Sinergi Dua Pengembang Nasional Bangun Little Tokyo di Cikarang

Oleh : Arya Mandala | Sabtu, 23 Juni 2018 - 15:30 WIB

Little Tokyo Jababeka
Little Tokyo Jababeka

INDUSTRY.co.id - Cikarang, Kawasan kota mandiri Jababeka di Cikarang, Bekasi Jawa Barat telah berkembang menjadi sebuah kawasan yang terintegrasi. 

Dimotori oleh kawasan industri yang ikut berperan serta menggerakkan perekonomian daerah, kawasan ini menawarkan daya tarik bagi para pengembang untuk ikut berinovasi dan menciptakan hunian pendukung yang berkelas, seperti Little Tokyo.

Sinergi di kota mandiri Jababeka saat ini tengah dijalin antara dua pengembang properti Tanah Air, PT PP Properti Tbk dan PT Jababeka Tbk. 

Seperti diketahui,  PT PP Properti Tbk merupakan anak perusahaan BUMN  PT PP (Persero) Tbk yang berdiri pada Desember Tahun 2013 dengan track record yang sudah dimulai sejak tahun 1991. 

Perusahaan berkode PPRO di lantai bursa ini, hingga tahun 2017  telah mengembangkan lebih dari 30 proyek residensial, komersial dan hospitality. 

Sementara  PT Jababeka Tbk (KIJA) sudah dikenal sebagai adalah pelopor pengembang kawasan industri terpadu di Cikarang, yang mengembangkan kota industri ramah lingkungan dan terlengkap di Indonesia. 

Lewat badan usaha  PT PP Properti Jababeka Residence yang dibentuk keduanya, kedua perseroan melihat adanya peluang untuk mengembangkan  hunian vertikal terpadu di atas lahan seluas 4,6 hektare  di jantung Kota Jababeka, Cikarang. 

Dengan nama  Little Tokyo, kawasan hunian nantinya akan menjadi kawasan  berkelas internasional dengan fasilitas yang memadai. 

Sesuai dengan namanya “Little Tokyo”, kawasan ini  memiliki konsep pengembangan berstandar Jepang dengan teknologi terbaru dan Eco City Smart Home System. 

Ke depan, Little Tokyo akan menjadi apartemen superblock pertama di Timur Jakarta yang menerapkan teknologi Smart Living. 

Di kawasan hunian ini penghuni dapat menggunakan aplikasi smartphone untuk mengatur kondisi tempat tinggalnya dari luar, mulai dari pencahayaan ruangan, suh, sistem alarm hingga video CCTV. 

Selain teknologi Smart Living, penghuni Little Tokyo dapat menikmati kemewahan fasilitas premium lainnya seperti Sunset Garden Sky Dining, Giant Giga Wi-Fi, Japanese Central Garden, Japanese Mall, Shuttle Bus Feeder, Swimming Pool, Jacuzzi dan masih banyak fasilitas yang terintegrasi dalam kawasan.

Salah satu fitur utama Little Tokyo adalah “Japanese Central Garden”, yang dibuat sebagai penyeimbang mood penghuninya, terutama bagi penghuni yang juga bekerja di Kawasan Industri Jababeka yang memiliki mobilitas cukup tinggi. 

Sadar akan hal ini, Little Tokyo menyediakan area hijau yang dapat memberikan udara segar dan nuansa alami. 

Ruang terbuka hijau ini akan dilengkapi dengan tanaman dan area untuk bersosialisasi, sehingga Japanese Central Garden dapat menjadi sarana rekreasi yang tepat bagi penghuninya. 

Little Tokyo juga akan menyiapkan fasilitas gaya hidup berupa Japanese Mall seluas 22.000m2. 

Dalam Japanese Mall akan terdapat bioskop, playground, kuliner lokal dan Jepang, serta festival kebudayaan Jepang yang akan diadakan secara rutin setiap tahun. 

Pada tahap awal, Little Tokyo mulai mengembangkan dan memasarkan Shibuya Tower yang terdiri dari 25 lantai. 

Agar penghuni merasa nyaman, desain interior dirancang tidak hanya untuk memberikan kesan mewah, tetapi juga suasana “rumah” di dalamnya dengan aksen kayu yang dominan. 

