Siemens Hadirkan Konsep Kereta Cepat Terbaru di Festival InnoTrans 2018

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Juni 2018 - 11:28 WIB

Konsep kereta cepat Siemens
Konsep kereta cepat Siemens

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Siemens menghadirkan sebuah konsep kereta cepat terbaru di festival InnoTrans 2018, pameran teknologi rel terbesar di dunia. Velaro Novo memperbarui standar efisiensi dan keberlanjutan serta menawarkan kenyamanan dan kemudahan terbaik untuk penumpang. Siemens telah membangun teknologi berkecepatan tinggi ini di berbagai negara.

“Velaro Novo merupakan jawaban kami untuk permintaan global terhadap transportasi berkecepatan tinggi. Kereta dengan teknologi terbaru ini membuka lembaran baru bagi kesuksesan Velaro dengan menawarkan kenyamanan lebih bagi penumpang dan efisiensi biaya terhadap keseluruhan daur hidup kereta," kata CEO dari Divisi Mobilitas Siemens melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (20/6/2018).

"Apa yang kita persembahkan hari ini merupakan hasil dari pengembangan selama lima tahun: sebuah produk yang menawarkan konsumsi energi dan biaya perawatan yang optimal, serta fleksibilitas dan keandalan yang maksimum,” ungkap Soussan.

Dengan kecepatan 300km/jam, kereta cepat ini mampu mengurangi penggunaan energi sebanyak 30 persen dibanding model Velaro sebelumnya, dimana secara rata-rata menghemat 1,375 ton CO2 per tahunnya.

Berkat konstruksi barunya, berat dari kereta berkurang sebanyak 15 persen. Hal ini juga menambah ruang bagi penumpang sebanyak sepuluh persen. Badan dari kendaraan ini dirancang dengan konsep tabung kosong yang mengeliminasi instalasi permanen di dalam kendaran dan memungkinkan pembuatan intererior sesuai dengan keinginan pelanggan.

Opsi konfigurasi seperti ini membuat Velaro Novo semakin termutakhir dan fleksibel, kereta dapat disesuaikan dengan kebutuhan baru dari operator bahkan setelah pengoperasian selama bertahun-tahun. Biaya perawatan juga semakin hemat melalui integrasi pengukuran state-of-art dan teknologi sensor.

Siemens telah menguji berbagai komponen dari kereta cepat baru ini sejak April 2018. Proses uji coba Novo, yang terintegrasi dalam ICE S dan dioperasikan oleh DB Sytstemtechnik, saat ini sedang dijalankan di seluruh wilayah Jerman.

Siemens sebelumnya telah mengembangkan empat generasi Velaro. Kereta cepat ini beroperasi sejak tahun 2000 di Jerman, Belanda, Belgia, Swiss, Spanyol, Perancis, Cina, Rusia, Britania Raya, dan Turki. Armada Velaro menempuh jarak satu juta kilometer per hari. Di Jerman, Velaro dikenal sebagai ICE 3 (seri 407) yang dioperasikan oleh Deutsche Bahn AG.

Siemens memulai pengembangan konsep terbaru dari Velaro Novo sejak tahun 2013 dan akan meluncurkan kereta pertama dari seri ini pada taun 2023. Siemens mempelopori konsep baru ini pada pameran internasional InnoTrans 2018 sebagai bagian dari upaya langkah digitalisasi. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Prudential Life Assurance (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 26 April 2024 - 05:01 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Catatkan Premi Rp22 Triliun

PT Prudential Life Assurance (Prudential Indonesia) dan PT Prudential Sharia Life Assurance (Prudential Syariah) mencatatkan pertumbuhan double digit hingga 15% berdasarkan nilai premi baru…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…