Mengenal Tradisi, Budaya, Wisata Hingga Kuliner Kalimantan Selatan di Festival Banjar 2018

Oleh : Chodijah Febriyani | Jumat, 29 Juni 2018 - 12:30 WIB

Pasar Terapung Siring di Sungai Martapura, Kalimantan Selatan (Foto:basirih.banjarmasinkota)
Pasar Terapung Siring di Sungai Martapura, Kalimantan Selatan (Foto:basirih.banjarmasinkota)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Bagi kamu yang ingin mengenal budaya, kuliner serta potensi wisata di Kalimantan Selatan, tak perlu jauh-jauh kamu bisa berkunjung ke Festival Banjar 2018 yang digelar di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta pada tanggal 29 Juni hingga 1 Juli 2018. Digelarnya festival ini bertujuan kepada masayarakat Jakarta tentang destinasi terbaik di Banjar, Kalimantan Selatan.

"Digelar di Jakarta, Festival Banjar 2018 merupakan momen yang langka. Jadi event yang luar biasa ini jangan sampai terlewatkan. Sebab, rangkaian agendanya sangat menarik dan panjang," kata Menteri Pariwisata, Arief Yahya dikutip dari akun facebook Kemenpar, Jumat (29/6/2018).

Diikuti oleh 13 kabupaten dan kota di Kalimantan Selatan, festival ini mempunyai berbagai kegiatan menarik, seperti expo membuka peluang bagi investor untuk mengembangkan bisnisnya di wilayah Kalimantan Selatan, Silaturahim Warga Banjar se-dunia ini akan menyajikan beragam kegiatan. Mulai dari gathering, seni pertunjukan, galang dana program, hingga Banjaresse Kuliner Fest.

"Agenda ini sangat luar biasa. Selain menguatkan ukhuwah, agenda ini tetap menyelipkan unsur budaya sebagai identitas dari Kalsel. Kami sangat mengapresiasi agenda ini,” jelas Menpar lagi.

Selain itu, untuk memeriahkan festival, ada Parade Budaya Banjar dan Dayak Meratus pun disajikan. Event ini akan digelar 1 Juli 2018, mulai pukul 06.00-12.00 WIB. Venue-nya istimewa lantaran menggunakan jalanan utama Ibu Kota Jakarta. Momennya adalah car free day di Bundaran Hotel Indonesia. Agenda ini juga akan dikuatkan budaya seni dan kuliner di Teater Jakarta Taman Ismail Marzuki.

Kegiatan ini juga akan menampilkan beragam karya terbaik. Ada seni rupa (seni murni dan terapan), hingga pertunjukan. Seni pertunjukan terdiri dari upacara adat, tari, musik, teater, hingga sastra. Untuk Budaya Kuliner, akan menyajikan beragam jenis makanan tradisional hingga kreasi baru.

“Parade Budaya Banjar dan Dayak Meratus akan sangat menarik. Semua akan ditampilkan dengan konsep terbaik dan didukung kostum unik. Contohnya, ada kostum Dayak The Warrior of Talabangdan King of Haruai and Enggang. Event ini juga menyajikan Parade Replika Pasar Terapung dalam bentuk Seni Rupa Instalasi Interaktif,” pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pembayaran menggunakan PayLater

Kamis, 18 April 2024 - 17:39 WIB

Pinjol dan Paylater Marak, Perbankan Perlu Ubah Strategi Agar Kredit Mudah Diakses

Laporan terbaru dari Bank Indonesia (BI) tentang kredit nasional dalam Hasil Rapat Dewan Gubernur bulan Maret 2024 mengungkapkan adanya pertumbuhan kredit pada sektor perbankan sebesar 11,28%…

Kawasan Labuan Bajo – Tanamori

Kamis, 18 April 2024 - 17:23 WIB

Kabar dari Labuan Bajo! Pemda Mabar Rencanakan Pembangunan Poltekpar Negeri, Upaya Pemerintah Tingkatkan SDM Unggul

Labuan Bajo-Dalam rangka peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) di Destinasi Pariwisata Super Prioritas Labuan Bajo Flores, Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai Barat bersama Badan Pelaksana…

Iluastrasi Investasi-images IST

Kamis, 18 April 2024 - 17:21 WIB

Catat! Ini 5 Tipe Investasi yang Cocok Berdasarkan Karakter

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk mewujudkan mimpi di masa depan. Namun dengan banyaknya pilihan investasi saat ini, perlu diingat bahwa setiap instrumen investasi memiliki keuntungan…

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance

Kamis, 18 April 2024 - 17:08 WIB

Allianz Life dan HSBC Indonesia Luncurkan Premier Legacy Assurance, Solusi Warisan Finansial Keluarga

PT Asuransi Allianz Life Indonesia (Allianz Life) dan PT Bank HSBC Indonesia (Bank HSBC) kembali memperkuat kemitraan dan kanal distribusi bancassurance melalui peluncuran produk perlindungan…

Pameran umkm BNI di Singapura

Kamis, 18 April 2024 - 16:59 WIB

BNI Dukung UMKM Tembus Pasar Singapura di Pameran Indonesia in SG

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI kembali menunjukkan komitmennya dalam mendukung UMKM Indonesia untuk go global.