Menperin Apresiasi President University Dorong Sistem Kurikulum Sambut Era Industri 4.0

Oleh : Ridwan | Rabu, 27 Juni 2018 - 20:15 WIB

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Pendiri President University SD Darmono dalam acara Diskusi Implementasi Industri 4.0 (Foto: Dok. Industry.co.id)
Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto bersama Pendiri President University SD Darmono dalam acara Diskusi Implementasi Industri 4.0 (Foto: Dok. Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Cikarang, Kementerian Perindustrian mendukung penuh strategi President University dalam mendorong sistem pendidikan tinggi dan kurikulum untuk mahasiswanya dalam rangka menghadapi era kemajuan teknologi digital atau yang populer disebut era industri 4.0.

Pendiri President University, SD Darmono mengatakan, ada tiga pilar pendidikan yang dibangun oleh President University untuk menghadapi era industri 4.0, yaitu pengembangan riset bioteknologi dan medical science, pendidikan yang berbasis budaya, serta penggunaan teknologi informasi (IT) dalam pembelajaran kepada mahasiswa.

Hal itu diungkapkan Darmono dalam acara diskusi Mendorong Implementasi 'Making Indonesia 4.0' bersama Menteri Perindustrian Republik Indonesia Airlangga Hartarto yang digelar di President Executive Club, Capitol Business District, Kawasan Industri Jababeka Cikarang, Bekasi, Jawa Barat (26/6/2018).

Sementara itu, Meperin Airlangga mengatakan ini adalah era yang berbasis teknologi. "Revolusi industri keempat ini adalah era industri berbasis kemajuan teknologi digital dan big data," katanya.

Dikatakan Airlangga, pada akhir abad ke-18, revolusi industri 1.0 menggunakan otot dan tenaga mekanis yang berbahan tenaga air dan uap. Pada abad ke-20 era revolusi industri 2.0 dimulai dengan menggunakan teknologi produksi masal dan pemanfaatan listrik. Selanjutnya, era revolusi industri 3.0 pada awal 1970 ditandai dengan penggunaan robot dan teknologi IT unutk otomatisasi.

Menurutnya, implementasi ekonomi digital dalam industri di Indonesia akan memacu pertumbuhan ekonomi senilai 2% dari pertumbuhan ekonomi normal.

Pernyataan tersebut sekaligus menepis kekhawatiran bahwa pemanfaatan teknologi IT dan digital akan memicu timbulnya pengangguran karena penggantian tenaga manusia oleh mesin dan robot yang semakin pintar.

Oleh karena itu, secara khusus Menperin mengapresiasi langkah strategis President University dalam menyambut era industri 4.0,

"Kementerian Perindustrian mendukung upaya President University dalam menghasilkan lulusan yang siap bersaing di era ekonomi digital melalui terobosan pendidikan berbasis bioteknologi dan medical science, budaya dan kemajuan IT," ujarnya.

Saat ini, Kementerian Perindustrian mengantisipasi perkembangan teknologi dan digital dengan mengembangkan sektor industri prioritas melalui program 'Making Indonesia 4.0'. Sektor tersebut antara lain sektor industri manufaktur di bidang makanan dan minuman, tekstil dan busana, otomotif, serta kimia, dan elektronik.

Airlangga mengakui bahwa untuk bisa memanfaatkan kemajuan teknologi tersebut, Indonesia harus mengembangkan SDM yang semakin terdidik. Di sinilah pendidikan, termasuk yang dikembangkan President University memainkan peran yang sangat strategis.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Rektor Bidang Akademik President University, Dwi Larso sebagai moderator diskusi mengungkapkan bahwa President University ingin menghasilkan SDM yang tidak hanya berprestasi secara akademis, namun juga unggul dan berdaya saing karena kekuatan karakter.

Menurutnya, yang utama adalah memiliki keterampilan yang siap pakai di industri, dunia kerja, atau sebagai entrepreneur.

"President University akan turut mengambil peran dalam mencetak tenaga-tenaga ahli sesuai roadmap program 'Making Indonesia 4.0'," jelasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Happy Salma bersama tim dari Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek dan tim produksi sebelum pementasan konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai.

Kamis, 25 April 2024 - 00:57 WIB

Terinspirasi Program Merdeka Belajar Kemendikbudristek, Happy Salma Gelar Konser Musikal

Konser musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai itu digelar Dirjen Kebudayaan Kemendikbudristek yang berkolaborasi dengan Titimangsa dan SMKN 2 Kasihan (SMM Yogyakarta)…

Krisdayanti kenalkan produk bulu mata palsu Lavie Beauty X Krisdayanti.

Kamis, 25 April 2024 - 00:31 WIB

Tak Sarankan Extention Bulu Mata, Krisdayanti Luncurkan Bulu Mata Palsu Karyanya

Setelah puluhan tahun selalu menggunakan bulu mata palsu, akhrinya Krisdayanti mengenalkan bulu mata palsu karyanya sendiri, Lavie Beauty X Krisdayanti.

Penandatanganan kerjasama RS Premier Bintaro dengan BMW Indonesia.

Rabu, 24 April 2024 - 23:32 WIB

Kolaborasi RS Premier Bintaro dan BMW Indonesia Tingkatkan Patien Experience

Penandantanganan menghasilkan kolaborasi RSPB dengan BMW Indonesia dalam menyediakan layanan kesehatan premium pengantaran pasien pasca operasi kasus bedah orthopedi dan bedah vaskular.

#bluBuatBaik Waste Station sudah tersebar di 7 lokasi strategis.

Rabu, 24 April 2024 - 23:16 WIB

Hari Bumi, Ini Langkah Kecil Memilah Sampah Untuk Bumi Lebih Sehat

blu by BCA Digital turut memfasilitasi dengan membangun sarana seperti Waste Station dan mengintegrasikan aplikasi Rekosistem x blu untuk mendorong perubahan kebiasaan dalam mengelola sampah…

RUPST PT PP tahun buku 2023

Rabu, 24 April 2024 - 21:14 WIB

Dua Direksi dan Satu Komisaris Baru Perkuat Pengurus PTPP

PT PP mengubah jajaran direksi dan Komisari usai Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST).