MPMX Rampungkan Divestasi Strategis Di Bisnis Pelumas Pada ExxonMobil

Oleh : Hariyanto | Jumat, 06 Juli 2018 - 10:32 WIB

MPMX Rampungkan Divestasi Strategis Di Bisnis Pelumas Pada ExxonMobil
MPMX Rampungkan Divestasi Strategis Di Bisnis Pelumas Pada ExxonMobil

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menyusul pengumuman dan keterbukaan informasi pada tanggal 30 April 2018 terkait transaksi material, PT Mitra Pinasthika Mustika Tbk mengumumkan keberhasilan penyelesaian divestasi strategis 100% sahamnya di bisnis pelumas Perseroan, PT Federal Karyatama (FKT) kepada Esso Petroleum Company, Limited dan ExxonMobil UK Limited (ExxonMobil) dengan nilai keseluruhan transaksi sejumlah US$436 juta.

Penyelesaian transaksi ini ditandai oleh penandatanganan Perjanjian Akta Jual Beli Saham di Jakarta oleh dan antara Perseroan dan ExxonMobil pada tanggal 28 Juni 2018 setelah memenuhi semua persyaratan untuk penyelesaian transaksi di kuartal kedua 2018.  

Termasuk di dalamnya persetujuan BOD dan BOC Perseroan, persetujuan para pemegang saham yang diperoleh melalui Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada tanggal 6 Juni 2018, dan persetujuan dan pemberitahuan kepada semua instansi yang berwenang. 

“Kami bersyukur dalam mengumumkan penyelesaian transaksi ini, dan menyambut ExxonMobil, perusahaan minyak dan gas global, sebagai pemilik baru FKT. Kami percaya bahwa FKT akan dapat meraih jenjang yang lebih tinggi melalui transaksi ini," kata Rudy Halim, Grup CEO MPMX melalui keterangan pers yang diterima INDUSTRY.co.id, Jumat (6/7/2018).

Rudy berharap ExxonMobil dan FKT akan berhasil dengan segala rencana. Ia yakin transaksi ini akan membawa FKT untuk mencapai integrasi vertikal yang memicu pertumbuhan yang lebih tinggi, dan memberikan kemampuan baru kepada FKT untuk memasuki pasar-pasar baru. 

"Kami juga senang karena pasca transaksi, MPMX melalui anak-anak perusahaannya akan tetap menjadi mitra bisnis utama FKT, terutama dalam hal distribusi, penjualan dan pemasaran produk FKT di pasar-pasar utama tertentu, dan menyediakan platform ekosistem terintegrasi (shared economics) dan value proposition yang unggul kepada FKT dan para pelanggannya,” ujar Rudy.

Rudy menambahkan, transaksi ini menegaskan kembali komitmen Perseroan untuk terus menggali nilai-nilai yang terpendam dalam Perseroan (unlocking value) supaya dapat memberikan nilai lebih kepada pemegang saham berupa apresiasi modal dan pembagian dividen yang unggul secara konsisten. 

"Pengembalian modal (return on capital) akan melebihi nilai perusahaan Perseroan (enterprise value) secara keseluruhan pada saat ini. Di masa depan, hasil dari transaksi ini akan memungkinkan Perseroan untuk memperkuat dan menumbuhkan bisnis Perseroan yang ada sekarang serta memampukan Perseroan untuk berinvestasi di segmen mobilitas yang bertumbuh cepat sehingga Perseroan dapat bertumbuh setidaknya 10% Year on Year (YoY) dalam EBITDA Perseroan secara keseluruhan dari tahun 2019 dan seterusnya, tentunya tanpa mengesampingkan kemungkinan terjadinya hal-hal tidak terduga diluar kendali Perseroan," ungkapnya.

Ia menambahkan, Fokus Perseroan pada penjagaan arus kas operasional agar tetap positif dan bertumbuh juga telah membantu Perseroan mencapai saldo kas yang lebih tinggi yaitu sekitar Rp1,3 Triliun pada 1Q18. 

"Dalam tahun ini, sebagian dari hasil transaksi ini akan digunakan untuk membayar sebagian dari hutang Perseroan, supaya Perseroan dapat memastikan penggunaan kelebihan saldo kas secara produktif dan juga untuk mendistribusikan dividen kepada Pemegang Saham.” katanya.

Transaksi ini akan mempercepat transformasi MPMX secara keseluruhan supaya Perseroan dapat terus bersaing dan tetap menghasilkan keuntungan yang unggul secara berkesinambungan (sustainable superior profits) untuk jangka waktu yang lama di masa depan. 

Melanjutkan visi Perseroan yang ditetapkan pada tahun 2016, Perseroan telah merubah fokus dari pipeline ke platform ecosystem strategy, dengan memusatkan upaya pada pemecahan  permasalahan utama dan mengurangi ataupun menghapus inefisiensi dalam rantai pasokan (supply chain). 

Perseroan akan terus secara selektif menggunakan modal belanja pada ROI yang lebih tinggi, dan model bisnis yang dimampukan oleh teknologi (technology-enabled business model) untuk mendukung Perseroan menghasilkan dampak yang lebih tinggi terhadap ekosistem bisnis dan para pemangku kepentingan. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…