Kementerian BUMN Perkirakan Laba Bersih BUMN Karya Mencapai Rp7 Triliun Pada Semester I 2018

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Juni 2018 - 11:50 WIB

PT Adhi Karya Tbk (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
PT Adhi Karya Tbk (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang memperkirakan, laba bersih BUMN karya pada semester I 2018 dapat mencapai Rp7 triliun.

BUMN karya tersebut adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), dan PT PP (Persero) Tbk. 

“Data sampai Mei menunjukkan kinerja keuangan lebih bagus dari kuartal I, dengan capaian laba bersih sekitar Rp5,5 triliun,” ujar Abe, sapaan akrabnya, baru-baru ini. 

Dengan pencapaian laba bersih sampai dengan Mei 2018 sebesar Rp5,5, triliun, ia optimistis laba bersih enam BUMN karya bisa terealisasi sekitar Rp7 triliun hingga akhir Juni tahun ini. 

“Rencana pencapaian tersebut ditopang oleh berbagai proyek yang tengah dikerjakan oleh BUMN karya, seperti jalan tol, dan sebagainya,” kata bekas Wakil Direktur Utama Pertamina (Persero). 

Selain itu, pemerintah tengah mendorong Waskita Karya untuk melepas kepemilikan saham minoritas pada beberapa ruas jalan tol. Hal ini disebabkan banyaknya proyek jalan tol yang tengah dan akan dikerjakan oleh perseroan.

“Supaya proyek yang lain bisa fokus dikerjakannya. Kan, Waskita bukan operator jalan tol,” tutur dia.

Untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol yang tengah dikerjakan, Waskita membutuhkan pendanaan yang besar. Saat ini, perseroan memiliki plafond pinjaman sebesar Rp70 triliun dan baru terserap sekitar Rp40 triliun.

“Tetapi saya tidak setuju mereka ambil plafond kredit menyeluruh kalau covenant-nya sudah lewat,” ujarnya.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Infinix Indonesia

Kamis, 15 November 2018 - 19:08 WIB

Sukses di Penjualan 11.11, Infinix Ungkap Strategi Hadapi Persaingan Smartphone Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta, 15 November 2018 Dalam perayaan Habolnas 11.11 di bulan November lalu, Infinix Indonesia sukses menjual beberapa produk unggulannya dengan…

Dok industry.co.id

Kamis, 15 November 2018 - 17:28 WIB

Jet Commerce Catat Kenaikan Nilai Transaksi 16 Kali Lipat

Jet Commerce, penyedia solusi e-commerce terpadu dan terkemuka di Asia Tenggara mencatat kenaikan nilai transaksi 16 kali lipat

Ilustrasi Reksa Dana (bisnisfranchiseindonesia)

Kamis, 15 November 2018 - 17:14 WIB

Kondisi Pasar Semakin Positif, Reksa Dana Saham jadi Pilihan Tepat untuk Investasi

Kondisi pasar menunjukkan perkembangan positif seiring meredanya isu perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok dan kondisi iklim investasi di tanah air yang semakin kondusif

PT Electronic City Indonesia Tbk hari ini, Kamis (14/11/2018) resmi meluncurkan logo barunya. Acara yang dilangsungkan di Four Point by Sheraton ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bersama rekan media dan influencer.

Kamis, 15 November 2018 - 17:14 WIB

Melalui Logo Baru, Komitmen Electronic City sebagai Pionir Toko Elektronik

PT Electronic City Indonesia Tbk hari ini, Kamis (14/11/2018) resmi meluncurkan logo barunya. Acara yang dilangsungkan di Four Point by Sheraton ini sekaligus menjadi ajang silaturahmi bersama…

Perkebunan sagu

Kamis, 15 November 2018 - 17:12 WIB

Sagu Kendari Siap Melokalkan Industri Pangan Lokal

INDUSTRY.co.id -

Sulawesi Tenggara memiliki potensi tanaman sagu sekitar 12.000 ha dengan luas produksi 6.967 ton. Dari potensi tersebut, yang saat ini sedang difokuskan…