Kuliner Tradisional Masih Eksis di Jakarta Fair

Oleh : Dina Astria | Jumat, 22 Juni 2018 - 15:40 WIB

Kerak Telor di Setu Babakan (Foto: Ismyama.com)
Kerak Telor di Setu Babakan (Foto: Ismyama.com)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Seiring dengan zaman yang terus berkembang, tren kuliner pun kini mulai bergeser yang membuat bermunculannya berbagai jenis makanan kekinian. Di tengah menjamurnya hidangan kekinian ini, Jakarta Fair pun tidak ingin serta merta meninggalkan kuliner tradisional khas Nusantara. Di Jakarta Fair, berbagai jenis kuliner tradisional tersebar di seluruh area pameran.

Salah satu hidangan kuliner yang selalu menjadi idola ketika Jakarta Fair muncul setiap tahunnya, adalah kerak telor. Makanan asli dari Betawi yang dibuat dari beras ketan putih, telur, ebi dan campuran rempah-rempah lainnya ini memang begitu melekat dengan perhelatan Jakarta Fair.

Hidangan ini bisa pengunjung temukan, yang tersebar di area open space Jakarta Fair. Dengan harga mulai dari Rp 20 ribu untuk telor ayam dan Rp 25 ribu untuk telor bebek, pengunjung sudah bisa kembali bernostalgia dengan kerak telor yang kini sudah mulai sulit ditemukan di pasaran.

Tak hanya kerak telor, berbagai hidangan betawi lainnya pun kembali eksis di Jakarta Fair. Beberapa diantaranya seperti toge goreng, es selendang mayang, dodol betawi hingga minuman menyegarkan bir pletok. Semua hidangan ini bisa dinikmati dalam satu area khusus yaitu Kampung Betawi yang terletak di area Gambir Expo.

Selain hidangan Betawi, Jakarta Fair juga memberikan ruang untuk makanan tradisional dari belahan Nusantara lainnya untuk unjuk gigi. Salah satu hidangan dari Cirebon misalnya, yaitu tahu gejrot dengan sensasi pedasnya yang khas. Satu porsi tahu gejrot di Jakarta Fair, dijual hanya dengan Rp 15 ribu.

Ada juga lumpia khas Semarang milik Ny.Yoen yang mejeng di area open space dekat Hall C. Sementara untuk bakpia pathok yang merupakan oleh-oleh khas Jogja, bisa ditemui di area open space yang berdekatan dengan Hall D. Bakpia pathok yang sudah meleganda ini, menawarkan berbagai rasa khasnya mulai dari kacang ijo, coklat dan masih banyak lagi.

Sementara itu, Sate Padang pun semakin eksis di Jakarta Fair. Hidangan sate berbahan dasar daging dan lidah sapi ini seringkali menjadi pilihan santap malam pengunjung. Berbagai pilihan menu makanan berat lainnya pun, bisa ditemukan di Kampung Kuliner Bali yang menawarkan beragam hidangan tradisional khas Bali. Beberapa diantaranya seperti Nasi Pedas, Sate Lilit, hingga Nasi Bebek.

Jakarta Fair kini telah memasuki pekannya yang ke-empat. Setelah melewati masa libur lebaran, jadwal pameran pun akan kembali normal. Setiap harinya, Jakarta Fair Kemayoran akan dibuka mulai pukul 15.30 WIB pada hari Senin hingga Jumat. Sementara itu untuk akhir pekan dan hari libur nasional, Jakarta Fair akan mulai dibuka pada pukul 10.00 WIB.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kementan dan teknologi iradiator

Sabtu, 22 September 2018 - 17:46 WIB

Kementan Manfaatkan Teknologi Iradiator Gamma Untuk Dorong Ekspor Buah Segar

INDUSTRY.co.id -

Tangerang Selatan - Indonesia sebagai negara tropis mempunyai varian buah cukup tinggi. Setiap daerah di tanah air memiliki produk unggulan dan sudah…

Indonesia Properti Expo 2018

Sabtu, 22 September 2018 - 17:15 WIB

Resmi Dibuka, BTN Tawarkan KPR Zero di Ajang IPEX 2018

PT Bank Tabungan Negara Tbk kembali menyelenggarakan Indonesia Property Expo (IPEX) 2018. Dalam event tersebut, BTN memberikan kemudahan kepada masyarakat dengan tingkat bunga flat 6,5% selama…

Mentan Amran

Sabtu, 22 September 2018 - 14:46 WIB

Mentan Optimistis Indonesia Bisa Miliki Balai Pelatihan Terbaik di Dunia

INDUSTRY.co.id -

Lembang - Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman melakukan kunjungan kerja ke Balai Besar Pelatihan Pertanian (BBPP) Lembang, pada Kamis (21/9) kemarin.…

Mentan Andi Amran Sulaiman, Menteri BUUMN Rini Soemarno, Menteri Desa PDT (Foto Humas)

Sabtu, 22 September 2018 - 14:37 WIB

Jaga Baik Produksi Pertanian, Kinerja Mentan Amran Diminta Jangan Diganggu

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah menunjukkan kerja maksimal dalam menjaga stok ketersediaan pangan. Produksi di sektor…

Kepala (BPPSDMP) Kementan Momon Rusmono

Sabtu, 22 September 2018 - 14:32 WIB

Kementan Tegaskan Komitmen Sejahterakan Petani di Rembug Utama Kelompok KTNA

INDUSTRY.co.id -

Pangkal Pinang - Kementerian Pertanian menegaskan komitmennya untuk mendorong produktivitas pangan nasional untuk meningkatkan kesejahteraan petani.…