PHRI DIY Optimis Sektor MICE Dongkrak Okupansi Hotel

Oleh : Chodijah Febriyani | Selasa, 03 Juli 2018 - 10:43 WIB

JLn Malioboro Yogyakarta (Foto Ist)
JLn Malioboro Yogyakarta (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Yogyakarta- Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta optimistis kegiatan pertemuan, insentif, konferensi, dan pameran (meeting, incentive, convention, and exhibition/MICE) akan mendongkrak okupansi hotel di Yogyakarta pasca-Lebaran.

"Kami perkirakan mulai Agustus 2018 'MICE' mulai banyak dan mendongkrak okupansi," kata Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) DIY Istijab M Danunagoro di Yogyakarta, Selasa (3/6/2018)

Menurut dia, kegiatan MICE selama ini merupakan andalan utama perhotelan di DIY yang kebanyakan dilakukan oleh berbagai instansi pemerintahan atau kementerian, serta swasta.

Saat ini, menurut dia, rata-rata okupansi masih mencapai 40 persen. Okupansi itu menurun dibandingkan masa "high season" saat libur Lebaran 2018 yang mampu mencapai 100 persen. "Namun kami yakin MICE mampu menolong tingkat hunian yang masih rendah," kata dia.

Public Relations Hotel Tentrem Yogyakarta, Venta Pramusanti menyebutkan rata-rata okupansi hotelnya masih di kisaran 45-60 persen. Kegiatan MICE, menurut dia, saat ini belum banyak bermunculan baik dari instansi pemerintah maupun swasta. "(MICE) belum banyak bermunculan, kami perkirakan minggu-minggu ini," kata dia.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Tour dan Travel Agen Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta Udhi Sudhiyanto seperti dilansir Antara meyakini pemesanan paket wisata dari wisatawan mancanegara akan meningkat seiring memasuki masa liburan musim panas di Eropa.

Menurut dia, kunjungan wisatawan Eropa ke Yogyakarta akan terus mengalami lonjakan mulai akhir Juni hingga Agustus 2018. Agenda wisata mereka juga lebih padat dibandingkan wisatawan domestik karena rata-rata memiliki lama tinggal hingga 3-4 hari.

"Sekarang saja pemesanan travel untuk wisatawan mancanegara sudah meningkat 20 persen dibandingkan bulan lalu," kata dia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Hotel di Bali (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Maret 2019 - 21:00 WIB

Seiring Membaiknya Industri Perhotelan, Permintaan di Bali Meningkat

Bank Indonesia (BI) memprediksi pasokan dan permintaan hotel di Bali akan mengalami peningkatan pada tahun ini seiring dengan perkiraan membaiknya perekonomian, khususnya pada sektor pariwisata.

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat meresmikan Future Digital Lab di Institut Teknologi Bandung (ITB)

Senin, 18 Maret 2019 - 20:30 WIB

Masuki Industri 4.0, Kemenperin Dorong Tumbuhnya Pusat Inovasi

Kementerian Perindustrian terus mendorong inovasi sebagai elemen penting dari Revolusi Industri 4.0. Upaya tersebut merupakan implementasi Peta Jalan Making Indonesia 4.0 sehingga Indonesia…

Nias Selatan Open Surfing Contest di Pantai Sorake, Sumatera Utara (Foto:mediarajawalinewsonline)

Senin, 18 Maret 2019 - 20:00 WIB

Sail Nias Ajang Populerkan Surga Peselancar Dunia

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman menyatakan Sail Nias 2019 diharapkan dapat menjadi ajang memopulerkan Nias sebagai surga bagi peselancar dunia.

Singapore Airlines (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 18 Maret 2019 - 19:00 WIB

Dapatkan Poin Miles Melalui Dompet Digital Sia Krispay

Mulai hari ini, anggota KrisFlyer dapat menghasilkan KrisPay miles secara instan ketika mereka berbelanja di berbagai toko di Singapura, berkat peningkatan terbaru pada aplikasi KrisPay.

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Senin, 18 Maret 2019 - 18:21 WIB

Indah Kiat Tangerang Bantu Masyarakat Sekitar Tingkatkan Kualitas Budidaya Ikan Lele

Unit industri Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas, PT Indah Kiat Pulp & Paper Tbk - Tangerang Mill (Indah Kiat Tangerang), membantu warga Tangerang Selatan untuk meningkatkan kualitas pengembangan…