Komisi Perdagangan Internasional Temukan Pelanggaran Empat Paten Motorola Solutions Oleh Hytera Communications

Oleh : Hariyanto | Senin, 09 Juli 2018 - 12:25 WIB

Motorola Solutions (ist)
Motorola Solutions (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Motorola Solutions, Inc. pekan lalu mengumumkan bahwa Hakim Hukum Administrasi Mary Joan McNamara dari Komisi Perdagangan Internasional Amerika Serikat (International Trade Comission, ITC) mengeluarkan Pemberitahuan Keputusan Awal (Notice of Initial Determination) tentang pengaduan pelanggaran paten yang diajukan oleh Motorola Solutions pada tanggal 29 Maret 2017 atas Hytera Communications Corporation Limited.

Dalam pengaduan tersebut, Motorola Solutions menduga Hytera secara ilegal mengimpor dan menjual peralatan dan sistem radio dua arah serta perangkat lunak dan komponen terkait yang melanggar empat paten Motorola Solutions.

Paten-paten ini terkait dengan teknologi utama yang digunakan untuk pengoperasian produk radio profesional dan komersial Hytera yang ada di pasaran saat ini. 

Putusan Hakim ini diambil setelah melalui penyelidikan panjang sebelum disidangkan selama sepekan penuh dengan menghadirkan kesaksian dari kedua belah pihak—baik saksi dari Motorola Solutions maupun Hytera, ratusan halaman materi uraian, dan ribuan barang bukti.

Sebagai bagian dari Putusan Awal (Initial Determination), Hakim McNamara menemukan bahwa keempat paten Motorola Solutions sah secara hukum, Hytera telah melanggar hak paten tersebut, dan Motorola Solutions telah membuktikan, melalui pemenuhan sejumlah persyaratan hukum, akan adanya industri domestik atau “technical domestic industry” atas tiga dari empat paten.

Hakim McNamara juga merekomendasikan perintah penangguhan hak yang mencegah impor produk yang melanggar hukum ke Amerika Serikat (AS) untuk Paten Motorola Solutions AS No. 7.369.869, 7.729.701 dan 8.279.991, serta perintah penghentian yang mencegah penjualan dan pemasaran lebih lanjut dari produk tertentu yang melanggar hukum yang telah diimpor ke Amerika Serikat. Vonis putusan final oleh ITC dijadwalkan akan ditetapkan pada 6 November 2018.  

“Putusan Hakim McNamara membuktikan klaim kami secara sah di mata hukum, menghargai integritas kekayaan intelektual kami dan menegur keras Hytera atas perilakunya yang tidak bermoral dan melanggar hukum karena dengan sengaja melanggar paten Motorola Solutions,” kata Mark Hacker, Chief Administrative Officer Motorola Solutions.

Meskipun pihaknya menganggap Putusan Awal ini sebagai langkah yang penting, menurut Hacker, hal itu hanya salah satu komponen dari upaya global kami untuk mengatasi pencurian dan pelanggaran sistematis yang merupakan perbuatan terceladan keji terhadap kekayaan intelektual mereka.

 “Motorola Solutions memiliki rekam jejak inovasi yang panjang dan terkemuka dengan portofolio luas meliputi kurang lebih 5.000 paten. Kami berkomitmen dengan sangat serius untuk mempertahankan kekayaan intelektual kami yang berharga seiring upaya kami untuk terus mendorong inovasi untuk para pelanggan kami. Kami sangat menghargai kerja keras yang dilakukan oleh Hakim McNamara dan staf ITC selama penyelidikan ini, dan kami yakin bahwa seluruh ITC akan mendukung keputusan ini dan memberikan Putusan Akhir/vonis yang konsisten dengan temuan hari ini. ” pungkas Hacker.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…