Makin Meriah, Presiden Jokowi Dijadwalkan Ikut Pawai Pesta Kesenian Bali

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Juni 2018 - 14:00 WIB

Pesta Kesenian Bali (PKB) (Foto: www.facebook.com/kemenpar)
Pesta Kesenian Bali (PKB) (Foto: www.facebook.com/kemenpar)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Pesta Kesenian Bali (PKB) yang diselenggarakan pada Sabtu (23/6/2018), Presiden Jokowi dijadwalkan akan membuka acara tersebut dan akan mengikuti pawai pembukaan menaiki mobil hias.

“Pesta Kesenian Bali diharapkan bisa menarik wisatawan dalam jumlah besar. Apalagi peserta mancanegara juga terlibat. Kehadiran Presiden Joko Widodo akan menaikkan value event ini,” kata Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran I Kementerian Pariwisata I Gde Pitana, dikutip dari facebook Kemenpar, Jumat (22/6/2018).

Dengan hadirnya Presiden RI, Pitana sangat optimis wisatawan akan membeludak dalam acara tersebut.  “Kehadiran Presiden akan menjadi daya tarik tersendiri. Wisatawan akan membanjiri acara ini,” katanya.

Sementara Kepala Dinas Kebudayaan Provinsi Bali, Dewa Putu Beratha mengaku telah mendapat kepastian kehadiran Presiden Jokowi. "Presiden sudah pasti hadir. Nanti beliau akan berikan sambutan sekaligus melepas pawai. Kedatangan Presiden setelah kunjungan kerja di Jawa Timur," kata Beratha, Jumat (22/6/2018).

Orang nomor satu di Indonesia ini terbang menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 dari Bandara Juanda, Kabupaten Sidoarjo. Presiden Jokowi beserta rombongan mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurai Rai, Jumat sore, sekitar pukul 18.18 WITA.

"Begitu tiba di bandara, Bapak Presiden Jokowi turun didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo dan disambut beberapa pejabat daerah," ungkapnya.

Kedatangan rombongan Presiden disambut tarian api. Hal ini sesuai tema acara 'Teja Dharmaning Kauripan' atau Api Spirit Penciptaan. Sejumlah menteri kabinet kerja akan turut hadir di acara ini. Beratha menjelaskan, Setelah dibuka Presiden, perwakilan dari delegasi 9 kabupaten/kota di Bali akan mempertontonkan kesenian daerah masing-masing.

"Parade juga diikuti oleh perwakilan peserta dari luar Bali. Ada pula pameran dari Papua, komunitas dari Sunda Kecil serta perwakilan dari Konjen Jepang dan China," tambah Beratha.

Pesta Kesenian Bali akan berlangsung sekitar 2 jam. Rute peserta akan mengelilingi jalan di kawasan Bajra Sandi Renon Denpasar. "Semua kontingen ada 18 termasuk penari dan penabuh dari kampus ISI Denpasar (yang membawakan tarian api). Keseluruhan untuk pawai pembukaan ini sekitar 1.000 seniman," terang Beratha.

Selain membuka PKB, Presiden Jokowi akan melakukan sosialisasi peluncuran aturan baru tentang pajak UMKM. Aturan tersebut sebelumnya diluncurkan di Surabaya. Di mana, pemerintah memberlakukan tarif PPh final menjadi 0,5 persen dari sebelumnya 1 persen. Aturan ini juga berlaku pada 1 Juli 2018.

Jokowi juga dijadwalkan akan memberikan kuliah umum di Institut Seni Indonesia (ISI) Denpasar.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, PKB ini sudah sangat konsisten. buktinya sudah digelar ke-40 dan wajib diekspose di seluruh media maupun sosial media.

"Kemasannya harus berkelas dunia. Pak Presiden Jokowi saja datang untuk kedua kalinya. Ini bukti PKB memberikan kesan oke ke Presiden,” kata Menpar Arief Yahya.

Menpar Arief Yahya mengungkapkan, kekuatan Bali adalah budaya. Kedatangan wisatawan mancanegara ke Bali sebagian besar karena faktor budaya. Pesta Kesenian Bali ini adalah aktivitas untuk merawat dan menjaga asset budaya Bali.

“Karena itu, PKB menjadi momentum yang sangat strategis,” kata Menpar Arief Yahya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…