Traveler, Perhatikan Ini Daftar Negara yang Membatasi Menggunakan Vape

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 11 Juli 2018 - 13:45 WIB

Ilustrasi Vaping (Istimewa)
Ilustrasi Vaping (Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Jika berkunjung ke suatu negara selain perlengkapan yang harus dibawa selama perjalanan, kamu perlu juga mengetahui beberapa peraturan bagi pendatang atau turis saat berkunjung ke negara tersebut. Salah satunya yang baru-baru ini telah ditetapkan di berbagai negara yang melarang untuk menggunapak rokok elektrik atau biasa disebut vape.

Dikutip dari dailymail, Rabu (11/7/2018), sebuah studi Organisasi Kesehatan Dunia mengklaim bahwa rokok elektrik mungkin tidak benar-benar membantu perokok menghentikan kebiasaan mereka.  Akhirnya, setelah mendapat himbauan, sejumlah negara mengikuti peraturan yang diberika oleh studi tersebut. 

Saat ini, India, Filipina, Lebnan, Kamboja dan Vietnam telah memberlakukan peraturan dilarang menggunaka vape. Terbukti, dalam beberapa bulan terakhir, di beberapa bagian India setelah mengeluarkan peraturan tersebut ada seorang pria yang dipenjara selama tiga tahun akibat mengisap rokok elektrik.  Ada juga, seorang vapers di Filipina mendapat hukuman hingga empat bulan di penjara karena vaping di ruang publik.

Lebanon, Kamboja dan Vietnam juga baru-baru ini melarang rokok elektrik tersebut, namun potensi hukuman karena melanggar hukum jauh lebih tidak jelas. Sedangkan, jika sanksi di Thailand, disarankan bagi warga atau wisatawan untuk meninggalkan perlengkapan vape mereka di rumah. Jika ketahuan, hukumannya bisa dipenjara selama 10 tahun. 

Adapun larangan di berbagai negara atau kota lainnya seperti di San Francisco telah melarang rokok elektrik yang beraroma, lalu semua taman nasional termasuk Grand Canyon dan Everglades memiliki batasan dalam vaping yang berlaku. DI Kanada, dengan peraturan lokal yang berlaku. Misalnya, di provinsi British Columbia terdapat undang-undang membatasi vaping di mobil yang berisi anak-anak dan dalam jarak enam meter dari pintu dan jendela yang terbuka.

Vaping juga dilarang di Uni Emirat Arab dan Bandara Dubai. Jika ketahuaan petugas akan menyita rokok elektronik dan perlengkapan vape. Larangan lengkap tentang rokok elektrik juga ada di Singapura, Indonesia, Yordania, Oman, dan Mesir. Sementara Afrika Selatan, Malaysia, dan negara bagian Queensland dan Wilayah Utara Australia melarang penggunaan rokok elektronik yang mengandung nikotin

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…