PLN Bangun PLTG 40 MW di Manokwari Papua Barat

Oleh : Hariyanto | Minggu, 24 Juni 2018 - 16:01 WIB

PLTGU ilustrasi
PLTGU ilustrasi

INDUSTRY.co.id - Manokwari- PT PLN (Persero) akan membangun pembangkit listrik tenaga gas (PLTG) berkapasitas 40 MW di wilayah Kabupaten Manokwari, Papua Barat.

General Manager PLN Area Manokwari Sulisiono di Manokwari, Sabtu (23/6/2018) mengatakan pembangunan PLTG, yang berlokasi di wilayah Sowi, Distrik Manokwari Selatan, akan berlangsung dalam dua tahap.

"Tahap pertama akan dilaksanakan tahun 2018 ini, untuk kapasitas 20 MW, tahap kedua (20 MW lagi) akan dibangun berikutnya. Untuk tahap pertama sudah selesai dilelang di PLN pusat dan sepertinya sudah ada kontraktor yang menang," katanya.

Sulisiono mengatakan kebutuhan bahan bakar gas PLTG tersebut akan dipasok dari BP Tanggung di Teluk Bintuni.

Sarana dan prasarana lain seperti pelabuhan akan dipersiapkan untuk mendukung pasokan gas menuju PLTG ini.

"Namun, pada tahap awal ini kami akan menggunakan BBM (bahan bakar minyak) dulu sampai infrastruktur dan pasokan gas siap didatangkan," ujarnya lagi.

Ia mengutarakan bahan bakar gas lebih efisian dibanding minyak, sehingga diharapkan infrastruktur lain segera disiapkan agar gas bisa masuk ke PLTG tersebut.

Menurut dia, PLN terus berusaha meningkatkan stok daya listrik dengan membangun pembangkit di seluruh wilayah Papua dan Papua Barat.

"Ini bagian dari program Nawacita, program Indonesia Terang dan program Papua Terang. Bapak Presiden Jokowi menginginkan seluruh pelosok di Papua dan Papua Barat ini teraliri listrik," sebutnya.

Sulisiono juga mengutarakan, saat ini beban puncak listrik di wilayah Manokwari berkisar antara 21 MW hingga 25 MW perhari.

Sementara, stok yang tersedia sudah mencapai 32 MW, dengan demikian PLN Manokwari mengalami surplus sembilan MW.

Menurut dia, dengan pasokan daya baik dari pembangkit milik sendiri maupun PT SDIC Papua Sement Indonesia, PLN Manokwari mampu mencukupi kebutuhan listrik di Manokwari.

"Apalagi, kalau pembangkit baru berbahan gas ini nanti sudah beroperasi, maka pasokan tentu akan lebih lancar dan mendukung kebutuhan dunia usaha atau investasi di Manokwari," ujarnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infinix Indonesia

Kamis, 15 November 2018 - 19:08 WIB

Sukses di Penjualan 11.11, Infinix Ungkap Strategi Hadapi Persaingan Smartphone Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta, 15 November 2018 Dalam perayaan Habolnas 11.11 di bulan November lalu, Infinix Indonesia sukses menjual beberapa produk unggulannya dengan…

Pembangunan Embung Serbaguna Pea Parsinagaan

Kamis, 15 November 2018 - 17:35 WIB

Pembangunan Embung Serbaguna Pea Parsinagaan Berikan Manfaat Untuk 2 Kecamatan

Dalam rangka terus mendukung pengembangan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 KSPN prioritas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Embung…

Dok industry.co.id

Kamis, 15 November 2018 - 17:28 WIB

Jet Commerce Catat Kenaikan Nilai Transaksi 16 Kali Lipat

Jet Commerce, penyedia solusi e-commerce terpadu dan terkemuka di Asia Tenggara mencatat kenaikan nilai transaksi 16 kali lipat

Ilustrasi Reksa Dana (bisnisfranchiseindonesia)

Kamis, 15 November 2018 - 17:14 WIB

Kondisi Pasar Semakin Positif, Reksa Dana Saham jadi Pilihan Tepat untuk Investasi

Kondisi pasar menunjukkan perkembangan positif seiring meredanya isu perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok dan kondisi iklim investasi di tanah air yang semakin kondusif

PT Electronic City Indonesia Tbk hari ini, Kamis (14/11/2018) resmi meluncurkan logo barunya. Acara yang dilangsungkan di Four Point by Sheraton ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bersama rekan media dan influencer.

Kamis, 15 November 2018 - 17:14 WIB

Melalui Logo Baru, Komitmen Electronic City sebagai Pionir Toko Elektronik

PT Electronic City Indonesia Tbk hari ini, Kamis (14/11/2018) resmi meluncurkan logo barunya. Acara yang dilangsungkan di Four Point by Sheraton ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bersama…