Sejumlah Negara Ikuti Ekshibisi Olahraga Tradisional di UNPAD

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 09 Juli 2018 - 11:00 WIB

Ilustrasi Olahraga Tradisional (Foto: Lovefashion88)
Ilustrasi Olahraga Tradisional (Foto: Lovefashion88)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Sejumlah negara Asia seperti Jepang, Yordania dan Bahrain, mahasiswa dan masyarakat umum mengikuti Pra-Event Asian Games 2018 yang dilaksanakan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kampus Unpad Bandung, Minggu (8/7).

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian dari Asian Games 2018 dikemas dalam bentuk Parade Budaya dan Eksebisi Olahraga Tradisioanal dari 46 Negara peserta Asian Games ini mengangkat tema "Daya Tradisi Asia dari Tanah Legenda".

Ketua Pelaksana Pra-Event Asian Games 2018 Unpad, Bagus mengatakan, Asian Games 2018 memang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, tetapi masyarakat Jawa barat harus tetap bangga menyambut ajang tersebut.

"Meski pun Asian Games tersebut dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, tetapi masyarakat Jawa barat harus tetap mendukung karena event olahraga internasional itu mencakup seluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan tujuan pihaknya menggelar acara PraAsian Games 2018 dengan Olimpiade Olahraga Tradisional (Otrrad) ialah untuk menumbuhkan semangat kembali olahraga tradisional ciri khas Jawa Barat bagi mahasiswa dan masyarakat.

Olahraga tradisional yang dilombakan seperti bakiak, balap karung, ngagandong boboko, ngangkat bambu dan enggrang.

Pihaknya berharap, kedepanya semakin banyak generasi muda yang melestarikan olahraga tradisional karena hal tersebut merupakan identitas asli budaya Indonesia.

Sedangkan, salah seorang mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Unpad yang mengikuti kegiatan tersebut, Siti Nur Fatimah menyambut baik adanya acara tersebut.

"Acara ini sangat mengispirasi kita sebagai generasi muda karena menyosialisasikan Asian Games 2018 yang dikolaborasikan dengan olahraga tradisional. Mudah-mudahan kedepanya masyarakat bisa semakin peduli dengan permainan tradisional Indonesia," imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:33 WIB

Dukung Penurunan Angka Stunting, ID FOOD Kembali Salurkan Bantuan Pangan Telur dan Daging Ayam di Sumatera Utara

Kota Medan, Sumatera Utara – Holding BUMN Pangan ID FOOD terus menggenjot penyaluran bantuan pangan penanganan stunting tahap I tahun 2024 yang sudah mulai berjalan pada pertengahan Maret…

Mentan Amran Sulaiman

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:21 WIB

Mentan Amran Serahkan Total Alokasi Pupuk Subsidi 54 Triliun

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman secara simbolis menyerahkan alokasi penambahan pupuk subsidi untuk petani seluruh Indonesia sebesar Rp 28 triliun.

Petugas BNI memperlihatkan uang persediaan ke masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 19:16 WIB

Penuhi Kebutuhan Ramadan dan Lebaran, BNI Sediakan Uang Tunai Rp26,6 Triliun

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI berkomitmen untuk mendukung kelancaran transaksi masyarakat dengan menyediakan dana tunai senilai Rp26,6 triliun selama Ramadan dan Hari Raya…

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…