Libur Lebaran, 50. 000 Wisatawan Kunjungi Candi Prambanan

Oleh : Chodijah Febriyani | Rabu, 20 Juni 2018 - 10:00 WIB

Candi Prambanan (Foto Ist)
Candi Prambanan (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Sleman- Puluhan ribu wisatawan tercatat mengunjungi objek wisata peninggalan sejarah budaya, Candi Prambanan, di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, selama libur Lebaran 2018.

"Sampai saat ini Candi Prambanan masih menjadi objek wisata favorit wisatawan selama libur Lebaran, tercatat lebih dari 50 ribu wisatawan berkunjuk sejak hari H hingga H+3 Lebaran," kata Kepala Unit Candi Prambanan, PT Taman Wisata Candi (TWC) Brobudur, Prambanan dan Ratu Boko Aryono, Selasa (19/6/2018)

Menurut dia, puncak kunjungan wisatawan diperkirakan terjadi pada H+3 atau Senin 18 Juni 2018 dengan jumlah pengunjung mencapai 30.400 wisatawan.

"Jika dibandingkan tahun lalu puncak kunjungan wisatawan juga terjadi pada H+3 dengan jumlah wisatawan mencapai sekitar 29.000," katanya.

Ia mengatakan, diperkirakan kunjungan wisatawan ke Candi Prambanan masih akan tinggi hingga H+5 atau Rabu 20 Juni.

"Namun jumlah pengunjung per hari kemungkinan hanya berkisar pada angka 20.000 lebih sedikit," katanya.

Aryono mengatakan, pada libur Lebaran tahun ini pengunjung tercatat pada hari H sebanyak 7.000 lebih wisatawan, kemudian pada H+1 sebanyak 17.000 wisatawan dan pada H+2 sebanyak 27.000 wisatawan.

"Dengan demikian puncak kunjungan wisatawan sudah terjadi pada H+3 kemarin sebanyak 30.000 wisatawan lebih," katanya.

Ia mengatakan, untuk jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) pada libur Lebaran tahun ini masih stabil di angka 350 hingga 400 orang per hari.

"Wisatawan manca rata-rata hanya sekitar 10 persen saja," katanya.

Ia mengatakan, banyak keunggulan wisatawan yang berkunjung ke lokasi candi tersebut. Pasalnya, wisatawan tidak hanya melihat-lihat candi sebagai warisan budaya tetapi juga ikut belajar memahami sejarah bangsa.

"Banyak inspirasi yang muncul, mulai dari mempelajari estetika arsitektur candi yang luar biasa, arkeologi hingga cerita relife. Semua bisa dipelajari wisatawan," katanya.

Selain itu, kata dia, pengelola juga menghadirkan hiburan-hiburan tambahan bagi pengunjung untuk lebih semaraknya objek wisata Candi Prambanan.

"Saat di pintu masuk pengunjung sudah bisa menikmati `kampung dolanan anak`, kemudian setiap pergantian shift juga ada kirab `bergodo` dan juga panggung hiburan seperti kesenian jathilan dan pentas musik band," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…