PT Ceria Nugraha Perlu Dukungan 118 Juta VA Bangun Smelter

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Juli 2018 - 08:00 WIB

Ilustrasi Smelter
Ilustrasi Smelter

INDUSTRY.co.id - Makassar- Direktur Utama PT Ceria Nugraha Indotama (CNI) Derian Sakmiwata mengakui membutuhkan daya listrik sebesar 118 juta volt ampere (VA) untuk pembangunan smelter tahap pertama di wilayah Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra).

"Pembangunan smelter tahap pertama ini dijadwalkan rampung pada 2020 dan untuk membangun smelter itu dari semua komponennya itu adalah listrik," kata Derian disela-sela penandatanganan MoU dengan General Manager PT PLN Wilayah Sulselrabar di Makassar, Rabu (4/7/2018)

Dia mengatakan, dengan beroperasinya perusahaan yang dipimpinnya itu kelak mampu memproduksi sekitar 5 juta metrik ton per tahun dengan kadar 20 - 35 persen fero nikel.

Mengenai optimisme produksi perusahaan yang memproduksi sama dengan bahan baku perusahaan Penanaman Modal Asing (PMA) seperti PT Vale ataupun Penanaman Modal Nasional (PNM) seperti PT Antam, dia mengatakan, tidak bisa dibandingkan dengan perusahaan yang sudah lebih awal berproduksi.

Kendati demikian, pihaknya optimistis dapat mendorong pertumbuhan ekonomi di wilayah itu sebagai miltiplier effect. Apalagi pemerintah mengharuskan para pengusaha turut menggairahkan perekonomian dalam negeri.

Sementara terkait PT CNI yang berkedudukan di Kabupaten Kolaka, Sultra merupakan pelanggan Premium Platinum PLN terbesar di Indonesia bagian Timur dengan daya 118 Juta VA, Derian mengaku sangat bersyukur.

Alasan dia, karena dengan menjadi pelanggan Premium Patinum PLN maka pelanggan memperoleh prioritas yang mendapat jaminan kontinuitas pasokan listrik secara terus menerus tanpa padam. Selain itu pelanggan premium akan mendapat kompensasi apabila mengalami padam diluar rencana.

"Karena itu, kami sangat bersyukur pihak PLN Sulselrabar siap menyuplai daya listrik pada kami untuk membantu mendorong pergerakan ekonomi di Sultra," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…

Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:20 WIB

Menkominfo dan Menkeu Akan Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah untuk Layanan Pajak dan Kesehatan

Menkominfo Rudiantara dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati akan melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Paket Tengah untuk layanan pajak dan kesehatan.