PGN Cari Pendanaan Eksternal Biayai Akuisisi Pertagas

Oleh : Herry Barus | Rabu, 04 Juli 2018 - 10:00 WIB

PGN (ist)
PGN (ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) akan mencari pendanaan eksternal untuk membiayai dua pertiga pengambilalihan saham anak usaha PT Pertamina, PT Pertamina Gas (Pertagas).

Direktur Keuangan PGN Said Riza Pahlevy dalam jumpa pers di Jakarta, Selasa (3/7/2018)  menjelaskan nilai akuisisi Pertagas oleh PGN senilai Rp16,6 triliun atau setara 51 persen itu akan dipenuhi melalui pendanaan internal dan eksternal.

"Kami masih punya kemampuan untuk membiayai transaksi ini. Tapi tidak semua akan diambil dari dana internal. Sepertiganya dari internal, sisa dua pertiganya (pendanaan) eksternal dengan mempertimbangkan efek yang paling minimal buat PGN," katanya.

Riza menjelaskan karena masa transaksi diharuskan rampung dalam 90 hari ke depan, perseroan tengah mengkaji langkah yang paling memungkinkan untuk dilakukan.

Namun ia memastikan kondisi keuangan perseroan cukup sehat untuk melakukan interaksi dengan perbankan dan pasar.

"Ini masalahnya waktunya hanya 90 hari. Itu yang paling 'possible' (memungkinkan) apa, (pinjaman perbankan) ya," katanya.

Riza menambahkan pihaknya belum dapat mengungkap perbankan yang akan didekati untuk mendapatkan pinjaman.

"Sudah ada bank-nya, nanti saya akan kasih tahu," katanya.

Direktur Utama PGN Jobi Triananda mengatakan masih banyak opsi pendanaan yang bisa diraih perseroan untuk membiayai akuisisi tersebut termasuk pinjaman langsung ke perbankan dan penerbitan obligasi.

"Opsinya banyak, bisa 'bond' (obligasi), bisa kita pinjam dari bank langsung. Masih banyak opsi, kita harus diskusikan," tuturnya.

PT Perusahaan Gas Negara Tbk (PGN) melakukan integrasi PT Pertamina Gas (Pertagas) yang merupakan anak usaha PT Pertamina, melalui proses pengambilalihan saham Pertagas yang dimiliki Pertamina, dengan total nilai nominal sebesar Rp16,6 triliun) atau setara dengan 51 persen dari seluruh modal ditempatkan dan disetor dalam Pertagas.

Proses pengambilalihan saham Pertagas oleh PGN ini telah dilakukan melalui penandatanganan Perjanjian Jual Beli Saham Bersyarat (Conditional Sales Purchase Agreement /CSPA) pada tanggal 29 Juni 2018.

Nilai transaksi tersebut merupakan harga pembelian untuk 2.591.099 lembar saham yang dimiliki oleh Pertamina dalam Pertagas, di mana PT Perta Arun Gas, PT Perta Daya Gas, PT Perta Samtan Gas, dan PT Perta Kalimantan Gas sudah dikeluarkan dari buku Pertagas, sehingga hanya terdapat PT Pertagas Niaga sebagai anak usaha di dalam buku Pertagas.

Integrasi Pertagas ke dalam PGN merupakan rangkaian proses dari pembentukan holding BUMN migas. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dok. Kommo

Kamis, 25 April 2024 - 14:45 WIB

WhatsApp Chatbot dari Kommo: Hadir Karena Kesadaran akan Pentingnya Menghadirkan Solusi Fleksibel untuk Bisnis

Perubahan lanskap bisnis dewasa ini telah menuntut adaptasi yang cepat dari perusahaan-perusahaan di berbagai sektor. Dengan berkembangnya teknologi dan perubahan perilaku konsumen, bisnis tidak…

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Solo Menari

Kamis, 25 April 2024 - 12:01 WIB

Kembali Hadir, Solo Menari 2024 Bakal Digelar di Tiga Situs Ruang Publik

Perhelatan seni dan budaya, Solo Menari 2024, kembali akan digelar pada 29 April 2024 mendatang. Ajang Seni Tari anak bangsa ini terlahir dari semangat untuk melestarikan seni tari dan budaya…