Kementerian BUMN Perkirakan Laba Bersih BUMN Karya Mencapai Rp7 Triliun Pada Semester I 2018

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Juni 2018 - 11:50 WIB

PT Adhi Karya Tbk (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)
PT Adhi Karya Tbk (Hariyanto/ INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Deputi Bidang Usaha Konstruksi dan Sarana dan Prasarana Perhubungan (KSPP) Kementerian BUMN Ahmad Bambang memperkirakan, laba bersih BUMN karya pada semester I 2018 dapat mencapai Rp7 triliun.

BUMN karya tersebut adalah PT Jasa Marga (Persero) Tbk, PT Adhi Karya (Persero), PT Wijaya Karya (Persero) Tbk, PT Waskita Karya (Persero) Tbk, PT Hutama Karya (Persero), dan PT PP (Persero) Tbk. 

“Data sampai Mei menunjukkan kinerja keuangan lebih bagus dari kuartal I, dengan capaian laba bersih sekitar Rp5,5 triliun,” ujar Abe, sapaan akrabnya, baru-baru ini. 

Dengan pencapaian laba bersih sampai dengan Mei 2018 sebesar Rp5,5, triliun, ia optimistis laba bersih enam BUMN karya bisa terealisasi sekitar Rp7 triliun hingga akhir Juni tahun ini. 

“Rencana pencapaian tersebut ditopang oleh berbagai proyek yang tengah dikerjakan oleh BUMN karya, seperti jalan tol, dan sebagainya,” kata bekas Wakil Direktur Utama Pertamina (Persero). 

Selain itu, pemerintah tengah mendorong Waskita Karya untuk melepas kepemilikan saham minoritas pada beberapa ruas jalan tol. Hal ini disebabkan banyaknya proyek jalan tol yang tengah dan akan dikerjakan oleh perseroan.

“Supaya proyek yang lain bisa fokus dikerjakannya. Kan, Waskita bukan operator jalan tol,” tutur dia.

Untuk menyelesaikan pembangunan jalan tol yang tengah dikerjakan, Waskita membutuhkan pendanaan yang besar. Saat ini, perseroan memiliki plafond pinjaman sebesar Rp70 triliun dan baru terserap sekitar Rp40 triliun.

“Tetapi saya tidak setuju mereka ambil plafond kredit menyeluruh kalau covenant-nya sudah lewat,” ujarnya.(imq)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).

Dian Sastro dan Mikha Tambayong dalam jumpa pers Torch Relay Asian Games 2018. (Foto: Detik.com)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 15:30 WIB

Ini Deretan Seleb yang Jadi Pembawa Obor Torch Relay Asian Games 2018

Pagelaran Asian Games 2018 tinggal menghitung hari. Pesta olahraga se-Asia ini diselenggarakan pada 18 Agustus hingga 2 September 2018 di Jakarta dan Palembang. Ini menjadi momentum berharga…