Terdapat 3 tipe unit yang dipasarkan di Shibuya Tower Little Tokyo, yaitu 1 Bedroom Deluxe ukuran 30m2 yang cocok eksekutif muda dan mahasiswa, 1 Bedroom Suite ukuran 40m2 yang cocok untuk pengusaha dan ekspatriat, serta 2 Bedroom Suite ukuran 55m2 yang cocok untuk keluarga muda dan pensiunan. 

Unit Shibuya Tower Little Tokyo dipasarkan dengan harga mulai dari Rp500 jutaan.

Little Tokyo akan didesain oleh perusahaan desain Tange Associates, yang dinakhodai Kenzo Tange. 

Nama yang satu ini telah  dikenal luas memiliki ciri yang khas  perpaduan arsitektur tradisional Jepang dan  Barat yang modern berupa keindahan bentuk, fungsi ekonomis, fungsi ruang dan sistem struktur. 

Tange Associates disebutkan merancang fasad Little Tokyo dengan konsep Chigai Dana yang ditambah dengan fungsi sun shading untuk mereduksi cahaya matahari.

Disampaikan  Taufik Hidayat, Direktur Utama PT PP Properti Tbk,  Kota Jababeka merupakan kota mandiri yang telah matang dengan kawasan industri yang terus berkembang, dan dapat dilalui  tiga Akses tol utama. 

”Seiring terus berkembangnya kawasan industri Jababeka, PP Properti Jababeka Residence hadir berupaya memenuhi kebutuhan tempat tinggal dengan harga yang terjangkau bagi pekerja di kawasan industri maupun masyarakat Cikarang dan sekitarnya,” kata Taufik di Jakarta. 

Senada dengan Taufik, Sutedja Direktur KIJA juga menyampaikan, gencarnya pembangunan infrastruktur dan fasilitas di dalam dan di luar kawasan membuat Kota Jababeka menjadi tujuan utama investor properti saat ini. 

“Terlebih, Kota Jababeka menawarkan capital gain dan rental yield hingga 12% per tahunnya.  

Kami bangga bahwa investor dan pengembang nasional seperti PPRO percaya pada potensi yang dimiliki Kota Jababeka dan bekerja sama dengan kami untuk mengembangkan Little Tokyo,” kata Sutedja.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama  Harris Amin Singgih, Direktur Utama PP Properti Jababeka Residence mengemukakan bahwa pihaknya  menyasar pangsa pasar para pekerja asing maupun lokal  di dalam Kawasan Industri Jababeka, termasuk kalangan mahasiswa President University.  

“Little Tokyo akan menjadi hunian yang nyaman dan lengkap dan memiliki nilai investasi yang tinggi. 

Selain itu Little Tokyo Jababeka bisa menjadi alternatif hunian untuk generasi milenial saat ini yang mulai mencari tempat tinggal di sub urban Jakarta,” kata Harris. 

Dalam rangka mensosialisasikan Little Tokyo kepada para agen property dan investor, PT PP Properti Jababeka Residen menggandeng 7 Master Franchise Property Agent yaitu ERA, Century21, Ray White, LJ Hooker, Harcourts, REMAX dan PROMEX. 

Pada 10 April 2018 lalu, CEO Tange Associates, Paul Tange, memberikan pemaparan mengenai keunikan desain Little Tokyo kepada para agen property dalam acara Gala Dinner Principal Gathering. 

Sebagai kelanjutannya, pada Kamis 19 April 2018 lalu  pengembang kembali mengadakan acara Grand Product Knowledge “Meet & Learn From The Masters” di The Hall Senayan City dengan mengundang Chairman & Founder Jababeka Group, SD Darmono dan The Master Motivator Darmadi Darmawangsa sebagai Pembicara Utama. 

Dalam acara tersebut disiapkan pula periode promosi yang bekerja sama dengan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). 

Para konsumen dapat memanfaatkan periode promo cara bayar “Angsuran DP mulai dari Rp.2,2 Jutaan per bulan” atau promo  “Bayar Booking Fee langsung proses KPA” serta promo cara bayar  lainnya untuk unit-unit terbatas.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…