Sejumlah Negara Ikuti Ekshibisi Olahraga Tradisional di UNPAD

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 09 Juli 2018 - 11:00 WIB

Ilustrasi Olahraga Tradisional (Foto: Lovefashion88)
Ilustrasi Olahraga Tradisional (Foto: Lovefashion88)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Sejumlah negara Asia seperti Jepang, Yordania dan Bahrain, mahasiswa dan masyarakat umum mengikuti Pra-Event Asian Games 2018 yang dilaksanakan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kampus Unpad Bandung, Minggu (8/7).

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian dari Asian Games 2018 dikemas dalam bentuk Parade Budaya dan Eksebisi Olahraga Tradisioanal dari 46 Negara peserta Asian Games ini mengangkat tema "Daya Tradisi Asia dari Tanah Legenda".

Ketua Pelaksana Pra-Event Asian Games 2018 Unpad, Bagus mengatakan, Asian Games 2018 memang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, tetapi masyarakat Jawa barat harus tetap bangga menyambut ajang tersebut.

"Meski pun Asian Games tersebut dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, tetapi masyarakat Jawa barat harus tetap mendukung karena event olahraga internasional itu mencakup seluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan tujuan pihaknya menggelar acara PraAsian Games 2018 dengan Olimpiade Olahraga Tradisional (Otrrad) ialah untuk menumbuhkan semangat kembali olahraga tradisional ciri khas Jawa Barat bagi mahasiswa dan masyarakat.

Olahraga tradisional yang dilombakan seperti bakiak, balap karung, ngagandong boboko, ngangkat bambu dan enggrang.

Pihaknya berharap, kedepanya semakin banyak generasi muda yang melestarikan olahraga tradisional karena hal tersebut merupakan identitas asli budaya Indonesia.

Sedangkan, salah seorang mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Unpad yang mengikuti kegiatan tersebut, Siti Nur Fatimah menyambut baik adanya acara tersebut.

"Acara ini sangat mengispirasi kita sebagai generasi muda karena menyosialisasikan Asian Games 2018 yang dikolaborasikan dengan olahraga tradisional. Mudah-mudahan kedepanya masyarakat bisa semakin peduli dengan permainan tradisional Indonesia," imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…