Buka Kongres AGII ke-10, Menperin Minta Pelaku Usaha Efektif dan Efisien Manfaatkan Bahan Baku untuk Kemaslahan Manusia

Oleh : Ridwan | Jumat, 06 Juli 2018 - 09:22 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat membuka Kongres AGII ke-10 di Surabaya, Jawa Timur
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat membuka Kongres AGII ke-10 di Surabaya, Jawa Timur

INDUSTRY.co.id - Surabaya, Asosiasi Gas Industri Indonesia (AGII) kembali melaksanakan kongres ke-10 dan Seminar Teknik yang secara reami dibuka oleh Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto di Hotel Novotel Samator, Surabaya, Jawa Timur (5/7/2018).

Dalam sambutannya Airlangga mengatakan, saat ini eranya adalah digital. Untuk itu, kuncinya adalah sumber daya manusia (SDM) dan Inovasi. Pemerintah tengah menyiapkan insentif berupa super deductable tax bagi industri yang melakukan litbang dan desain (RD&D).

"Industri gas bahan bakunya sangat melimpah, karena langsung diberi oleh Tuhan YME. Untuk itu, kita harus bisa memanfaatkannya secara efektif dan efisien untuk kemaslahan manusia," ujar Airlangga.

Disisi lain, Steering Committee AGII yang juga Founder and Chairman Samator Group Arief Harsono mengatakan, AGII tengah berupaya memperluas pasar hingga ke daerah mengingat tingkat penyerapan produk gas industri nasional belum maksimal.

"Kapasitas pabrik gas industri sejak 8 tahun terakhir ini mengalami pertumbuhan yang signifikan sampai 300%. Namun sayangnya peningkatan itu tidak diimbangi dengan pertumbuhan konsumsi oleh industri lainnya," ujar Arief.

Ditambahkan Arief, untuk meningkatkan konsumsi gas industri, pengusaha gas industri kerap mengalami banyak kendala. Salah satunya sulitnya perizinan membangun pabrik dan filling station sehingga membuat biaya ekonomi tinggi, hingga perpanjangan sertifikat Hak Guna Bangunan di atas HPL Kawasan Industri BUMN.

"Memang soal perizinan ini berbeda di tiap kota, ada yang sulit ada yang mudah. Ada contohnya anggota kami yang bangun pabrik di suatu daerah cuma sidang 2 jam selesai bahkan tidak ada biaya apapun. Kami berharap pemda-pemda lain melakukan hal itu," ujar Arief.

Menurutnya kendala tersebut bakal menjadi pertimbangan investor dalam menanamlan modalnya di Indonesia.

Sementara itu, Rachmat Harsono, Presiden Direktur PT Aneka Gas Industri Tbk, menambahkan dalam kongres tersebut para anggota AGII akan menyusun rencana dalam memenuhi kebutuhan gas industri hingga ke pelosok misalnya gas oksigen untuk rumah sakit, hingga gas untuk sektor perikanan agar hasil laut memiliki nilai tambah.

"Selama ini pemenuhan gas industri kebanyakan di Jawa, tapi ini ada anggota kami yang sudah mulai masuk ke Papua, buka cabang di sana. Yang belum ada pabrik gas industri akan kita suplai dari sini," jelasnya.

Adapun, pada awalnya Kapasitas gas industri nasional sebesar 8,5 juta Nm3/tahun, lalu pada tahun 1994 berkembang menjadi 118 perusahaan dengan kapasitas produksi 296,3 juta Nm3/tahun. Hingga kini pada tahun 2018 terdapat 30 perusahaan dengab kapasitas 2,4 miliar Nm3/tahun atau meningkat dari 2010 yang hanya 900 juta Nm3/tahun. Dari total kapasitas produksi saat ini, penyerapan konsumsi gas industri masih sekitar 80%.

Gas industri dipergunakan dalam proses produksi manufaktur, seperti gas asitilen untuk mengelas dan gas argon untuk pembuatan titanium, gas oksigen untuk rumah sakit.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:13 WIB

Alfath Flemmo, Komposer Produser Musik AI, Mahasiswa President University Raih Beasiswa dari Sony Music Group Global Scholars Program

Alfath, mahasiswa President University, musisi muda Indonesia asal Kabupaten Jombang, Jawa Timur, yang tengah menempuh studi sarjana Sistem Informasi untuk Bisnis dan Manajemen telah mencatat…

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:50 WIB

TikTok Rising Temukan Sensasi Musik Indonesia Berikutnya

Platform hiburan digital terkemuka, TikTok, meluncurkan TikTok Rising Indonesia, program baru untuk menemukan dan mendukung talenta-talenta lokal yang sedang berkembang, membina komunitas musisi…

Instruktur AC Daiki di hadapan peserta

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:12 WIB

DAIKIN Goes to Campus Kunjungi Dua Perguruan Tinggi di Padang

PT Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) kembali mengadakan sesi kuliah tamu, di dua perguruan tinggi di Padang, yakni di Politeknik Negeri Padang dan Universitas Bung Hatta. Kegiatan ini…

TikTok

Kamis, 28 Maret 2024 - 12:05 WIB

Fitur Sosial Media Ada di Tiap E-Commerce, Apakah Melanggar? Ini Kata Ekonom...

Mendekati tenggat waktu yang telah ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan (Kemendag) yakni hingga April 2024, dikabarkan bahwa proses integrasi antara TikTok dan Tokopedia hampir rampung.