PT Ceria Nugraha Perlu Dukungan 118 Juta VA Bangun Smelter

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Juli 2018 - 08:00 WIB

Ilustrasi Smelter
Ilustrasi Smelter

INDUSTRY.co.id - Makassar- Direktur Utama PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) Derian Sakmiwata mengakui membutuhkan daya listrik sebesar 118 juta volt ampere (VA) untuk pembangunan smelter tahap pertama di wilayah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Pembangunan smelter tahap pertama ini dijadwalkan rampung pada 2020 dan untuk membangun smelter itu dari semua komponennya itu adalah listrik," kata Derian disela-sela penandatanganan MoU dengan General Manager PT PLN Wilayah Sulselrabar di Makassar, Rabu (4/7/2018)

Dia mengatakan, dengan beroperasinya perusahaan yang dipimpinnya itu kelak mampu memproduksi sekitar 5 juta metrik ton per tahun dengan kadar 20 - 35 persen fero nikel.

Mengenai optimisme produksi perusahaan yang memproduksi sama dengan bahan baku perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) seperti PT Vale ataupun Penanaman Modal Nasional (PNM) seperti PT Antam, dia mengatakan, tidak bisa dibandingkan dengan perusahaan yang sudah lebih awal berproduksi.

Kendati demikian, pihaknya optimistis dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah itu sebagai miltiplier effect. Apalagi pemerintah mengharuskan para pengusaha turut menggairahkan perekonomian dalam negeri.

Sementara terkait PT CNI yang berkedudukan di Kabupaten Kolaka, Sultra merupakan pelanggan Premium Platinum PLN terbesar di Indonesia bagian Timur dengan daya 118 Juta VA, Derian mengaku sangat bersyukur.

Alasan dia, karena dengan menjadi pelanggan Premium Patinum PLN maka pelanggan memperoleh prioritas yang mendapat jaminan kontinuitas pasokan listrik secara terus menerus tanpa padam. Selain itu pelanggan premium akan mendapat kompensasi apabila mengalami padam diluar rencana.

"Karena itu, kami sangat bersyukur pihak PLN Sulselrabar siap menyuplai daya listrik pada kami untuk membantu mendorong pergerakan ekonomi di Sultra," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Catur non master

Minggu, 18 November 2018 - 23:06 WIB

Lima Ratus Peserta Ramaikan Piala Catur Hatta Taliwang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Turnamen Catur non master dan master wanita di bawah umur 15 tahun, memperebutkan piala M Hatta Taliwang dalam rangka memperingati hari Pahlawan.…

Pedet

Minggu, 18 November 2018 - 19:52 WIB

Peningkatan Kelahiran Pedet Bukti Keberhasilan UPSUS SIWAB

INDUSTRY.co.id -

Luwuk Banggai,- Beberapa daerah di Indonesia sudah melakukan panen pedet (anak sapi) yang hasilnya terbukti luar biasa. Ini menjadi salah satu bukti…

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Minggu, 18 November 2018 - 19:42 WIB

Produktivitas Tenaga Kerja dan PDB Sektor Pertanian Meningkat

INDUSTRY.co.id -

Jakarta- Berdasarkan data BPS, pada periode 2015-2017, produktivitas tenaga kerja pada sektor pertanian dan PDB sektor pertanian mengalami peningkatan…

Mantan Menko Perekonomian Rizal Ramli (Foto Ist)

Minggu, 18 November 2018 - 12:18 WIB

Selaras Pemikiran Rizal Ramli, Pemerintah dan Bank Indonesia Wajibkan Eksportir Bawa Pulang Devisa

Rencana Bank Indonesia (BI) dalam menerbitkan aturan baru yang mewajibkan eksportir membawa devisa hasil ekspor (DHE) ke dalam negeri pada 1 Januari 2019 selaras dengan ide dan gagasan ekonom…

Peneliti berprestasi ke Taiwan

Minggu, 18 November 2018 - 11:15 WIB

Kementerian Pertanian Berangkatkan Peneliti Berprestasi ke Taiwan

INDUSTRY.co.id -

Taiwan Kementerian Pertanian memberangkatkan Peneliti Berprestasi untuk mempelajari inovasi teknologi pertanian modern khususnya bidang Hortikultura…