Kementerian PUPR Bersihkan Bendung Garit Dari Timbunan Lumpur dan Kirim 2 Mobil Tangki Air

Oleh : Hariyanto | Senin, 25 Juni 2018 - 12:16 WIB

Kementerian PUPR Bersihkan Bendung Garit Dari Timbunan Lumpur dan Kirim 2 Mobil Tangki Air
Kementerian PUPR Bersihkan Bendung Garit Dari Timbunan Lumpur dan Kirim 2 Mobil Tangki Air

INDUSTRY.co.id - Banyuwangi - Banjir Bandang terjadi di Dusun Garit, Karang Asem, Bangunrejo, Wonorekso dan Alasmalang Kecamatan Singojuruh Kabupaten Banyuwangi pada Jumat 22 Juni 2018 sekitar pukul 08.40 WIB. 

Banjirbandang disebabkan oleh hujan lebat yang mengakibatkan meluapnya aliran Sungai Badeng ke areal pemukiman masyarakat.

Banjir mengakibatkan Jembatan Garit di Kec. Singojuruh tersumbat oleh material (pasir dan batang kayu) sehingga air meluap ke perkampungan Desa Alasmalang Kec. Singojuruh setinggi 1 meter diatas aspal jalan raya.

Banjir juga mengakibatkan Bendung Garit di hulu Jembatan Garit untuk irigasi 475 ha mengalami penimbunan material disekitar bendung dan intake serta saluran pembawa sepanjang 260 meter. Namun kondisi bendung dan bangunan intake serta saluran masih baik. 

Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai Brantas, Ditjen Sumber Daya Air telah menurunkan 2 eksavator dan 4 dump truck untuk membersihkan sedimen/debris yang pada bendung, intake serta saluran irigasi Garit dan fasilitas umumnya pasca bencana banjir bandang di Desa Alasalam Kecamatan Singojuruh, Banyuwangi. 

Untuk membantu kebutuhan air bersih, Kementerian PUPR melalui Ditjen Cipta Karya akan dikirim 2 unit mobil tangki air (MTA) untuk mensuplai kebutuhan air serta untuk melakukan penyemprotan membersihkan fasilitas umum dari lumpur. Selain itu juga akan disediakan 5 hidran umum dan melakukan inventarisasi kebutuhan lainnya dilapangan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rabu, 24 April 2024 - 03:45 WIB

ASOPS Dankormar Buka Rekernisops 2024

Rapat Kerja Teknis Staf Operasi Korps Marinir Tahun 2024, secara resmi saya nyatakan dibuka oleh Asisten Operasi Komandan Korps Marinir (Asops Dankormar) Kolonel Marinir Nanang Saefullah, S.E.,…

Pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda Literasi Sumenep di acara Madura Writers Readers Festival 2024.

Selasa, 23 April 2024 - 23:38 WIB

Bupati Sumenep Buka Acara Madura Writers Readers Festival

Selain disemarakkan dengan kehadiran para penggerak literasi budaya, serta bazar buku murah, di Madura Writers Readers Festival 2024 juga diselenggarakan pengukuhan Nia Kurnia sebagai Bunda…

Strategi pemasaran (ist)

Selasa, 23 April 2024 - 22:57 WIB

Strategi Dalam Mempengaruhi Perilaku Pembelian Pelanggan

Dalam pasar yang kompetitif saat ini, memahami dan mempengaruhi perilaku pembelian pelanggan sangat penting agar bisnis dapat berkembang. Dengan munculnya teknologi baru dan berkembangnya preferensi…

Everpure tersedia di Shopee, atasi masalah jerawat usai mudik lebaran.

Selasa, 23 April 2024 - 19:40 WIB

Tips Merawat Kulit Wajah Bersama Shopee 5.5 Voucher Kaget

Melalui kampanye 5.5 Voucher Kaget, Shopee ingin menjadi teman serta memberikan semangat untuk kembali memulai perjalanan pengguna, khususnya dalam perawatan diri setelah libur lebaran.

Danone melakukan MoU dengan Pemulung untuk mengumpulkan sampah botol plastik

Selasa, 23 April 2024 - 18:17 WIB

AQUA dan Ikatan Pemulung Indonesia Kerja Sama Kurangi Sampah Plastik di Destinasi Wisata Bangka Belitung

Dalam rangka mendukung upaya pemerintah Indonesia mengurangi sampah plastik ke laut hingga 70% pada 2025, hari ini AQUA melakukan kerja sama Program Peningkatan Pengumpulan Sampah Plastik di…