Unik! Ada Spageti Saus Jengkol, Mau Coba?

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 28 Juni 2018 - 14:15 WIB

Spageti Jengkol, Kuliner Berbahan Jengkol yang dibuat Ibu Maemunah (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Spageti Jengkol, Kuliner Berbahan Jengkol yang dibuat Ibu Maemunah (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Panganan jengkol identik dengan bau namun sangat lezat bagi para penggemarnya. Tetapi di tangan seorang Ibu Maemunah, jengkol disulap menjadi kuliner lezat dan unik yakni Spageti Jengkol.

Spageti Jengkol Ini, merupakan makanan yang berbahan dasar pasta dengan saus jengkol yang dibumbui dengan racikan rempah-rempah khan nusantara seperti lada, bawang putih, bawang merah, tomat dan cabai. 

Ditemui dalam acara Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) yang diselenggarakan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Ibu Maemunah mengatakan bersama anaknya yang bernama Firmansyah, awalnya membuat menu spageti jengkol ini hanya ingin mencoba-coba saja.

"Awalnya cuma rancangan sendiri saja, terus coba lalu masak, oh ternyata enak juga," kata Maemunah yang ditemui Industry.co.id di acara ASSAF 2018, Jakarta, Kamis (28/6/2018)

Lanjutnya, Maemunah menceritakan proses pembuatan spageti jengkol. "Jengkol spageti ini emang dibikin khsusus untuk sausnya saja, kalau mi-nya beli sendiri," ujarnya.

Maemunah menjelaskan proses pembuatan saus jengkol hanya direbus lalu diblender hingga halus. "Jengkolnya lalu direbus hingga empuk, terus diblender sampai halus. Terus, dimasak pakai bumbu-bumbu yang dibikin untuk spageti biasa, seperti bawang bombay dan lain-lain," cerita Maemunah. 

Uniknya, yang membedakan spageti pada umumnya yang menggunakan daging ayam atau daging sapi, Maemunah tidak menambahkan toping apapun ke dalam spagetinya.

Ibu Maemunah Pemilik Pimen, Aneka Kuliner dan Snack (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

"Ia, jadi memang nggak pakai toping apa-apa, nggak pakai daging jadi cuma pakai saus jengkol saja," pungkasnya, Maemunah. 

Bagi kamu yang penasaran ingin mencicipi Spageti jengkol buatan Ibu Maemunah, untuk satu porsinya dibanderol harga Rp30 ribu saja. Atau bisa memesan melalui akun sosial media Instagram @pimenmacaroni. 

Acara Asian Agriculture and Food Forum (ASSAF) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) yang diselenggarakan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) berlangsung pada tanggal 28 Juni hingga 1 Juli 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Wisata Kapal Layar (Foto ist)

Selasa, 20 November 2018 - 11:29 WIB

Nias Ditunjuk Sebagai Tuan Rumah Sail Indonesia 2019

Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman melalui Deputi Bidang Koordinasi SDM, Iptek, dan Budaya Maritim menunjuk Nias, Sumatra Utara, sebagai kandidat tuan rumah Sail Indonesia 2018.

Logo Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) (hukumonline)

Selasa, 20 November 2018 - 11:06 WIB

YLKI Terima 72 Aduan Terkait Fintech

Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) mengaku telah menerima 72 pengaduan konsumen terkait layanan finansial teknologi sepanjang tahun 2018. Dan tercatat ada 29 Fintech yang diadukan kepada…

CEO Bank Sleman, Muhammad Sigit (tengah), menerima Penghargaan Bank Terbaik, yang diserahkan Pendiri Indonesia-Asia Institute - Economic Review Hj.RAy. Irlisa Rachmadiana,S.Sn,MM dan disaksikan oleh Ketua Dewan Juri-APBI-VII-2018 Prof.Dr.Ir.Marsudi W

Selasa, 20 November 2018 - 11:02 WIB

Inilah Perbankan Terbaik Indonesia Peraih APBI-VII-2018 & ABPRI-VI-2018

Era Disrupsi digital membuat bank harus mengubah cara berpikir, sehingga lebih dinamis dalam dan aktif mencari konsumen, untuk terus berinovasi dalam menghadapi disrupsi Digital. Inilah perusahaan…

Kemenpar branding Wonderful Indonesia melalui bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.

Selasa, 20 November 2018 - 10:37 WIB

Makin Agresif, Bus Wisata Wonderful Indonesia Keliling Australia

Promosi Wonderful Indonesia tidak henti-hentinya dilakukan Kementerian Pariwisata. Kali ini Australia menjadi target. Caranya, dengan mem-branding bus double decker jurusan City-Mona Vale Sydney.…

Di ajang Indonesia Modification Expo 2018, Suzuki pamerkan Suzuki All New Ertiga berjiwa muda dan dinamis

Selasa, 20 November 2018 - 10:26 WIB

Suzuki All New Ertiga Tampil Trendi dan Berjiwa Muda di Ajang Modifikasi Expo

PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali hadir dalam ajang Indonesia Modification Expo 2018. Dalam ajang kali ini Suzuki berkolaborasi dengan Jakarta Sneaker Day untuk menyulap tampilan All New…