Permudah Penumpang, Bandara Soetta Sediakan 1.000 Fasilitas Parkir Inap

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 21 Juni 2018 - 11:15 WIB

Terminal 3 bandara Soekarno Hatta (Foto Ist)
Terminal 3 bandara Soekarno Hatta (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Guna memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen, pihak Bandara Internasional Soekarno Hatta menyediakan fasilitas transit oriented development (TOD) serta parkir inap untuk memudahkan para penumpang, adapun fasilitas parkir inap ini mencapai 1.000 kendaraan.

TOD merupakan sebuah kawasan yang dipersiapkan untuk memindahkan penumpang yang menggunakan kendaraan pribadi menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta.

“Adapun transportasi yang disiapkan adalah armada bus yang menghubungkan TOD menuju Terminal 1, 2, dan 3 serta menuju Stasiun Kereta Bandara dan perkantoran di kawasan Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Fasilitas bus yang disediakan juga tidak dipungut biaya alias gratis,” papar Executive General Manager Bandara Soekarno-Hatta PT Angkasa Pura II Suriawan Wakan dikutip beritatrans, Kamis (21/6/2018).

Gedung TOD yang berdiri di atas lahan seluas 4.600 m2 ini kedepannya akan dilakukan perluasan lahan menjadi 6.100 m2. Langkah ini perlu diambil guna mengantisipasi meningkatnya jumlah kendaraan bermotor yang akan parkir di TOD.

“Hingga saat ini, lahan parkir secara keseluruhan diperuntukkan bagi kendaraan bermotor roda dua. Nantinya setelah dilakukan pengembangan, diharapkan TOD mampu menyediakan 7.500 parkir kendaraan roda dua dan 192 parkir mobil. Nantinya fasilitas parkir akan menggunakan sistem knock down 4 tingkat,” ungkapnya.

TOD yang dibangun, terdiri dari gedung tiga lantai serta lahan parkir kendaraan bermotor. Sejak dioperasikan pada Februari 2018, animo masyarakat dalam memanfaatkan fasilitas ini terus meningkat. Angkasa Pura II selaku pengelola TOD mempersiapkan 4.100 lahan parkir untuk kendaran roda dua. Hingga saat ini tercatat produksi parkir kendaraan roda dua (keluar dan masuk) per hari mencapai 8.124 kendaraan. Secara keseluruhan, TOD telah dipersiapkan untuk mampu menampung 6.000 kendaraan roda dua.

Sedangkan untuk layanan parkir inap, disediakan sejumlah lokasi bagi para pengguna jasa fasilitas parkir inap.

Adapun titik-titik Parkir Inap di Bandara Soekarno-Hatta sebagai berikut:

1. Parkir Inap 1 Timur berlokasi di samping Tower LPPNPI, kapasitas 488 lot;

2. Parkir Inap 2 Barat berlokasi di depan Stasiun Kereta Bandara, kapasitas 347 lot;

3. Parkir Inap Tambahan T2 berlokasi di dekat parkir musholla, kapasitas parkir 162 lot; dan

4. Parkir Inap Tambahan T1 berlokasi di ex Pangkalan Damri, kapasitas 80 lot.

“Dengan total lahan parkir sebanyak 1.077 lot dan waktu operasional parkir 24 jam, para penumpang tidak perlu khawatir akan ketersediaan lot parkir, dimana kami juga menyediakan Layanan Online Reservation Parkir Inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta yang memudahkan pengguna jasa dalam memesan parkir inap sebelum tiba di Bandara Internasional Soekarno-Hatta,” urai dia.

Sistem reservasi parkir inap secara online dapat digunakan melalui aplikasi dalam versi android yaitu “Parkir Inap Angkasa Pura II” yang dapat diunduh melalui Google Play yang kemudian akan tersedia untuk versi iOS di Apple Store.

“Kami terus meningkatkan pelayanan terhadap masyarakat dari segala sudut, terutama dalam peak season Idul Fitri kali ini. Penumpang tidak perlu lagi khawatir tidak mendapat lahan parkir, cukup gunakan aplikasi yang telah kami sediakan untuk melakukan online reservation,” tutur Wakan.

Tarif parkir inap Bandara Internasional Soekarno-Hatta adalah Rp30.000 untuk 4 jam pertama, lalu kemudian berikutnya akan dikenakan tarif progresif untuk penambahan jam parkir setiap 1 jam yaitu sebesar Rp6.000 dengan mekanisme sistem pembayaran melalui E-payment yang sudah dapat dilakukan pada sejumlah bank seperti Bank Mandiri, BNI, BRI dan BCA.

Pengembangan aplikasi layanan parkir inap pada fase berikutnya akan diintegrasikan dengan aplikasi Indonesia Airports Apps dan akan dilengkapi dengan sejumlah penambahan fungsi antara lain full book via mobile apps dan parking’s sensor yang memungkinkan pengguna jasa untuk memilih posisi lot parkir saat melakukan reservasi di smartphone.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…