Indoneisa-Palestina Bertemu Bahas Situasi Terakhir di Gaza

Oleh : Herry Barus | Kamis, 28 Juni 2018 - 08:45 WIB

Menlu Retno Marsudi (Foto Setkab)
Menlu Retno Marsudi (Foto Setkab)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi melakukan pertemuan bilateral dengan Menteri Luar Negeri Palestina Riad Maliki untuk membahas situasi terakhir di Gaza.

Kedua Menlu bertemu pada 26 Juni sebelum menghadiri Konferensi "Cooperation among East Asian Countries for Palestine Development" (CEAPAD) III di Bangkok, Thailand, menurut keterangan pers dari Kementerian Luar Negeri RI yang diterima di Jakarta, Rabu (27/6/2018)

Dalam pertemuan tersebut, Kedua Menlu juga menjajaki langkah-langkah terbaik yang mungkin dilakukan untuk mendorong kembali proses perundingan damai Palestina-Israel ke depan.

"Negara-negara di luar kawasan, khususnya negara mayoritas Muslim, harus dilibatkan dalam mendorong proses perdamaian Palestina-Israel," ujar Menlu Palestina Riad Maliki.

Pada kesempatan itu, Menlu Retno kembali menyampaikan komitmen Indonesia untuk terus mendukung perjuangan Palestina.

"Pemerintah bersama rakyat Indonesia akan terus berjuang hingga rakyat Palestina memperoleh kemerdekaannya," ucap Menlu RI.

Menanggapi hal itu, Menlu Palestina Riad Maliki menyampaikan penghargaan dan apresiasi rakyat Palestina terhadap komitmen Indonesia yang tidak pernah surut terhadap perjuangan rakyat Palestina.

Selain bertemu dengan Menlu Palestina, Menlu RI juga bertemu dengan Komisaris Jenderal Badan Bantuan dan Tugas PBB (UNRWA) Pierre pada Rabu (27/6/2018).

Menlu Retno dan Komisaris Jenderal UNRWA membahas mengenai langkah dan rencana ke depan UNRWA sehubungan krisis finansial yang dihadapi.

Pemerintah Indonesia menghargai peran UNRWA dalam membantu pengungsi Palestina yang berjumlah lebih dari 5,3 juta orang.

Menlu Retno pun menegaskan komitmen Indonesia untuk membantu UNRWA. Komisaris Jenderal UNRWA sangat menghargai peran dan kontribusi yang terus diberikan Indonesia untuk Palestina.

"Kontribusi Indonesia telah ditingkatkan untuk UNRWA," ujar Menlu Retno.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…

Model Kecantikan

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:25 WIB

Penuhi Segala Persiapan Dalam Menyambut Hari Raya Kemenangan bersama Shopee Big Ramadan Sale

Dalam menjalani ibadah puasa di bulan Ramadan dan menyambut Hari Raya Kemenangan, selain mempersiapkan aspek dari dalam diri, terdapat berbagai persiapan lain yang kerapdilakukan untuk merayakan…

Bank Danamon

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:19 WIB

Danamon Umumkan Jadwal Operasional dan Layanan Pendukung bagi Nasabah Menyambut Libur Panjang Idulfitri 1445 Hijriah

Menjelang periode libur Hari Raya Idulfitri 1445 Hijriah, PT Bank Danamon Indonesia Tbk (“Danamon”) mengumumkan jadwal operasional sejumlah kantor cabang dan layanan pendukung bagi kebutuhan…