Unik! Ada Spageti Saus Jengkol, Mau Coba?

Oleh : Chodijah Febriyani | Kamis, 28 Juni 2018 - 14:15 WIB

Spageti Jengkol, Kuliner Berbahan Jengkol yang dibuat Ibu Maemunah (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)
Spageti Jengkol, Kuliner Berbahan Jengkol yang dibuat Ibu Maemunah (Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Panganan jengkol identik dengan bau namun sangat lezat bagi para penggemarnya. Tetapi di tangan seorang Ibu Maemunah, jengkol disulap menjadi kuliner lezat dan unik yakni Spageti Jengkol.

Spageti Jengkol Ini, merupakan makanan yang berbahan dasar pasta dengan saus jengkol yang dibumbui dengan racikan rempah-rempah khan nusantara seperti lada, bawang putih, bawang merah, tomat dan cabai. 

Ditemui dalam acara Asian Agriculture and Food Forum (ASAFF) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) yang diselenggarakan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Ibu Maemunah mengatakan bersama anaknya yang bernama Firmansyah, awalnya membuat menu spageti jengkol ini hanya ingin mencoba-coba saja.

"Awalnya cuma rancangan sendiri saja, terus coba lalu masak, oh ternyata enak juga," kata Maemunah yang ditemui Industry.co.id di acara ASSAF 2018, Jakarta, Kamis (28/6/2018)

Lanjutnya, Maemunah menceritakan proses pembuatan spageti jengkol. "Jengkol spageti ini emang dibikin khsusus untuk sausnya saja, kalau mi-nya beli sendiri," ujarnya.

Maemunah menjelaskan proses pembuatan saus jengkol hanya direbus lalu diblender hingga halus. "Jengkolnya lalu direbus hingga empuk, terus diblender sampai halus. Terus, dimasak pakai bumbu-bumbu yang dibikin untuk spageti biasa, seperti bawang bombay dan lain-lain," cerita Maemunah. 

Uniknya, yang membedakan spageti pada umumnya yang menggunakan daging ayam atau daging sapi, Maemunah tidak menambahkan toping apapun ke dalam spagetinya.

Ibu Maemunah Pemilik Pimen, Aneka Kuliner dan Snack (Foto: Chodijah Febriyani/Industry.co.id)

"Ia, jadi memang nggak pakai toping apa-apa, nggak pakai daging jadi cuma pakai saus jengkol saja," pungkasnya, Maemunah. 

Bagi kamu yang penasaran ingin mencicipi Spageti jengkol buatan Ibu Maemunah, untuk satu porsinya dibanderol harga Rp30 ribu saja. Atau bisa memesan melalui akun sosial media Instagram @pimenmacaroni. 

Acara Asian Agriculture and Food Forum (ASSAF) 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) yang diselenggarakan oleh Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) berlangsung pada tanggal 28 Juni hingga 1 Juli 2018.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…

Menkominfo Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:20 WIB

Menkominfo dan Menkeu Akan Uji Coba Jaringan Palapa Ring Tengah untuk Layanan Pajak dan Kesehatan

Menkominfo Rudiantara dan Menkeu Sri Mulyani Indrawati akan melakukan uji coba jaringan Palapa Ring Paket Tengah untuk layanan pajak dan kesehatan.