menilai sosok Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia KH Ma'ruf Amin dalam bursa calon wakil presiden akan membuat koalisi umat Islam goyah.

"Koalisi umat bisa goyah karena sosok tertinggi MUI. Ini langkah cerdas dan efektif jika Jokowi memilih dari kelompok agama," ujar dia di Jakarta, Rab (11/7/2018)

Menjelang pemilihan presiden pada 2019, bermunculan sejumlah koalisi umat Islam yang mendukung calon presiden dan wakil presiden masing-masing, misalnya, Koalisi Ummat Madani yang mendukung Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais maju sebagai capres.

Jerry menilai munculnya sosok KH Ma'ruf Amin akan membuat Amien Rais gamang untuk maju karena tidak mungkin melawan MUI.

"Saya nilai kalau Ma'ruf Amin dinaikkan, Amien Rais semakin waspada dan gamang. Amien Rais seorang profesional yang menghormati kebijakan MUI akan malu untuk ngotot maju," tutur Jerry kepada awak media.

Ada pun terkait dengan dukungan Ketua Umum PPP Romahurmuziy kepada KH Ma'ruf Amin untuk menjadi cawapres, Jerry menilai hal itu menunjukkan hubungan PPP dan MUI yang semakin mesra.

Dengan hubungan yang kian mesra, menurut dia, bukan tidak mungkin apabila menolak untuk menjadi cawapres, KH Ma'ruf Amin akan berbalik mengusulkan Romahurmuziy untuk mendampingi Jokowi.

"Bisa saja nanti mendorong Romahurmuziy yang sudah persiapan safari politik di Jawa dan televisi apabila Ma'ruf Amin ingin memberikan kesempatan pada generasi di bawahnya," ucap dia.

Sebelumnya, Ketua Umum DPP PPP Romahurmuziy menyebut Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma'ruf Amin sebagai satu dari 10 nama kandidat yang sudah dikantongi Joko Widodo (Jokowi) sebagai bakal calon wakil presiden.

Menurut Romahurmuziy, Ma'ruf Amin akan mampu menjembatani seluruh kepentingan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infinix Indonesia

Kamis, 15 November 2018 - 19:08 WIB

Sukses di Penjualan 11.11, Infinix Ungkap Strategi Hadapi Persaingan Smartphone Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta, 15 November 2018 Dalam perayaan Habolnas 11.11 di bulan November lalu, Infinix Indonesia sukses menjual beberapa produk unggulannya dengan…

Pembangunan Embung Serbaguna Pea Parsinagaan

Kamis, 15 November 2018 - 17:35 WIB

Pembangunan Embung Serbaguna Pea Parsinagaan Berikan Manfaat Untuk 2 Kecamatan

Dalam rangka terus mendukung pengembangan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 KSPN prioritas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Embung…

Dok industry.co.id

Kamis, 15 November 2018 - 17:28 WIB

Jet Commerce Catat Kenaikan Nilai Transaksi 16 Kali Lipat

Jet Commerce, penyedia solusi e-commerce terpadu dan terkemuka di Asia Tenggara mencatat kenaikan nilai transaksi 16 kali lipat

Ilustrasi Reksa Dana (bisnisfranchiseindonesia)

Kamis, 15 November 2018 - 17:14 WIB

Kondisi Pasar Semakin Positif, Reksa Dana Saham jadi Pilihan Tepat untuk Investasi

Kondisi pasar menunjukkan perkembangan positif seiring meredanya isu perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok dan kondisi iklim investasi di tanah air yang semakin kondusif

PT Electronic City Indonesia Tbk hari ini, Kamis (14/11/2018) resmi meluncurkan logo barunya. Acara yang dilangsungkan di Four Point by Sheraton ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bersama rekan media dan influencer.

Kamis, 15 November 2018 - 17:14 WIB

Melalui Logo Baru, Komitmen Electronic City sebagai Pionir Toko Elektronik

PT Electronic City Indonesia Tbk hari ini, Kamis (14/11/2018) resmi meluncurkan logo barunya. Acara yang dilangsungkan di Four Point by Sheraton ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bersama…