Sejumlah Negara Ikuti Ekshibisi Olahraga Tradisional di UNPAD

Oleh : Anisa Triyuli | Senin, 09 Juli 2018 - 11:00 WIB

Ilustrasi Olahraga Tradisional (Foto: Lovefashion88)
Ilustrasi Olahraga Tradisional (Foto: Lovefashion88)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Sejumlah negara Asia seperti Jepang, Yordania dan Bahrain, mahasiswa dan masyarakat umum mengikuti Pra-Event Asian Games 2018 yang dilaksanakan Universitas Padjadjaran (Unpad) di Kampus Unpad Bandung, Minggu (8/7).

Kegiatan yang merupakan salah satu rangkaian dari Asian Games 2018 dikemas dalam bentuk Parade Budaya dan Eksebisi Olahraga Tradisioanal dari 46 Negara peserta Asian Games ini mengangkat tema "Daya Tradisi Asia dari Tanah Legenda".

Ketua Pelaksana Pra-Event Asian Games 2018 Unpad, Bagus mengatakan, Asian Games 2018 memang akan dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, tetapi masyarakat Jawa barat harus tetap bangga menyambut ajang tersebut.

"Meski pun Asian Games tersebut dilaksanakan di Jakarta dan Palembang, tetapi masyarakat Jawa barat harus tetap mendukung karena event olahraga internasional itu mencakup seluruh Indonesia," katanya.

Ia mengatakan tujuan pihaknya menggelar acara PraAsian Games 2018 dengan Olimpiade Olahraga Tradisional (Otrrad) ialah untuk menumbuhkan semangat kembali olahraga tradisional ciri khas Jawa Barat bagi mahasiswa dan masyarakat.

Olahraga tradisional yang dilombakan seperti bakiak, balap karung, ngagandong boboko, ngangkat bambu dan enggrang.

Pihaknya berharap, kedepanya semakin banyak generasi muda yang melestarikan olahraga tradisional karena hal tersebut merupakan identitas asli budaya Indonesia.

Sedangkan, salah seorang mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Unpad yang mengikuti kegiatan tersebut, Siti Nur Fatimah menyambut baik adanya acara tersebut.

"Acara ini sangat mengispirasi kita sebagai generasi muda karena menyosialisasikan Asian Games 2018 yang dikolaborasikan dengan olahraga tradisional. Mudah-mudahan kedepanya masyarakat bisa semakin peduli dengan permainan tradisional Indonesia," imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pelatihan tekhnisi AC

Rabu, 19 September 2018 - 21:41 WIB

GMT Institute Dukung Yoofix Sediakan Tenaga Kerja Terampil dan Professional

Kegiatan assessment ini untuk mengetahui kapasitas fixer yang selanjutnya dilakukan pengembangan dan optimalisasi yang akhirnya mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi…

Kementerian Koperasi Gelar Bimtek Pengawsan Koperasi yang dilaksanakan di Gorontalo 19-20 September 2018 ini diikuti Satgas Pengawas Koperasi dan Satgas Pengawas Usaha Simpan Pinjam se Provinsi Gorontalo.

Rabu, 19 September 2018 - 21:34 WIB

Perkuat Pengawasan Koperasi Melalui Peningkatan IT

Kementerian Koperasi dan UKM terus memberikan pembekalan terhadap satuan tugas pengawasan koperasi di daerah terkait pemahaman regulasi. Pembekalan ini sekaligus memberikan dukungan kepada satgas…

Ruben Onsu Selaku Pemilik Geprek Bensu saat menyerahkan secara simbolis hadiah Umroh dan Holy Trip kepada pemenang (Foto: Dok. Geprek Bensu)

Rabu, 19 September 2018 - 21:05 WIB

Geprek Bensu Umumkan Undian Hadiah Umroh dan Holy Trip Kepada Empat Pemenang Beruntung

Outlet Geprek Bensu yang memiliki khas ayam geprek sangat di minati oleh masyarakat luas, BrandGeprek bensu yang berdiri sejak 17 April 2017 ini menargetkan mampu membuka 100outlet di seluruh…

Press conference CDE Product information di JIExpo Kemayoran

Rabu, 19 September 2018 - 20:55 WIB

Terus Berinovasi, Produk CDE Sand Washing Plant PT. Adi Satya Sentosa Jadi Solusi Hindari Illegal Mining

Perusahaan yang bergerak dibidang perusahaan umum hingga ke industri berskala besar, PT. Adi Satya Sentosa terus berinovasi dan mengembangkan diri sebagai instansi penyedia jasa terbaik dibidang…

Menteri Pariwisata Arief Yahya bersama Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan saat membuka pameran Ulos Hangoluan (Foto: Dok. Kemenpar)

Rabu, 19 September 2018 - 18:45 WIB

Buka Pameran Ulos Hangoluan dan Tondi, Menpar Dibuat Kagum

Kain khas Suku Batak, Ulos, ternyata memiliki nilai yang sangat tinggi. Ulos pun punya peranan penting dalam kehidupan warga Suku Batak. Makna inilah yang coba disampaikan dalam pameran Ulos,…