Taklukan Mesir, Rusia Lolos Babak 16 Besar Piala Dunia 2018

Oleh : Ahmad Fadli | Kamis, 21 Juni 2018 - 06:06 WIB

Penyerang Timnas Rusia Artem Dzyuba (kanan) merayakan golnya ke gawang Mesir (Paul ELLIS / AFP)
Penyerang Timnas Rusia Artem Dzyuba (kanan) merayakan golnya ke gawang Mesir (Paul ELLIS / AFP)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Tuan rumah Rusia memperkuat posisi dalam Piala Dunia 2018 yang berhasil lolos pada babak 16 besar, setelah semalam mengalahkan skuad timnas Mesir 3-1. Jika pada pertandingan sebelumnya Rusia membantai Arab Saudi 5-0, maka kali ini Mesir digunduli 3-0. Kehadiran Mohamed Salah di Stadion Saint Petersburg, Rusia, ini ternyata tak mengubah banyak nasib Mesir pada laga kali ini.

Yang menyakitkan, gol pertama Rusia justru terjadi akibat gol bunuh diri kapten tim Mesir, Ahmed Fathi, pada menit ke-47. Tm beruang merah kemudian memperbesar kemenangan mereka dengan gol yang disarangkan Denis Cheryshev pada menit ke-59 dan Artem Dzyuba pada menit ke-62.

Satu-satunya gol balasan Mesir disarangkan Mohamed Salah lewat tendangan penalti pada menit ke-73.

Rusia perkasa

Sejak peluit awal, Rusia langsung menekan pertahanan Mesir dengan umpan-umpan pendek dan menghasilkan peluang gol dari sundulan Sergey Ignashevich yang masih tertuju kepada kiper Mesir Mohamed Elshenawy. Serangan demi serangan dipertontonkan kedua tim yang sama-sama terlihat kesulitan menembus pertahanan lawan.

Kesempatan didapatkan Mesir untuk membuka gol di sia-siakan oleh Mahmoud Hasan Trezeguet dengan tendangan melengkungnya masih tidak terarah ke gawang Rusia.

Mesir berbalik menekan pertahanan lawan dengan umpan dari sisi kiri yang masih bisa disapu oleh kokohnya bek Rusia. Serangan-serangan balik tim Mesir yang efektif membuat Mohamed Salah dan Marwan Mohsen berkali-kali mendapatkan peluang terjadinya gol tapi masih tidak bisa menggetarkan gawang Igor Akinfeev. Hingga babak pertama berakhir tidak ada gol yang terjadi.

Gol bunuh diri

Babak kedua dimulai dengan gol bunuh diri oleh kapten Mesir Ahmed Fathi yang salah mengantisipasi datangnya bola dan masuk ke gawang sendiri. Momentum berpindah ke tim Rusia yang terlihat lebih lepas dalam memulai penyerangan.

Kesalahan kembali diperlihatkan pemain Mesir yang membuat gawangnya harus rela kemasukan gol tambahan berkat tendangan Denis Cheryshev yang lepas dari kawalan di menit ke-59. Tidak lama kemudian, pada menit ke-61 Artem Dzyuba menceploskan gol ke tiga untuk Rusia saat bek Mesir belum siap menerima serangan.

Mesir masih berusaha mengejar ketertinggalannya tapi tendangan Mahmoud Hasan Trezeguet yang tidak terjaga bek Rusia masih bergulir tipis di sisi gawang. Mohamed Salah berhasil memecah kebuntuan Mesir dari titik penalti pada menit ke-73, setelah dilanggar di dalam kotak penalti.

Setelah gol Mohamed Salah, Mesir lebih menekan dan terburu-buru dalam merebut dan menyerang tapi masih kebuntuan dalam mencetak gol. Sedangkan tim Rusia terlihat lebih santai dengan keunggulan dan bermain penguasaan bola. Pertandingan ini berakhir dengan skor 3-1 untuk kemenangan Rusia yang berada di puncak klasemen grup dengan total 6 poin.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019 (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 21:00 WIB

1.500 Peserta Antusias Ikuti BCA Super League Triathlon 2019

PT Bank Central Asia Tbk (BCA) mendukung penuh gelaran Super League Triathlon 2019, ajang unjuk kebugaran melalui olahraga multicabang yang digelar di Pulau Dewata, Bali, pada 23 – 24 Maret…

Presiden Jokowi disaksikan sejumlah pembalap mencoba salah satu motor balap, di halaman Istana Kepresidenan Bogor, Jabar, Senin (11/3) sore. (Foto: Agung/Humas)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 20:00 WIB

Jelang GP 2021, Presiden Jokowi Tingkatkan Pembangunan Jalan-Runway Bandara

Balapan MotoGP akan diselenggarakan di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2021. Jelang ajang kejuaraan dunia balap motor itu, Presiden Joko Widodo mengatakan ada tiga…

Askrindo Peduli

Sabtu, 23 Maret 2019 - 19:22 WIB

Askrindo Peduli Lingkungan Bersama Kelurahan Kwitang

JAKARTA - Dalam rangka memperingati HUT BUMN Bersama, dan HUT PT Askrindo (Persero) yang ke-48 dilaksanakan kegiatan peduli lingkungan bersama di wilayah Kelurahan Kwitang.

kiri-Kanan) Ketua Forwarker–PWKI Edi Hardum, Direktur Pelayanan Advokasi untuk Keadilan dan Perdamaian Indonesia(Padma) Indonesia Gabriel Goa dan Pengamat Ketenagakerjaan dan Jaminan Sosial, Timboel Siregar.

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:32 WIB

Kartu Prakerja, Jurus Jokowi Selamatkan Pengangguran

Ciloto- Program calon Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) mengenai kartu prakerja yang akan diluncurkan jika terpilih kembali menjadi Presiden di pemilihan Presiden 17 April 2019, patut didukung…

IKIMURA GROUP (Industry/foto: Herlambang)

Sabtu, 23 Maret 2019 - 18:20 WIB

Gemilang di Tahun Lalu, PT Ikimura Group Bidik Pertumbuhan Bisnis Hingga 30 Persen di Tahun 2019

Imbas meningkatnya permintaan akan produk komponen otomotif juga dirasakan oleh salah satu perusahaan anak bangsa, PT Ikimura Group yang saat ini mendistribusikan dan memproduksi mettal cutting…