Petrokimia Gresik Keluarkan Dua Produk Baru Nonsubsidi pupuk NPK dan NPS

Oleh : Hariyanto | Rabu, 11 Juli 2018 - 09:49 WIB

Petrokimia Gresik
Petrokimia Gresik

INDUSTRY.co.id - Gresik - Produsen pupuk nasional asal Kabupaten Gresik, PT Petrokimia Gresik (PG) mengeluarkan dua produk barunya di tengah melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS. 

Dirut PT Petrokimia Gresik Nugroho Christijanto mengatakan, di tengah tantangan ekonomi global yang masih sulit serta melemahnya nilai tukar rupiah terhadap dolar AS, perusahaannya akan terus bertransformasi, beradaptasi serta berkembang sesuai dengan tantangan dan peluang bisnis yang ada. 

Meski tahun lalu laba dan penjualan menurun sebagai imbas resesi ekonomi global, tapi tahun ini PG berharap bisa mengangkat dari sektor nonsubsidi dengan mengeluarkan produk baru nonsubsidi pupuk NPK dan NPS.

Langkah ini diambil karena kondisi global masih belum berpihak. "Itu kenyataan yang terjadi," katanya di sela-sela HUT pabrik PG ke 46 di Stadion Petrokimia, Selasa (10/07/2018).

Selain melakukan inovasi, efisiensi, dan diversifikasi produk, lanjut Nugroho, PG juga mencoba memposisikan perusahannya bagian dari solusi agroindustri. Sehingga, tidak hanya melulu menjual produk, tapi juga memberikan solusi bentuknya paket komplit memberikan eksistensi kepada konsumen, baik itu bercocok tanam yang lebih baik. Hal itu diharapkan bisa menjamin sustainable perusahaan. 

Ditanya adanya dua produk baru nonsubsidi, yakni NPK dan NPS, dikatakan Nugroho, terkait hal itu perusahaannya melihat sudah memiliki tagline produsen pupuk terlengkap.

"Kita mencoba ingin melengkapi dan itu belum dimiliki perusahaan. Pasalnya, dua produk tersebut segmennya ada tersendiri. Satu berbasis pupuk majemuk, tapi ada unsur kalsiumnya. Keduanya itu memiliki segmen sendiri," ujarnya.

Terkait dengan produk baru tersebut, Direktur Teknik dan Pengembangan (Dirtekbang) PG Arif Fauzan menuturkan, rencananya kedua produk baru itu di-launching di Petrokimia Agrifood Expo (PAE) 2018 ini. 

Sebagai produk baru, katanya, tentu dalam satu hingga dua tahun ke depan kemungkinan besar pangsa pasarnya masih kecil. Tapi, manajemen PG memperkirakan ke depan kebutuhan dan permintaan atas kedua jenis pupuk ini bakal meningkat seiring dengan pengenalan kedua pupuk ini yang makin bagus di mata petani.

"Kami ada slot pupuk nonsubsidi 160 ribu ton per per tahun untuk pupuk Phonska plus. Dari jumlah itu, 10 ribu ton per tahun diperuntukkan buat pupuk NPK dan NPS," paparnya. 

Ia menambahkan, nantinya kedua produk nonsubsidi itu segmennya ke sektor hortikultura. Sebab, bisnis nitrat itu lebih mudah diserap tanaman dengan posisi tak kaya air. Selain itu, program tersebut untuk mendukung pemerintah. Sebab, selama ini program itu kurang begitu baik dan pasarnya akan terus diperbesar. 

"Dua produk ini tidak mengganggu produk pupuk komersial sebelumnya, yakni NPK Phonska plus yang sudah dipasarkan," tandasnya.  (bj)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.