Didominasi Sektor Pertambangan, Pertumbuhan Kawasan Industri Diluar Pulau Jawa Meningkat

Oleh : Hariyanto | Kamis, 28 Juni 2018 - 22:07 WIB

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar (Foto: Herlambang/Industry.co.id)
Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Beberapa kawasan industri yang berada diluar pulau jawa semakin meningkat pertumbuhanya. Hal tersebut semakin diperkuat dengan telah disiapkanya beberapa kawasan beberapa kawasan industri oleh Himpunan Kawasan Industri (HKI) diluar pulau Jawa.

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar mengatakan mayoritas kawasan industri di luar Pulau Jawa merupakan industri yang bergerak di sektor pertambangan.

"Mungkin karena beberapa industri berbasis nikel, pembuatan smelter dan lain-lain meningkat pertumbuhannya," ucap Sanny disela-sela Halal Bihalal dan peringatan ulang tahun HKI yang ke 30 di Jakarta, Kamis (28/6/2018).

Sunny mengungkapkan, saat ini HKI tengah melakukan berbagai persiapan untuk mengembangkan 10 hingga 15 kawasan industri di luar Pulau Jawa. 

Sementara, saat ini sudah ada sebanyak 86 kawasan industri yang tersebar di Pulau Jawa dan luar Pulau Jawa yang sedang dalam pembangunan dan konstruksi. 

"Beberapa rencana yang mau dibangun ada di Jambi, Takalar di Sulawesi Selatan, Kuala Tanjung. Itu yang masuk dalam perencanaan, kami harap daerah lain, Kalimantan Timur dan Papua bisa menyusul," ucap Sanny.

Sementara, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto mengungkapkan, saat ini pengembangan kawasan industri mengalami peningkatan dari sisi jumlah maupun luasannya.

"Dari sisi jumlah, terjadi peningkatan sebesar 17,5% dari 74 kawasan indutri pada tahun 2014 menjadi 87 kawasan industri di tahun 2017. Sementara dari sisi luas mengalami peningkatan sebesar 64,6% dari 36.000 hektar menjadi 59.700 hektar," kata Menteri Airlangga.

Menurut wilayah, kata Menteri Airlangga, kawasan industri di luar Jawa mengalami peningkatan luas dari 28,01% menjadi 42,42% pada tahun 2017.

"Meskipun dari sisi jumlah peningkatan masih terjadi di Jawa, tetapi karena di luar Jawa ketersediaan lahan masih relatif luas, maka peningkatan prosentase luas kawasan di luar Jawa lebih tinggi dibandingkan dengan di Jawa," ungkapnya.

Menperin menyampaikan, sampai dengan akhir tahun 2017 terdapat 21 rekomendasi kawasan industri yang telah diterbitkan Kementerian Perindustrian dengan total luas lahan sebesar 13.155 hektar.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…