Pupuk Indonesia Perkenalkan Angklung ke Negeri Sakura

Oleh : Hariyanto | Jumat, 22 Juni 2018 - 11:43 WIB

Pupuk Indonesia Perkenalkan Angklung ke Negeri Sakura
Pupuk Indonesia Perkenalkan Angklung ke Negeri Sakura

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Angklung sebagai bagian dari kebudayaan Indonesia, lahir dari peradaban Sunda dan memiliki nilai filosofi yang sangat tinggi. Angklung mengajarkan manusia tentang pentingnya kerjasama, disiplin, tanggungjawab serta saling menghargai. 

Masyarakat Sunda kuno menggunakan angklung sebagai alat musik dalam kegiatan-kegiatan ritual dan pemujaan. Namun seiring dengan perkembangan jaman, angklung pun mulai populer digunakan dalam berbagai pementasan, terutama setelah Daeng Soetigna mengubah angklung dari alat musik pentatonic menjadi instrument diatonik sehingga dapat memainkan notasi musik barat dan modern. 

Tak heran bila banyak sekolah di Indonesia mulai memperkenalkan budaya angklung ini sebagai kegiatan ekstrakurikuler yang cukup digemari generasi muda.

Salah satunya adalah Keluarga Paduan Angklung SMA Negeri 3, Bandung. Sejak didirikan tahun 1980, KPA 3 giat memperkenalkan angklung dalam berbagai event, baik nasional maupun internasional. 

Mereka pernah tampil sebagai juara dalam berbagai festival, serta turut mengharumkan nama Indonesia di berbagai ajang festival di luar negeri, mulai dari Polandia, Republik Czech, Austria dan juga Jepang. Mereka juga kerap menggelar konser-konser dalam rangka mempopulerkan angklung di mancanegara.  

Dalam rangka 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia – Jepang, PT Pupuk Indonesia (Persero), turut membawa misi untuk lebih mempopulerkan angklung di dunia, khususnya di Jepang dengan memboyong Keluarga Paduan Angklung SMA 3 Bandung ini ke negeri Sakura. 

Hal ini merupakan wujud kepedulian Perusahaan terhadap pelestarian warisan budaya tanah air, sekaligus menjalankan misi mengharumkan budaya Indonesia di kancah internasional serta memenuhi undangan Kedutaan Besar RI di Jepang. 

Kelompok Angklung ini bertolak ke Jepang mulai tanggal 20 Juni 2018. Selama di Jepang, KPA 3 akan menggelar sejumlah pertunjukan di hadapan masyarakat Jepang. Penampilan pertama akan dilakukan di event Peringatan 60 Tahun Hubungan Diplomatik Indonesia-Jepang yang akan dilangsungkan di Ebisu Garden Place, Tokyo. 

Di ajang ini KPA 3 akan menjadi salah satu performer dengan menampilkan lagu-lagu tradisional nusantara, lagu populer serta lagu tradisional Jepang. Dari Tokyo, KPA kemudian akan mengunjungi Kota Wakayama untuk menggelar mini concert yang sudah disiapkan KBRI Tokyo dan KJRI Osaka.  

Direktur SDM dan Tata Kelola Pupuk  Indonesia, Winardi, mengungkapkan bahwa pengiriman delegasi budaya ke Jepang ini merupakan salah satu bentuk dukungan Perusahaan terhadap upaya promosi budaya Indonesia ke mancanegara. 

“Selain memenuhi undangan dari KBRI Jepang, melalui pengiriman angklung ini kami berharap dapat makin memperkenalkan angklung kepada masyarakat Jepang. Disamping itu juga tentunya untuk mempererat persahabatan kedua Negara, ditambah lagi kami selaku produsen pupuk juga memiliki hubungan baik dengan perusahaan-perusahaan Jepang”, demikian menurut Winardi. 

Perjanjian Perdamaian Jepang-Indonesia ditandatangani pada tanggal 20 Januari 1958 sebagai tanda dijalinnya hubungan diplomatik. Sebagai "mitra strategis", kedua negara selalu memperkuat kerja sama di berbagai bidang, tidak hanya ekonomi dan politik, namun juga sosial dan budaya. 

KBRI Jepang menyelenggarakan perayaan 60 tahun hubungan kerjasama diplomatik Indonesia-Jepang di 20 kota di Jepang dengan waktu sepanjang tahun 2018, tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan awareness masyarakat Jepang tentang pentingnya hubungan kedua negara. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mendag Agus di india

Senin, 24 Februari 2020 - 21:15 WIB

Uber Target Perdagangan sebesar USD 50 miliar, Mendag Sambangi Konfederasi Industri India

Menteri Perdagangan Agus Suparmanto menyampaikan, kolaborasi dengan Konfederasi Industri India (Confederation of India Industry/CII) merupakan salah satu upaya mencapai target perdagangan yang…

BCA Expoversary 2020 BSD

Senin, 24 Februari 2020 - 21:00 WIB

BCA Expoversary 2020 Dikunjungi Lebih 50.00 Pengunjung

Perhelatan BCA Expoversary 2020 yang digelar dalam rangka merayakan HUT BCA yang ke-63 sukses dipadati oleh lebih dari 50.000 pengunjung selama tiga hari, yakni dari tanggal 21 Februari hingga…

DMMX’s signage yang terpasang pada kafe yang terletak di dalam minimarket di Jakarta

Senin, 24 Februari 2020 - 20:56 WIB

Digital Mediatama Maxima - DMMX, Fokus Mewujudkan Pertumbuhan Bisnis

Bisnis utama dilengkapi pertumbuhan strategis Sekitar 1.600 layar year-to-date Pada 21 Februari tahun ini, bisnis cloud advertising DMMX berhasil memperluas jangkauannya ke 6.800++ lokasi, 49%…

Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian bersama Susanto, Direktur Nasional Habitat for Humanity Indonesia

Senin, 24 Februari 2020 - 20:54 WIB

Amar Bank Bangun 20 Rumah Layak Huni Untuk Warga Desa Babakan Madang

Melalui kegiatan CSR ini, Amar Bank dan Yayasan Habitat melakukan pembangunan 20 rumah layak huni untuk membantu lebih dari 80 warga bersama lebih dari 300 karyawan Amar Bank di Kecamatan Babakan…

Menkop dan UKM Teten Masduki bersama Staf Khusus Presiden Putri Tanjung saat berdialog dengan sejumlah pengurus Koperasi, di Desa Wisata Candirejo, Borobudur

Senin, 24 Februari 2020 - 20:31 WIB

Menkop dan UKM Ajak Pengurus Koperasi Kembangkan Wisata Super Prioritas

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyatakan, dirinya ditugaskan Presiden Joko Widodo untuk membantu mengembangkan pariwisata super prioritas di Indonesia. Salah satunya adalah Borobudur…