Petrokimia Gresik Keluarkan Dua Produk Baru Nonsubsidi pupuk NPK dan NPS

Oleh : Hariyanto | Rabu, 11 Juli 2018 - 09:49 WIB

Petrokimia Gresik
Petrokimia Gresik

INDUSTRY.co.id - Gresik - Produsen pupuk nasional asal Kabupaten Gresik, PT Petrokimia Gresik (PG) mengeluarkan dua produk barunya di tengah melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. 

Dirut PT Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto mengatakan, di tengah tantangan ekonomi global yang masih sulit serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, perusahaannya akan terus bertransformasi, beradaptasi serta berkembang sesuai dengan tantangan dan peluang bisnis yang ada. 

Meski tahun lalu laba dan penjualan menurun sebagai imbas resesi ekonomi global, tapi tahun ini PG berharap bisa mengangkat dari sektor nonsubsidi dengan mengeluarkan produk baru nonsubsidi pupuk NPK dan NPS.

Langkah ini diambil karena kondisi global masih belum berpihak. "Itu kenyataan yang terjadi," katanya di sela-sela HUT pabrik PG ke 46 di Stadion Petrokimia, Selasa (10/07/2018).

Selain melakukan inovasi, efisiensi, dan diversifikasi produk, lanjut Nugroho, PG juga mencoba memposisikan perusahannya bagian dari solusi agroindustri. Sehingga, tidak hanya melulu menjual produk, tapi juga memberikan solusi bentuknya paket komplit memberikan eksistensi kepada konsumen, baik itu bercocok tanam yang lebih baik. Hal itu diharapkan bisa menjamin sustainable perusahaan. 

Ditanya adanya dua produk baru nonsubsidi, yakni NPK dan NPS, dikatakan Nugroho, terkait hal itu perusahaannya melihat sudah memiliki tagline produsen pupuk terlengkap.

"Kita mencoba ingin melengkapi dan itu belum dimiliki perusahaan. Pasalnya, dua produk tersebut segmennya ada tersendiri. Satu berbasis pupuk majemuk, tapi ada unsur kalsiumnya. Keduanya itu memiliki segmen sendiri," ujarnya.

Terkait dengan produk baru tersebut, Direktur Teknik dan Pengembangan (Dirtekbang) PG Arif Fauzan menuturkan, rencananya kedua produk baru itu di-launching di Petrokimia Agrifood Expo (PAE) 2018 ini. 

Sebagai produk baru, katanya, tentu dalam satu hingga dua tahun ke depan kemungkinan besar pangsa pasarnya masih kecil. Tapi, manajemen PG memperkirakan ke depan kebutuhan dan permintaan atas kedua jenis pupuk ini bakal meningkat seiring dengan pengenalan kedua pupuk ini yang makin bagus di mata petani.

"Kami ada slot pupuk nonsubsidi 160 ribu ton per per tahun untuk pupuk Phonska plus. Dari jumlah itu, 10 ribu ton per tahun diperuntukkan buat pupuk NPK dan NPS," paparnya. 

Ia menambahkan, nantinya kedua produk nonsubsidi itu segmennya ke sektor hortikultura. Sebab, bisnis nitrat itu lebih mudah diserap tanaman dengan posisi tak kaya air. Selain itu, program tersebut untuk mendukung pemerintah. Sebab, selama ini program itu kurang begitu baik dan pasarnya akan terus diperbesar. 

"Dua produk ini tidak mengganggu produk pupuk komersial sebelumnya, yakni NPK Phonska plus yang sudah dipasarkan," tandasnya.  (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).