Grab Investasikan Rp 9,3 Triliun Dukung Ekonomi Digital Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 02 Februari 2017 - 15:30 WIB

Moda Transportasi Berbasis Online Grab Benamkan Investasi US$ 700 Juta Dukung Ekonomi Digital Indonesia
Moda Transportasi Berbasis Online Grab Benamkan Investasi US$ 700 Juta Dukung Ekonomi Digital Indonesia

INDUSTRY co.id, Jakarta -  Platform aplikasi pemesanan kendaraan Grab mengumumkan akan menginvestasikan dana hingga 700 juta dolar AS atau Rp 9,3 triliun. Group CEO dan Co-Founder Grab Anthony Tan mengatakan suntikan dana tersebut untuk mengembangkan master plan 2020 yang bertajuk  'Grab 4 Indonesia.'

Menurut dia, investasi ini bertujuan menjadikan Indonesia sebagai negara dengan ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada 2020.

"Master plan ini menggarisbawahi komitmen kami memajukan Asia Tenggara serta antusisasme kami terhadap peluang-peluang luar biasa yang terbuka di Indonesia untuk membantu membangun dan memajukan infrastruktur serta ekosistem digital di Indonesia," kata Anthony pada peluncuran Master Plan 2020 'Grab 4 Indonesia' di Grand Hyatt Hotel, Jakarta, Kamis (2/2).

Pada kesempatan yang sama, rencana Grab yang akan melakukan investasi, senilai USD 700 juta atau sekitar Rp 9,3 triliun, mendapat apresiasi dari pihak Kemkominfo.

Menurut Rudiantara, Menkominfo, walau investasi Grab, tidak sebesar dana yang dikucurkan para operator telekomunikasi, langkah ini Grab sangat layak mendapat apresiasi.

“Selamat kepada Grab untuk komitmen ini. Walaupun nilainya hanya sekitar 25% dari capex (belanja modal) yang dikucurkan oleh operator. Tapi ini benar-benar sesuatu yang luar biasa,” ujarnya.

Hal senana juga disampaikan Thomas Lembong, Kepala BKPM. Menurutnya,

Investasi USD 700 juta selama empat tahun ini tentunya merupakan investasi yang sangat besar. “Kami sangat mengapresiasi komitmen Grab untuk negara ini,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…