Cap Go Meh di Singkawang Dimeriahkan oleh Festival Lampion

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Februari 2017 - 13:03 WIB

Festival Lampion Perayaan Cap Go Meh, Tahun Baru Imlek (VCG/Contributor/Getty Image)
Festival Lampion Perayaan Cap Go Meh, Tahun Baru Imlek (VCG/Contributor/Getty Image)

INDUSTRY.co.id, Pontianak - Setelah perayaan Tahun Baru Imlek, masyarakat Tionghoa lalu merayakan perayaan Cap Go Meh. Perayaan yang melambangkan hari ke 15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi masyarakat Tionghoa diseluruh dunia.

Singkawang merupakan kota yang terletak di Kalimantan Barat ini, sebagai panitia Imlek dan Cap Go Meh, Wijaya Kurniawan akan menggelar festival lampion.

"Rencananya kegiatan festival Lampion akan dilaksanakan Kamis 9 Februari malam. Pada hari ini sudah mulai membuka pendaftaran peserta pawai lampion," kata Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Wijaya Kurniawan, Selasa(31/01/2017).

Bagi masyarakat Tionghoa di Singkawang yang ingin berpartisipasi dalam pawai tersebut bisa mendatangi sekterariat panitia yang beralamat di Jl. Safiudin.

"Rencana awal telah disepakati, peserta pawai akan dilepas di halaman Pemkot Singkawang. Mengingat di situ akan dibangun panggung kehormatan, segala kemungkinan bisa saja berubah, ini yang sedang kita bahas" lanjutnya.

Wijaya menghimbau, agar peserta tidak menghias kendaraannya melebihi ketinggian kabel listrik. Jika peserta tidak mematuhi persyaatan ini, sangat terpaksa akan kita keluarkan, karena ini menyangkut kepentingan bersama.

Terdapat naga sepanjang 178 meter yang saat ini dipamerkan di Singkawang Grand Mall (SGM) yang akan turut serta berpartisipasi dalam pawai lampion nantinya.

Selain menurunkan naga terpanjang, pihaknya juga akan menurunkan sebanyak 52 pelajar dari Santo Yosep Singkawang untuk membawa bendera Merah Putih dan mobil hias yang di atasnya ada burung unik. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO TelkomGroup Alex J. Sinaga (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Jelang Pembukaan Asian Games, Telkom Pantau Kesiapan Infrastruktur dan Layanan

PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) sebagai Official Prestige Telco Partner Asian Games 2018 memastikan bahwa layanan telekomunikasi milik TelkomGroup siap untuk mendukung suksesnya penyelenggaraan…

Ilustrasi. Turis asal Amerika Serikat belajar membatik di kampung batik Laweyan, Solo, Jawa Tengah, Jumat (10/6). Antara Foto/Maulana Surya.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:43 WIB

Pebisnis Wisata Yakin Kunjungan 17 Juta Turis Tercapai, Ini Alasannya

Kalangan pelaku usaha yang bergerak di bidang industri pariwisata optimistis perhelatan olahraga akbar Asian Games 2018 bakal mendatangkan 500.000 kunjungan wisatawan mancanegara ke Indonesia.…

Ketua Umum Kadin Rosan P Roeslani (INDUSTRY.co.id)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:40 WIB

Kadin Ajak Pengusaha Konversikan Hasil Ekspor ke Rupiah

Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama pemerintah dan Bank Indonesia berupaya untuk memperkuat dan menstabilkan nilai tukar rupiah.

Presiden Jokowi di DPR (Foto Dok Sitkab)

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:30 WIB

Pidato Kenegaraan Presiden Jokowi di DPR 2018

Jakarta - Berikut disampaikan versi lengkap pidato kenegaraan Presiden Joko Widodo dalam rangka HUT ke-73 Proklamasi Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR RI dan DPR RI di Gedung MPR/DPR/DPD…

Penandatanganan Memorandum of Collaboration (MoC) antara Pelindo III dan tiga perusahaan, yaitu PT Muria Sumba Manis, PT Sriboga Flour Mill, dan PT lndonesia Bulk Terminal.

Kamis, 16 Agustus 2018 - 14:29 WIB

Pelindo III Incar Pemasok Air Bersih di Kawasan Industri Bersih dan Terminal Pelabuhan

Pelindo III terus mengeksplorasi berbagai potensi pasar di luar bisnis utamanya sebagai operator pelabuhan dan properti. Kini BUMN tersebut mulai mengincar pasar pemasok kebutuhan air bersih…