Tik Tok Tetapkan Batas Usia 13 Tahun

Oleh : Anisa Triyuli | Rabu, 11 Juli 2018 - 10:19 WIB

Aplikasi Tik Tok dan Musical.ly kolaborasi untuk merayakan kreatiitas. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)
Aplikasi Tik Tok dan Musical.ly kolaborasi untuk merayakan kreatiitas. (Foto: Dina Astria/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Aplikasi video pendek Tik Tok menetapkan batas usia penggunanya menjadi 13 tahun seperti aplikasi media sosial lainnya, dari sebelumnya 12 tahun.

"Batas umurnya sekarang 13 tahun, jadi seperti yang lainnya. Tadinya diminta 16 tahun, lalu menyesuaikan dengan yang lain, rata-rata aplikasi 13 tahun," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Semuel Abrijani di Jakarta, Selasa (10/7/2018)

Ia menilai anak berusia 13 tahun atau dalam bangku SMP sudah mempunyai nalar dan dapat melindungi dirinya dari orang dengan tujuan tidak baik dalam aplikasi itu.

Tik Tok juga akan menerapkan pengenalan wajah untuk mengetahui pengguna. Apabila dikenali berusia di bawah 13 tahun akan muncul pertanyaan yang harus diisi orang tua.

Meski usia dinaikkan menjadi 13 tahun, Semuel menekankan pentingnya peran serta orang tua dalam mengawasi anaknya dalam memanfaatkan media sosial.

Apalagi terdapat ancaman seperti pedofil yang dapat mengakses profil anak-anak sehingga pendampingan dan pengawasan orang tua sangat penting.

"Harapannya 13 tahun pun harus ada peran orang tua dan keluarga, itu penting. Jadi umpamanya bagaimana mendidik anak menggunakan Tik Tok dengan benar, pendampingan juga perlu," ucap Semuel kepada awak media.

Tik Tok pun akan menggandeng Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) untuk mengadakan kegiatan untuk anak-anak ke depan.

Kominfo membuka blokir aplikasi video pendek Tik Tok sejak 3 Juli 2018 sehingga dapat kembali diakses mulai hari ini.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…