LIPI Upayakan Intervensi Teknologi Cegah Kekerdilan

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Juli 2018 - 16:48 WIB

Anak-anak sekolah (Foto Rmol)
Anak-anak sekolah (Foto Rmol)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) mengupayakan intervensi teknologi melalui pengembangan produk pangan dalam mencegah terjadinya kasus kekerdilan yang terjadi di masyarakat.

Kepala LIPI Laksana Tri Handoko di Jakarta, Rabu (4/7/2018) , mengatakan, pihaknya telah melakukan riset dan pengembangan mengenai fortifikasi pangan atau pengolahan bahan pangan lokal dengan diberikan zat-zat gizi tambahan untuk memenuhi kecukupan gizi.

"Pangan lokal kalau dimasak begitu saja gizinya tidak cukup, maka dengan bekerja sama dengan Kemenkes dan ahli gizi, ada fortifiikasi pada pangan jadi pangan yang tahan lama tapi bergizi tinggi, dan lebih enak," kata Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial dan Kemanusiaan LIPI Tri Nuke Pudjiastuti.

Handoko mencontohkan yang telah dikembangkan LIPI ialah pengolahan singkong menjadi tepung singkong modifikasi atau tepung mocaf.

Tepung mocaf yang melalui tahap fermentasi memiliki tekstur yang hampir mirip dengan tepung terigu dari gandum namun bebas gluten. Namun tepung mocaf tersebut diberi tambahan zat-zat bergizi lain atau difortifikasi sehingga mencukupi kebutuhan gizi.

"Makanya intervensi gizi menjadi penting. Tapi bukan berarti dikatakan singkong tidak ada gizi, ada gizi tapi ada kekurangan yang perlu ditambah. Kekuatan teknologi itu yang akan kita kembangkan, intervensi teknologi," kata Nuke.

LIPI mengedepankan pemanfaatan pangan lokal sesuai daerah di seluruh wilayah Indonesia untuk dikembangkan menjadi pangan fortifikasi. Tujuannya, pangan lokal yang difortifikasi bisa membantu menambah gizi masyarakat dengan memanfaatkan produk pertanian masyarakat daerah.

Handoko menjelaskan LIPI juga telah mengembangkan berbagai penelitian terkait pangan industri yang kemudian teknologi dan lisensinya digratiskan pada tahap awal untuk masyarakat agar bisa membentuk industri secara mandiri.

Dia mencontohkan gudeg kalengan yang sekarang sudah beredar banyak di pasar merupakan hasil teknologi LIPI.

LIPI bekerja sama dengan Badan Ekonomi Kreatif dan Kementerian Desa untuk pengemasan produk dan industri pangan lokal melalui dana desa ataupun Badan Usaha Milik Desa (Bumdes).

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…