Festival Bakar Tongkang Siap Gelar Bakti Sosial Untuk Masyarakat

Oleh : Chodijah Febriyani | Sabtu, 23 Juni 2018 - 10:00 WIB

Festival Bakar Tongkang, di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau (Foto:thepresidentpost)
Festival Bakar Tongkang, di Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau (Foto:thepresidentpost)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Salah satu tradisi masyarakat Cina yakni Festival Bakar Tongkang akan diselenggarakan pada tanggal 28 hingga 30 Juni 2018 mendatang. Festival ini akan dilaksanakan di Bagansiapiapi, Riau Selain festival, masyarakat juga siap memperlihatkan kepeduliannya terhadap sesama yakni, sisi sosial  event ini digelar lewat Bakti Sosial Event Bakar Tongkang 2018.

“Bakti Sosial jadi cara terbaik sebagai tanda dimulainya Festival Bakar Tongkang,” ujar Menteri Pariwisata, Arief Yahya dikutip dari facebook Kemenpar, Jakarta, Sabtu (23/6/2018).

Bakti Sosial Event Bakar Tongkang 2018 dibagi menjadi dua sesi. Yang pertama digulirkan 23-24 Juni. Agendanya Sunat Massal 500 anak-anak juga Pemeriksaan Gigi dan THT Gratis bagi 500 pasien. Dua acara ini akan digelar di Perguruan Setia Budi, Jl. Merdeka, Bagansiapiapi. Mulai pukul 08.00 WIB hingga selesai.

Menpar menambahkan, Festival Bakar Tongkang telah memberikan inspirasinya dengan beragam aksi sosial.

“Agenda pra-event ini sangat bagus, apalagi konsepnya sosial. Sebab, event ini harus dipanaskan sejak awal. Dengan konsep sosial, tentu akan memberikan inspirasi bagi publik. Apalagi, Festival Bakar Tongkang ini levelnya sudah dunia,” terang Menpar.

Bakti Sosial Event Bakar Tongkang 2018 akan kembali digelar 1-3 Juli. Program Operasi Katarak Gratis juga diberikan bagi publik. Slot yang diberikan sekitar 200 mata. Program sosial ini rencananya digelar di RSUD Pratomo, Bagansiapiapi, mulai pukul 09.00 WIB. Sejak Selasa lalu, penyelenggara mulai melakukan pendataan masyarakat yang menderita katarak.

Pendataan para penderita katarak ini dilakukan di delapan wilayah di Bagansiapiapi. Teknis pendataan diantaranya melibatkan Puskesmas setempat. Daerahnya meliput Kecamatan Bagan Senembah, Bangko, Bangko Pusako, Pujud, dan Tanah Putih. Ada juga Kecamatan Sinaboi, Panipahan, juga Pulau Halang. Rangkaian agenda sosial ini melibatkan 60 tenaga medis, seperti dokter, perawat, admin, dan relawan.

“Pesona Festival Bakar Tongkang ini memang sangat kuat. Kegembiraan lebih diberikan melalui ragam aksi sosial kesehatan. Belum lagi, festival ini menyelipkan berbagai program peduli lainnya. Yang jelas, kami memberikan apresiasi atas pelaksanaan agenda Bakti Sosial Event Bakar Tongkang,” tuturnya.

Rangkaian festival ini memang menyelipkan aksi peduli lain, yaitu pemberian sembako. Agenda ini pun dilakukan sepekan jelang Festival Bakar Tongkang 2018. Bakti Sosial Event Bakar Tongkang 2018 ini diinisiasi oleh Lions Club Bintang Mulia Bagan Batu Rokan Hilir, Lions Club Medan, serta Himpunan Persaudaraan Tionghoa Rokan Hilir.

“Kami ingin Festival Bakar Tongkang 2018 menjadi lebih berwarna dan meriah. Program Sunat Massal, pemeriksanaan kesehatan, pengobatan katarak, juga pembagian sembako sengaja dipilih. Sebab, ini bisa langsung menyentuh masyarakat. Layanan ini diberikan terbaik karena melibatkan tenaga medis yang berkualitas,” kata Presiden Lion Club Bintang Mulia Bagan Batu Rokan Hilir Siswaja Muljadi

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:27 WIB

Bank DKI Raih Penghargaan Indonesia Best 50 CEO 2024

Jakarta – Bank DKI kembali meraih apresiasi dari lembaga independen, kali ini dari media The Iconomics sebagai Indonesia Best 50 CEO pada Kategori Bank Daerah, yang diserahkan langsung pada…

Studi Klinis SANOIN dan P&G Health atasi anemia.

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:06 WIB

SANOIN dan P&G Health Lakukan Studi Klinis Atasi Anemia

Beberapa temuan dari studi klinis SANOIN terbaru yang didukung P&G Health dan dilakukan oleh para pakar kesehatan terkemuka, menunjukkan efikasi dari suplementasi zat besi dengan Sangobion

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Indonesia FM Venusiana R. bersama Kepala LKPP Hendar Prihadi

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:48 WIB

Sistem E-Katalog Versi 6.0 LKPP Resmi Meluncur, Lebih Responsif, Bisa Lacak Pengiriman dan Pembayaran

Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) luncurkan Katalog Elektronik Versi 6 pada Kamis (28/3) di Jakarta. Inovasi terbaru yang dibangun untuk meningkatkan performa sistem…

Tupperware luncurkan 3 Produk Baru, One Touch Fresh Rectangular, Supersonic Chopper Tall dan Black Series.

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:47 WIB

Tupperware Luncurkan 3 Produk Baru Untuk Meriahkan Ramadan

Sebagai Premium Housewares Solutions nomor 1 di Indonesia, Tupperware kembali menghadirkan produk terbaru untuk menemani keluarga Indonesia menyambut Ramadan di tahun ini.

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:45 WIB

Berkolaborasi Wujudkan Mudik Sehat dan Aman

Jakarta - Koordinasi dan kolaborasi lintas sektoral serta sosialisasi kebijakan yang masif menjadi kunci keberhasilan mudik sehat dan aman. Hal ini penting dilakukan mengingat jumlah pemudik…