Grab Investasikan Rp 9,3 Triliun Dukung Ekonomi Digital Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 02 Februari 2017 - 15:30 WIB

Moda Transportasi Berbasis Online Grab Benamkan Investasi US$ 700 Juta Dukung Ekonomi Digital Indonesia
Moda Transportasi Berbasis Online Grab Benamkan Investasi US$ 700 Juta Dukung Ekonomi Digital Indonesia

INDUSTRY co.id, Jakarta -  Platform aplikasi pemesanan kendaraan Grab mengumumkan akan menginvestasikan dana hingga 700 juta dolar AS atau Rp 9,3 triliun. Group CEO dan Co-Founder Grab Anthony Tan mengatakan suntikan dana tersebut untuk mengembangkan master plan 2020 yang bertajuk  'Grab 4 Indonesia.'

Menurut dia, investasi ini bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

"Master plan ini menggarisbawahi komitmen kami memajukan Asia Tenggara serta antusisasme kami terhadap peluang-peluang luar biasa yang terbuka di Indonesia untuk membantu membangun dan memajukan infrastruktur serta ekosistem digital di Indonesia," kata Anthony pada peluncuran Master Plan 2020 'Grab 4 Indonesia' di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Kamis (2/2).

Pada kesempatan yang sama, rencana Grab yang akan melakukan investasi, senilai USD 700 juta atau sekitar Rp 9,3 triliun, mendapat apresiasi dari pihak Kemkominfo.

Menurut Rudiantara, Menkominfo, walau investasi Grab, tidak sebesar dana yang dikucurkan para operator telekomunikasi, langkah ini Grab sangat layak mendapat apresiasi.

“Selamat kepada Grab untuk komitmen ini. Walaupun nilainya hanya sekitar 25% dari capex (belanja modal) yang dikucurkan oleh operator. Tapi ini benar-benar sesuatu yang luar biasa,” ujarnya.

Hal senana juga disampaikan Thomas Lembong, Kepala BKPM. Menurutnya,

Investasi USD 700 juta selama empat tahun ini tentunya merupakan investasi yang sangat besar. “Kami sangat mengapresiasi komitmen Grab untuk negara ini,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BKPM

Selasa, 14 Agustus 2018 - 14:00 WIB

BKPM Catat Investasi Semester 1/2018 Rp 361,6 Triliun

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) mencatat realisasi investasi sepanjang semester pertama 2018 mencapai Rp361,6 triliun.

Ilustrasi Alplikasi Fintech, Modalku

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:41 WIB

Grup Modalku Berhasil Salurkan Pinjaman Sebesar Rp 2 Triliun di Asia Tenggara

Sejak pertama didirikan, Grup Modalku telah mencapai total pencairan modal usaha sebesar lebih dari Rp 2 triliun ke lebih dari 7.000 pinjaman UMKM (Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah) di wilayah…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat berfoto bersama penerima penghargaan Kemenperin (Foto: Dok. Industry.co id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:30 WIB

Menperin Berikan Tujuh Kategori Penghargaan Kepada Unit Satuan Kerja di Lingkungan Kemenperin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) kembali menggelar acara "Penganugerahan Penghargaan Kementerian Perindustrian" yang digelar di Ruang Garuda Kemenperin, Jakarta.

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB (Foto Humas)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:23 WIB

Kemenperin Salurkan Bantuan untuk Pengungsi Gempa NTB

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyalurkan sejumlah bantuan untuk para penggungsi akibat gempa di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta (Foto Dok Industry.coid)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 13:15 WIB

Kampus Shopee Edukasi Pengusaha Yogyakarta

Shopee, platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara dan Taiwan, berkolaborasi dengan Facebook untuk menggelar kelas lanjutan dari Kampus Shopee di salah satu komunitas penjual terbesar di…