Pertamina Pastikan Pasokan LPG di Kepri Aman Terkendali

Oleh : Hariyanto | Rabu, 20 Juni 2018 - 09:00 WIB

LPG (Foto Dok Industry.co.id)
LPG (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Batam- Pertamina Marketing Operation Region (MOR) I memastikan penyaluran LPG tiga kg di wilayah Provinsi Kepulauan Riau tercukupi selama arus mudik dan libur Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Unit Communication & CSR Pertamina MOR I, Rudi Ariffianto melalui pesan aplikasi di Batam, Selasa (19/6/2018)  menyatakan guna mengantisipasi lonjakan konsumsi, maka Pertamina MOR I telah menambahkan fakultatif pasokan di Kepri sebanyak 48.160 tabung perhari pada tanggal 17 Juni 2018.

Khusus untuk wilayah Batam penambahan pasokan fakultatif sebanyak 35.280 tabung perhari diberikan pada 17 Juni 2018, kata Rudi.

Kemudian pada 19 Juni 2018, Pertamina menyalurkan 46.480 tabung LPG bersubsidi, yang disalurkan melalui 17 agen serta 2.568 pangkalan.

Selain itu, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terkait arus mudik dan libur Lebaran 2018, Pertamina MOR I akan terus melakukan penambahan pasokan tabung LPG pada tanggal 21 Juni 2018 sebanyak 19.600 tabung perhari.

Pertamina MOR I juga telah menyiapkan Tim Satgas RAFI 2018 untuk melakukan memastikan ketercukupan pasokan LPG, termasuk tiga kg di seluruh wilayah operasionalnya. Berdasarkan pantauan Satgas, pasokan LPG untuk masyarakat Kepri aman tanpa kendala distribusi.

Pertamina memastikan LPG tiga kg dijual dengan harga eceran tertinggi sebesar Rp18.000 untuk wilayah Batam, Rp14.500 di Bintan dan Rp15.000 di Tanjungpinang.

"Apabila penambahan pasokan dirasa belum mencukupi, kami akan segera melakukan operasi pasar selektif dan penambahan pasokan fakultatif yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Kami juga mengimbau masyarakat dapat membeli LPG di kanal distribusi resmi Pertamina, seperti agen dan pangkalan beridentitas resmi dan SPBU yang sediakan LPG 3kg, yang memberikan jaminan ketersediaan dan juga harga sesuai HET," ujar Rudi.

Ia mengatakan Pertamina menyalurkan LPG tiga kg sesuai kuota yang ditetapkan pemerintah.

Pertamina mengingatkan peruntukan LPG tiga kg hanya bagi rakyat miskin dan atau usaha mikro.

Sedang bagi warga mampu dan usaha komersial, Pertamina menyediakan LPG nonsubsidi seperti Bright Gas 5,5 Kg, Bright Gas 12 Kg dan Elpiji tabung biru 12 kg serta 50 kg untuk usaha komersial.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Founder dan CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito

Jumat, 19 April 2024 - 10:20 WIB

Akuisisi Saham Crown Group, Iwan Sunito Tawarkan Rp1 Triliun kepada Paul Sathio

CEO ONE Global Capital, Iwan Sunito melayangkan penawaran penyelesaian senilai Rp1 triliun kepada Paul Sathio untuk mengakuisisi seluruh saham Crown Group.

Yili melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Jumat, 19 April 2024 - 10:16 WIB

Yili Melalui Joyday Salurkan Bantuan melalui YKAI dan Komunitas Sosial

Dalam semangat berbagi dan kepedulian di bulan suci Ramadhan, PT YILI Indonesia Dairy melalui merek unggulannya, es krim Joyday, telah melakukan serangkaian inisiatif program yang bertujuan…

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 19 April 2024 - 09:55 WIB

Menperin Agus Bicara 'Blak-blakan' Soal Investasi Menggirukan Apple di Tanah Air

Indonesia tengah mendorong komitmen investasi dari Apple Inc. untuk menanamkan investasi di Tanah Air. Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita yang turut hadir mendampingi…

Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Jumat, 19 April 2024 - 09:45 WIB

Teman Setia di Momen Berharga: Bluetooth Speaker Partymax Lengkap dengan Teknologi TWS

Di era di mana musik dan hiburan bergerak dinamis dan gaya hidup yang makin modern, hal ini telah mengubah cara kita dalam menikmati musik dan memanfaatkan speaker dalam kegiatan sehari-hari…

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Jumat, 19 April 2024 - 07:40 WIB

Wadan Kormar Terima Kunjungan Kerja Komandan Grup C Paspampres

Dalam rangka membangun komunikasi serta sinergitas, Wakil Komandan Korps Marinir (Wadan Kormar) Brigjen TNI (Mar) Suherlan, menerima kunjungan kerja Komanda Grup C Pasukan Pengamanan Presiden…