Grab Investasikan Rp 9,3 Triliun Dukung Ekonomi Digital Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 02 Februari 2017 - 15:30 WIB

Moda Transportasi Berbasis Online Grab Benamkan Investasi US$ 700 Juta Dukung Ekonomi Digital Indonesia
Moda Transportasi Berbasis Online Grab Benamkan Investasi US$ 700 Juta Dukung Ekonomi Digital Indonesia

INDUSTRY co.id, Jakarta -  Platform aplikasi pemesanan kendaraan Grab mengumumkan akan menginvestasikan dana hingga 700 juta dolar AS atau Rp 9,3 triliun. Group CEO dan Co-Founder Grab Anthony Tan mengatakan suntikan dana tersebut untuk mengembangkan master plan 2020 yang bertajuk  'Grab 4 Indonesia.'

Menurut dia, investasi ini bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

"Master plan ini menggarisbawahi komitmen kami memajukan Asia Tenggara serta antusisasme kami terhadap peluang-peluang luar biasa yang terbuka di Indonesia untuk membantu membangun dan memajukan infrastruktur serta ekosistem digital di Indonesia," kata Anthony pada peluncuran Master Plan 2020 'Grab 4 Indonesia' di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Kamis (2/2).

Pada kesempatan yang sama, rencana Grab yang akan melakukan investasi, senilai USD 700 juta atau sekitar Rp 9,3 triliun, mendapat apresiasi dari pihak Kemkominfo.

Menurut Rudiantara, Menkominfo, walau investasi Grab, tidak sebesar dana yang dikucurkan para operator telekomunikasi, langkah ini Grab sangat layak mendapat apresiasi.

“Selamat kepada Grab untuk komitmen ini. Walaupun nilainya hanya sekitar 25% dari capex (belanja modal) yang dikucurkan oleh operator. Tapi ini benar-benar sesuatu yang luar biasa,” ujarnya.

Hal senana juga disampaikan Thomas Lembong, Kepala BKPM. Menurutnya,

Investasi USD 700 juta selama empat tahun ini tentunya merupakan investasi yang sangat besar. “Kami sangat mengapresiasi komitmen Grab untuk negara ini,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kapal pengangkut batu bara (ist)

Jumat, 23 Februari 2018 - 13:16 WIB

Pemprov Kaltim Targetkan Investasi Rp37,06 Triliun 2018

Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur tahun ini menargetkan mampu menarik investasi lebih tinggi dari tahun sebelumnya, yakni mencapai Rp37,06 triliun atau mengalami kenaikan Rp8,86 triliun dibandingkan…

Ilustrasi PLTU. (Foto: IST)

Jumat, 23 Februari 2018 - 13:10 WIB

Investor Korea Tertarik Bangun PLTU Bangka Tengah

Investor dari Korea tertarik untuk menanamkan modalnya membangun pembangkit listrik tenaga uap (PLTU) di Kecamatan Lubuk Besar, Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Pembangunan jalan tol (Ist)

Jumat, 23 Februari 2018 - 13:04 WIB

Pengerjaan Tol Palindra Seksi Pemulutan-Rambutan Dikebut

Kontruksi Jalan Tol Palembang Indralaya (Palindra) untuk seksi II Pemulutan-KTM Rambutan terus dikebut karena hingga kini baru tercapai 50 persen.

Swiss-Belhotel International Kampanyekan Bali Aman

Jumat, 23 Februari 2018 - 12:55 WIB

Bantu Pemberitaan Bali Aman, Swiss-Belhotel Kampanyekan #IAMINBALI

Swiss-Belhotel International di Bali serentak menggelar kampanye foto di media sosial dengan menggunakan tagar #IAMINBALINOW yang dilaksanakan oleh Sembilan hotel dan resor yang dikelola oleh…

Gubernur Anies dan Wagub Sandiaga (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 23 Februari 2018 - 12:54 WIB

Gubernur Anies akan Tutup 36 Diskotek yang Melanggar Perda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan diskotek yang melakukan pelanggaran terhadap Peraturan Daerah (Perda) akan diberi sanksi, bila sanksinya penutupan akan dilaksanakan.