PLN Bangun PLTG 40 MW di Manokwari Papua Barat

Oleh : Hariyanto | Minggu, 24 Juni 2018 - 16:01 WIB

PLTGU ilustrasi
PLTGU ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Manokwari- PT PLN (Persero) akan membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) berkapasitas 40 MW di wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

General Manager PLN Area Manokwari Sulisiono di Manokwari, Sabtu (23/6/2018) mengatakan pembangunan PLTG, yang berlokasi di wilayah Sowi, Distrik Manokwari Selatan, akan berlangsung dalam dua tahap.

"Tahap pertama akan dilaksanakan tahun 2018 ini, untuk kapasitas 20 MW, tahap kedua (20 MW lagi) akan dibangun berikutnya. Untuk tahap pertama sudah selesai dilelang di PLN pusat dan sepertinya sudah ada kontraktor yang menang," katanya.

Sulisiono mengatakan kebutuhan bahan bakar gas PLTG tersebut akan dipasok dari BP Tanggung di Teluk Bintuni.

Sarana dan prasarana lain seperti pelabuhan akan dipersiapkan untuk mendukung pasokan gas menuju PLTG ini.

"Namun, pada tahap awal ini kami akan menggunakan BBM (bahan bakar minyak) dulu sampai infrastruktur dan pasokan gas siap didatangkan," ujarnya lagi.

Ia mengutarakan bahan bakar gas lebih efisian dibanding minyak, sehingga diharapkan infrastruktur lain segera disiapkan agar gas bisa masuk ke PLTG tersebut.

Menurut dia, PLN terus berusaha meningkatkan stok daya listrik dengan membangun pembangkit di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat.

"Ini bagian dari program Nawacita, program Indonesia Terang dan program Papua Terang. Bapak Presiden Jokowi menginginkan seluruh pelosok di Papua dan Papua Barat ini teraliri listrik," sebutnya.

Sulisiono juga mengutarakan, saat ini beban puncak listrik di wilayah Manokwari berkisar antara 21 MW hingga 25 MW perhari.

Sementara, stok yang tersedia sudah mencapai 32 MW, dengan demikian PLN Manokwari mengalami surplus sembilan MW.

Menurut dia, dengan pasokan daya baik dari pembangkit milik sendiri maupun PT SDIC Papua Sement Indonesia, PLN Manokwari mampu mencukupi kebutuhan listrik di Manokwari.

"Apalagi, kalau pembangkit baru berbahan gas ini nanti sudah beroperasi, maka pasokan tentu akan lebih lancar dan mendukung kebutuhan dunia usaha atau investasi di Manokwari," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…