Sejumlah Negara Ikuti Ekshibisi Olahraga Tradisional di UNPAD

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 09 Juli 2018 - 11:00 WIB

Ilustrasi Olahraga Tradisional (Foto: Lovefashion88)
Ilustrasi Olahraga Tradisional (Foto: Lovefashion88)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Sejumlah negara Asia seperti Jepang, Yordania dan Bahrain, mahasiswa dan masyarakat umum mengikuti Pra-Event Asian Games 2018 yang dilaksanakan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kampus Unpad Bandung, Minggu (8/7).

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian dari Asian Games 2018 dikemas dalam bentuk Parade Budaya dan Eksebisi Olahraga Tradisioanal dari 46 Negara peserta Asian Games ini mengangkat tema "Daya Tradisi Asia dari Tanah Legenda".

Ketua Pelaksana Pra-Event Asian Games 2018 Unpad, Bagus mengatakan, Asian Games 2018 memang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, tetapi masyarakat Jawa barat harus tetap bangga menyambut ajang tersebut.

"Meski pun Asian Games tersebut dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, tetapi masyarakat Jawa barat harus tetap mendukung karena event olahraga internasional itu mencakup seluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan tujuan pihaknya menggelar acara PraAsian Games 2018 dengan Olimpiade Olahraga Tradisional (Otrrad) ialah untuk menumbuhkan semangat kembali olahraga tradisional ciri khas Jawa Barat bagi mahasiswa dan masyarakat.

Olahraga tradisional yang dilombakan seperti bakiak, balap karung, ngagandong boboko, ngangkat bambu dan enggrang.

Pihaknya berharap, kedepanya semakin banyak generasi muda yang melestarikan olahraga tradisional karena hal tersebut merupakan identitas asli budaya Indonesia.

Sedangkan, salah seorang mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Unpad yang mengikuti kegiatan tersebut, Siti Nur Fatimah menyambut baik adanya acara tersebut.

"Acara ini sangat mengispirasi kita sebagai generasi muda karena menyosialisasikan Asian Games 2018 yang dikolaborasikan dengan olahraga tradisional. Mudah-mudahan kedepanya masyarakat bisa semakin peduli dengan permainan tradisional Indonesia," imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…

Petani Padi (Ilustrasi)

Minggu, 18 November 2018 - 10:46 WIB

Agroekologi Bisa Jadi Solusi Pertanian Masa Depan

Agroekologi sesungguhnya memiliki kemampuan menghasilkan produksi pertanian lebih tinggi dibanding pola pertanian konvensional. Sayangnya, agroekologi masih belum mendapatkan perhatian dan dukungan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:34 WIB

KTT APEC akan Bahas Konektivitas Untuk Pertumbuhan Inklusif

Konferensi Tingkat Tinggi Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) 2018 hari kedua, Minggu (18/11/2018) di Port Moresby, Papua Nugini, antara lain akan membahas konektivitas untuk pertumbuhan…

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Minggu, 18 November 2018 - 10:29 WIB

Presiden Jokowi Hadiri Pertemuan Dewan Bisnis APEC

Presiden Joko Widodo menghadiri pertemuan Dewan Bisnis Asia-Pacific Economic Cooperation atau APEC Business Advisory Council (ABAC) di Port Moresby, Papua Nugini, Sabtu (17/11/2018).