Kementerian BUMN Perkirakan Laba Bersih BUMN Karya Mencapai Rp7 Triliun Pada Semester I 2018

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Juni 2018 - 11:50 WIB

PT Adhi Karya Tbk (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
PT Adhi Karya Tbk (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang memperkirakan, laba bersih BUMN karya pada semester I 2018 dapat mencapai Rp7 triliun.

BUMN karya tersebut adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), dan PT PP (Persero) Tbk. 

“Data sampai Mei menunjukkan kinerja keuangan lebih bagus dari kuartal I, dengan capaian laba bersih sekitar Rp5,5 triliun,” ujar Abe, sapaan akrabnya, baru-baru ini. 

Dengan pencapaian laba bersih sampai dengan Mei 2018 sebesar Rp5,5, triliun, ia optimistis laba bersih enam BUMN karya bisa terealisasi sekitar Rp7 triliun hingga akhir Juni tahun ini. 

“Rencana pencapaian tersebut ditopang oleh berbagai proyek yang tengah dikerjakan oleh BUMN karya, seperti jalan tol, dan sebagainya,” kata bekas Wakil Direktur Utama Pertamina (Persero). 

Selain itu, pemerintah tengah mendorong Waskita Karya untuk melepas kepemilikan saham minoritas pada beberapa ruas jalan tol. Hal ini disebabkan banyaknya proyek jalan tol yang tengah dan akan dikerjakan oleh perseroan.

“Supaya proyek yang lain bisa fokus dikerjakannya. Kan, Waskita bukan operator jalan tol,” tutur dia.

Untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol yang tengah dikerjakan, Waskita membutuhkan pendanaan yang besar. Saat ini, perseroan memiliki plafond pinjaman sebesar Rp70 triliun dan baru terserap sekitar Rp40 triliun.

“Tetapi saya tidak setuju mereka ambil plafond kredit menyeluruh kalau covenant-nya sudah lewat,” ujarnya.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…