Perusahaan Indonesia Jadi Pionir dalam Mengadopsi IoT di Sektor Bisnis

Oleh : Ahmad Fadli | Sabtu, 30 Juni 2018 - 11:05 WIB

Ilustrasi Startup
Ilustrasi Startup

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Lembaga-lembaga pemerintahan, perusahaan, dan penyedia solusi IoT berkelas internasional bakal melakukan pertemuan di Jakarta, tepatnya di The Ritz-Carlton Hotel Mega Kuningan, Jakarta pada 28-29 Agustus 2018.

Even bertajuk Asia IoT Business Platform (AIBP) edisi ke-25 ini akan fokus pada tema “Digitalisasi Perusahaan-Perusahaan Lokal di Indonesia”.

Dengan dukungan dari pemerintah, yakni Kementerian Komunikasi dan Informasi, pertemuan tersebut adalah untuk memahami bagaimana IoT diimplementasikan dalam bisnis guna meningkatkan proses-proses internal. Indonesia adalah negara terbesar di Asia Tenggara dengan populasi lebih dari 265 juta orang yang  saat ini sedang menikmati pertumbuhan ekonomi lebih dari 5 persen per tahun. Jelas Indonesia masih sangat menjanjikan untuk investasi.

Beberapa sektor di Indonesia bakal merasakan manfaat langsung dari penggunaan teknologi IoT, seperti industri otomotif diperkirakan akan memproduksi 46 juta kendaraan pada 2030.

Kemudian sektor utilitas akan membangun 83 juta rumah bagi 300 juta populasi. Adapun 57 juta Usaha Kecil dan Menengah (UKM) akan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi.

Pemerintah Indonesia sudah memikirkan baik-baik bagaimana mengimplementasikan teknologi terbaik seluas-luasnya dalam roadmap Industry 4.0 melalui apa yang disebut “Making Indonesia 4.0” untuk memperkuat daya saing perekonomian Indonesia.

Oleh sebab itu, di dalam AIBP edisi ke-25 di Jakarta akan digelar sejumlah diskusi dengan topik-topik yang relevan dengan pengembangan teknologi bagi perusahaan-perusahaan lokal di Indonesia, termasuk pembicara-pembicara dari tiga segmen utama, yakni Instansi Pemerintahan:

Kementerian Komunikasi dan Informasi, Kementerian Industri, Bank Indonesia dan sejumlah pemerintah daerah; Perusahaan Telekomunikasi Nasional: Telkom, Indosat Ooredoo, dan XL Axiata dan Perusahaan Nasional dan BUMN, seperti: Angkasa Pura, Pelabuhan Indonesia, Bank Permata, Cikarang Dry Port, Lippo Karawaci, Perusahaan Listrik Negara, Puninar Logistics, Shopee Indonesia, Sinar Mas Group, dan sebagainya.

Direktur Asia IoT Business Platform, Irza Suprapto, Jumat (29/6/2018), menegaskan, pihaknya sangat positif melihat pembangunan di Indonesia dan telah melihat langkah-langkah strategis yang diambil perusahaan-perusahaan lokal selama 2-3 tahun terakhir dalam upaya fokus pada strategi digitalisasi. Tujuannya, agar mereka bisa bersaing tak hanya secara lokal, tapi juga secara regional.

”AIBP akan fokus menampilkan perusahaan-perusahaan lokal dan mengadakan diskusi yang berorientasi ke masa depan, serta merumuskan teknologi apa yang bisa diadopsi para pengusaha Indonesia untuk mempertahankan pertumbuhan yang mengesankan,” tuturnya.

   

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…