Libur Lebaran IdulFitri 1439 H, Tingkat Hunian Hotel di Bandung Naik Hingga 90 Persen

Oleh : Ridwan | Rabu, 20 Juni 2018 - 14:20 WIB

Hotel (Ilustrasi)
Hotel (Ilustrasi)

INDUSTRY.co.id - Bandung, Libur lebaran IdulFitri 1439 H dihabiskan oleh sebagian masyarakat untuk berlibur khususnya ke Kota Bandung, Jawa Barat.

Tak heran jika tingkat hunian hotel di Kota Kembang tersebut meningkat hingga 90 persen dari total 480 hotel berbagai kelas.

"Kalau okupansi hotel malam lebaran itu masih rata-rata 50% hingga 60%. Tapi sampai hari lebaran pertama boleh dikatakan 90%," ujar Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Jabar Herman Muchtar di Bandung, beberapa waktu lalu.

Menurut Herman, jumlah itu hampir sama dengan okupansi libur Lebaran 2017, namun yang membedakannya, pada tahun ini hari libur terhitung cukup panjang.

"Ada juga yang menyatakan tahun ini tidak sebaik tahun lalu, selama bulan puasa terutama. Tapi bagi hotel yang baru (okupansi) masih normal," katanya.

Dikatakan Herman, masyarakat yang menginap di Kota Bandung pada lebaran kali ini mayoritas merupakan wisatawan lokal yang akan mengunjungi berbagai destinasi di sekitar Bandung Raya terutama yang berasal dari Jakarta.

Meski begitu, dari laporan yang diterima, banyak juga warga asal Kota Bandung yang lebih memilih menginap di hotel dibanding di rumahnya akibat ditinggal mudik oleh pembantu.

Ia berharap tingkat okupansi hotel bisa terus stabil pada libur Lebaran 2018. Hal ini akan berimplikasi pada peningkatan geliat usaha para pemilik hotel.

"Kami berharap hingga tanggal 21 Juni nanti, (okupansi) tetap bertahan di angka 70 persen," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…