Mensos: Lima Pesan Presiden Jokowi untuk Keluarga Korban KM Sinar Bangun

Oleh : Herry Barus | Senin, 25 Juni 2018 - 16:00 WIB

Idrus Marham (Foto Dok Industry.co.id)
Idrus Marham (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan ada lima pesan Presiden Joko Widodo yang harus disampaikan kepada keluarga korban KM Sinar Bangun yang tenggelam di Danau Toba.

"Ada lima poin penting pesan presiden yang perlu dikomunikasikan dengan masyarakat disana. Pesan tersebut sudah saya sampaikan langsung saat kunjungan ke Sumatera Utara pada Minggu kemarin," kata Mensos di Jakarta, Senin (25/6/2018)

Idrus menjabarkan pesan pertama, pemerintah mengambil langkah secara maksimal untuk memastikan kapal yang tenggelam ditemukan.

Menurut dia, pemerintah sangat serius sebagai buktinya yang tadinya alat pencari hanya menjangkau 400 meter kedalaman air saat ini telah ditambah dengan alat yang jangkauannya mencapai 2.000 meter.

"Saya kesana dan menyaksikan bagaimana alat itu bekerja dan sudah ada indikasi-indikasi kapal ditemukan, perlu cek lebih lanjut apakah betul itu kapal yang tenggelam," katanya.

Pesan kedua, pastikan pemerintah tidak hanya fokus pada pencarian korban tapi keluarga korban diurus jangan sampai tidak makan.

"Ratusan orang disitu karena itu Kemensos bersama unit kerja lain sudah mendirikan dapur umum, untuk menjamin keluarga harus terpenuhi kebutuhan makannya. Karena itu Kemensos beri bantuan satu unit mobil dapur umum," tambah dia.

Pesan ketiga, Presiden meminta Kementerian Sosial turut membantu meringankan beban keluarga para korban. Pemerintah melalui Kemensos akan menyerahkan bantuan berupa santuan kepada korban baik yang selamat maupun korban meninggal.

Pesan keempat, sebagai salah satu destinasi wisata yang menarik wisatawan domestik dan mancanegara, perlu penataan pengelolaan Danau Toba.

Pesan kelima, pengusaha-pengusaha kapal yang tidak tertib, tidak disiplin dan tidak mengikuti aturan harus dicabut izinnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Rabu, 24 April 2024 - 13:00 WIB

Ketua MPR RI Dukung Fashion Show 'Keindahan Karya Kain Tenun dan Batik Ku Indonesia' di Italia

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar Bambang Soesatyo mendukung rencana pagelaran fashion show, 'Keindahan Karya Kain. Tenun dan Batik Ku Indonesia', oleh Dian Natalia Assamady.…

Edukasi Keuangan Pegadaian

Rabu, 24 April 2024 - 11:33 WIB

Peringati Hari Kartini, PT Pegadaian Laksanakan Kegiatan Edukasi Keuangan Perempuan

Dalam rangka memperingati Hari Kartini, PT Pegadaian dukung Kegiatan Edukasi Keuangan bertema "Perempuan Cerdas Keuangan, Perempuan Indonesia Hebat" yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan…

RUPST Astragraphia 2024

Rabu, 24 April 2024 - 11:19 WIB

Meningkat 45%, Astragraphia Bukukan Laba Bersih Sebesar Rp141 Miliar

Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Astra Graphia Tbk (Astragraphia) yang dilaksanakan pada Selasa (23/4/2024) menyetujui pembagian dividen kepada pemegang saham sebesar 45% dari total…

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Rabu, 24 April 2024 - 11:11 WIB

Ketua MPR RI Apresiasi 18 Pengurus IMI Terpilih Sebagai Anggota Legislatif

Ketua MPR RI sekaligus Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengungkapkan, dalam kontestasi Pemilu Legislatif 2024, enam Ketua IMI Provinsi…

Paviliun Indonesia di Ajang SIAM 2024 Maroko

Rabu, 24 April 2024 - 10:38 WIB

12 Industri yang Diboyong Kemenperin di Ajang SIAM 2024 Maroko Tempati Paviliun Internasional Terbaik

Sekretaris Direktorat Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Kementerian Perindustrian, Sopar Halomoan Sirait menyampaikan apresiasi kepada KBRI Rabat atas…