PLN Bangun PLTG 40 MW di Manokwari Papua Barat

Oleh : Hariyanto | Minggu, 24 Juni 2018 - 16:01 WIB

PLTGU ilustrasi
PLTGU ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Manokwari- PT PLN (Persero) akan membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) berkapasitas 40 MW di wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

General Manager PLN Area Manokwari Sulisiono di Manokwari, Sabtu (23/6/2018) mengatakan pembangunan PLTG, yang berlokasi di wilayah Sowi, Distrik Manokwari Selatan, akan berlangsung dalam dua tahap.

"Tahap pertama akan dilaksanakan tahun 2018 ini, untuk kapasitas 20 MW, tahap kedua (20 MW lagi) akan dibangun berikutnya. Untuk tahap pertama sudah selesai dilelang di PLN pusat dan sepertinya sudah ada kontraktor yang menang," katanya.

Sulisiono mengatakan kebutuhan bahan bakar gas PLTG tersebut akan dipasok dari BP Tanggung di Teluk Bintuni.

Sarana dan prasarana lain seperti pelabuhan akan dipersiapkan untuk mendukung pasokan gas menuju PLTG ini.

"Namun, pada tahap awal ini kami akan menggunakan BBM (bahan bakar minyak) dulu sampai infrastruktur dan pasokan gas siap didatangkan," ujarnya lagi.

Ia mengutarakan bahan bakar gas lebih efisian dibanding minyak, sehingga diharapkan infrastruktur lain segera disiapkan agar gas bisa masuk ke PLTG tersebut.

Menurut dia, PLN terus berusaha meningkatkan stok daya listrik dengan membangun pembangkit di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat.

"Ini bagian dari program Nawacita, program Indonesia Terang dan program Papua Terang. Bapak Presiden Jokowi menginginkan seluruh pelosok di Papua dan Papua Barat ini teraliri listrik," sebutnya.

Sulisiono juga mengutarakan, saat ini beban puncak listrik di wilayah Manokwari berkisar antara 21 MW hingga 25 MW perhari.

Sementara, stok yang tersedia sudah mencapai 32 MW, dengan demikian PLN Manokwari mengalami surplus sembilan MW.

Menurut dia, dengan pasokan daya baik dari pembangkit milik sendiri maupun PT SDIC Papua Sement Indonesia, PLN Manokwari mampu mencukupi kebutuhan listrik di Manokwari.

"Apalagi, kalau pembangkit baru berbahan gas ini nanti sudah beroperasi, maka pasokan tentu akan lebih lancar dan mendukung kebutuhan dunia usaha atau investasi di Manokwari," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…