Kuliner Tradisional Masih Eksis di Jakarta Fair

Oleh : Dina Astria | Jumat, 22 Juni 2018 - 15:40 WIB

Kerak Telor di Setu Babakan (Foto: Ismyama.com)
Kerak Telor di Setu Babakan (Foto: Ismyama.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Seiring dengan zaman yang terus berkembang, tren kuliner pun kini mulai bergeser yang membuat bermunculannya berbagai jenis makanan kekinian. Di tengah menjamurnya hidangan kekinian ini, Jakarta Fair pun tidak ingin serta merta meninggalkan kuliner tradisional khas Nusantara. Di Jakarta Fair, berbagai jenis kuliner tradisional tersebar di seluruh area pameran.

Salah satu hidangan kuliner yang selalu menjadi idola ketika Jakarta Fair muncul setiap tahunnya, adalah kerak telor. Makanan asli dari Betawi yang dibuat dari beras ketan putih, telur, ebi dan campuran rempah-rempah lainnya ini memang begitu melekat dengan perhelatan Jakarta Fair.

Hidangan ini bisa pengunjung temukan, yang tersebar di area open space Jakarta Fair. Dengan harga mulai dari Rp 20 ribu untuk telor ayam dan Rp 25 ribu untuk telor bebek, pengunjung sudah bisa kembali bernostalgia dengan kerak telor yang kini sudah mulai sulit ditemukan di pasaran.

Tak hanya kerak telor, berbagai hidangan betawi lainnya pun kembali eksis di Jakarta Fair. Beberapa diantaranya seperti toge goreng, es selendang mayang, dodol betawi hingga minuman menyegarkan bir pletok. Semua hidangan ini bisa dinikmati dalam satu area khusus yaitu Kampung Betawi yang terletak di area Gambir Expo.

Selain hidangan Betawi, Jakarta Fair juga memberikan ruang untuk makanan tradisional dari belahan Nusantara lainnya untuk unjuk gigi. Salah satu hidangan dari Cirebon misalnya, yaitu tahu gejrot dengan sensasi pedasnya yang khas. Satu porsi tahu gejrot di Jakarta Fair, dijual hanya dengan Rp 15 ribu.

Ada juga lumpia khas Semarang milik Ny.Yoen yang mejeng di area open space dekat Hall C. Sementara untuk bakpia pathok yang merupakan oleh-oleh khas Jogja, bisa ditemui di area open space yang berdekatan dengan Hall D. Bakpia pathok yang sudah meleganda ini, menawarkan berbagai rasa khasnya mulai dari kacang ijo, coklat dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Sate Padang pun semakin eksis di Jakarta Fair. Hidangan sate berbahan dasar daging dan lidah sapi ini seringkali menjadi pilihan santap malam pengunjung. Berbagai pilihan menu makanan berat lainnya pun, bisa ditemukan di Kampung Kuliner Bali yang menawarkan beragam hidangan tradisional khas Bali. Beberapa diantaranya seperti Nasi Pedas, Sate Lilit, hingga Nasi Bebek.

Jakarta Fair kini telah memasuki pekannya yang ke-empat. Setelah melewati masa libur lebaran, jadwal pameran pun akan kembali normal. Setiap harinya, Jakarta Fair Kemayoran akan dibuka mulai pukul 15.30 WIB pada hari Senin hingga Jumat. Sementara itu untuk akhir pekan dan hari libur nasional, Jakarta Fair akan mulai dibuka pada pukul 10.00 WIB.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pengurus Cabang Persatuan Squash Indonesia DKI Jakarta masa bakti 2018-2022

Kamis, 17 Januari 2019 - 18:22 WIB

Amalia Berambisi Bawa Atlet Squash DKI Jakarta Juara

Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Squash Indonesia (PB PSI), Alfitra Salamm hari ini Kamis (17/1/2019) resmi melantik Pengurus Provinsi dan Pengurus Cabang Persatuan Squash Indonesia DKI Jakarta…

PT Asuransi Jiwasraya (Foto Industry.co.id)

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:14 WIB

Terkait Produk JS Saving Plan, Pemegang Polis Jiwasraya Berharap Solusi dari OJK

Para pemegang polis Jiwasraya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dapat membuat keputusan maupun solusi terhadap penundaan pembayaran produk JS Saving Plan. Pasalnya, OJK yang memberikan izin…

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:11 WIB

Commonwealth Bank Luncurkan Aplikasi CommBank SmartWealth Dengan FiturRobo Advisory

Bank Commonwealth meluncurkan CommBank SmartWealth, aplikasiwealth managementkomprehensifpertama di Indonesiadengan fiturrobo-advisoryyang dapat membantu nasabah mengoptimalkan investasi mereka…

Menteri ESDM Ignasius Jonan meninjau Pembangungan Jaringan Gas

Kamis, 17 Januari 2019 - 17:04 WIB

Pemerintah Siapkan Anggaran Rp 799 Miliar Bangun Jargas di 17 Kabupaten

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sambungan rumah tangga di 17 kabupaten dan kota untuk tahun anggaran 2019. Total estimasi biaya…

TIBCO dan XL Axiata

Kamis, 17 Januari 2019 - 16:46 WIB

TIBCO Gandeng XL Axiata Dukung Proyek Data Science

TIBCO Software Inc., pemimpin global di bidang integrasi, manajemen API, dan analitik, bersama dengan XL Axiata, operator layanan telekomunikasi seluler terkemuka di Indonesia mengumumkan aliansi…