Cap Go Meh di Singkawang Dimeriahkan oleh Festival Lampion

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 01 Februari 2017 - 13:03 WIB

Festival Lampion Perayaan Cap Go Meh, Tahun Baru Imlek (VCG/Contributor/Getty Image)
Festival Lampion Perayaan Cap Go Meh, Tahun Baru Imlek (VCG/Contributor/Getty Image)

INDUSTRY.co.id, Pontianak - Setelah perayaan Tahun Baru Imlek, masyarakat Tionghoa lalu merayakan perayaan Cap Go Meh. Perayaan yang melambangkan hari ke 15 dan hari terakhir dari masa perayaan Tahun Baru Imlek bagi masyarakat Tionghoa diseluruh dunia.

Singkawang merupakan kota yang terletak di Kalimantan Barat ini, sebagai panitia Imlek dan Cap Go Meh, Wijaya Kurniawan akan menggelar festival lampion.

"Rencananya kegiatan festival Lampion akan dilaksanakan Kamis 9 Februari malam. Pada hari ini sudah mulai membuka pendaftaran peserta pawai lampion," kata Ketua Panitia Imlek dan Cap Go Meh Singkawang, Wijaya Kurniawan, Selasa(31/01/2017).

Bagi masyarakat Tionghoa di Singkawang yang ingin berpartisipasi dalam pawai tersebut bisa mendatangi sekterariat panitia yang beralamat di Jl. Safiudin.

"Rencana awal telah disepakati, peserta pawai akan dilepas di halaman Pemkot Singkawang. Mengingat di situ akan dibangun panggung kehormatan, segala kemungkinan bisa saja berubah, ini yang sedang kita bahas" lanjutnya.

Wijaya menghimbau, agar peserta tidak menghias kendaraannya melebihi ketinggian kabel listrik. Jika peserta tidak mematuhi persyaatan ini, sangat terpaksa akan kita keluarkan, karena ini menyangkut kepentingan bersama.

Terdapat naga sepanjang 178 meter yang saat ini dipamerkan di Singkawang Grand Mall (SGM) yang akan turut serta berpartisipasi dalam pawai lampion nantinya.

Selain menurunkan naga terpanjang, pihaknya juga akan menurunkan sebanyak 52 pelajar dari Santo Yosep Singkawang untuk membawa bendera Merah Putih dan mobil hias yang di atasnya ada burung unik. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Vivo V15 Pro

Rabu, 20 Maret 2019 - 18:10 WIB

Sebelum Beli Smartphone, Ini Keunggulan Vivo V15 Pro yang Harus Kamu Tau

Vivo V15 Pro bukan hanya mengintegrasikan fitur kamera terbaru untuk selfie atau portrait saja, namun juga semakin eksploratif untuk berbagai kebutuhan mobile photography lainnya dengan fitur-fitur…

Acara AMIGO Innovation Summit

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:41 WIB

Telkom Gelar AMIGO Innovation Summit 2019

Jakarta – Sebagai wujud komitmen Telkom untuk mendukung perkembangan ekosistem digital Indonesia, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) menyelenggarakan pameran dan konferensi tahunan…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Dirjen IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih saat meninjau salah satu booth di pameran Adiwastra Nusantara 2019 (Foto:Ridwan)

Rabu, 20 Maret 2019 - 17:13 WIB

Kemenperin Targetkan Ekspor Tenun dan Batik Naik 10 Persen di Tahun 2019

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menargetkan ekspor tenun dan batik nasional mampu meningkat 10 persen di tahun 2019.

Sniper PowerHome

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:55 WIB

Penuhi Kebutuhan Listrik Saat Darurat, SNIPER Hadirkan PowerHome 

Pemenuhan kebutuhan listrik di luar ruang ternyata tidak hanya berkutat dengan tegangan arus searah (DC) atau arus lemah. Salah satu produsen power bank SNIPER memberikan solusi untuk pengisian…

Tanjung Lesung

Rabu, 20 Maret 2019 - 16:20 WIB

Kementerian PUPR Terus Lengkapi Infrastruktur Tanjung Lesung

Tanjung lesung layak disebut primadona wisata dari Banten. Keindahannya tak diragukan lagi. Kawasan ini memiliki pesona pantai yang memukau. Letaknya berada di ujung Pulau Jawa, tepatnya di…