H+3 Wisatawan Mulai Tinggalkan Bali Melalui Bandara Ngurah Rai

Oleh : Anisa Triyuli | Selasa, 19 Juni 2018 - 11:13 WIB

Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali
Bandara I Gusti Ngurah Rai di Bali

INDUSTRY.co.id - Denpasar- Wisatawan domestik mulai meninggalkan Bali melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai setelah menghabiskan liburan panjang sehubungan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Arie Ahsanurrohim di Denpasar, Selasa, memprediksi puncak arus balik atau keberangkatan wisatawan domestik terjadi pada H+3 Lebaran atau Selasa (19/6) hingga H+4 Lebaran atau Rabu (20/6).

Prediksi itu, kata dia, mengingat periode tersebut merupakan hari terakhir libur panjang serangkaian cuti bersama Lebaran pada pekan ini.

Lonjakan penumpang rute domestik yang meninggalkan Bali mulai terlihat sejak Senin (18/6) atau pada H+2 Lebaran di terminal keberangkatan domestik bandara setempat.

Posko Terpadu Monitoring Angkutan Lebaran 2018 di bandara setempat mencatat jumlah penumpang domestik yang berangkat atau keluar meninggalkan Bali pada Senin (18/6) mencapai 19.627 orang.

Jumlah itu lebih besar dibandingkan penumpang domestik yang tiba di Bali melalui Bandara Ngurah Rai yang mencapai 18.764 orang.

"Jika dibandingkan tahun sebelumnya terjadi kenaikan hampir 12 persen untuk penumpang domestik yang meninggalkan Bali," ucap Arie seperti dilansir Antara.

Pada H+2 Lebaran atau Senin (18/6) itu, sebanyak 16 penerbangan tambahan telah digunakan masing-masing delapan kali untuk kedatangan dan delapan kali penerbangan tambahan untuk melayani keberangkatan.

Hingga Senin (18/6) total jumlah penerbangan tambahan dari H-8 Lebaran atau dari Kamis (7/6) yang sudah digunakan maskapai penerbangan mencapai 112 jadwal "extra flight" untuk melayani tingginya lonjakan penumpang.

Tingginya permintaan wisatawan berlibur di Bali telah diantisipasi maskapai penerbangan yang sebelumnya mengajukan total tambahan penerbangan mencapai 724 "extra flight".

Jumlah itu melonjak hampir 96 persen jika dibandingkan periode sama tahun sebelumnya mencapai 369 penerbangan tambahan.

Jadwal penerbangan tambahan itu berlaku mulai 1-30 Juni 2018 dengan total jumlah tempat duduk mencapai 116.566 kursi.

Selain Jakarta dan Surabaya, rute penerbangan tambahan itu di antaranya melayani Semarang, Ujung Pandang, Lombok dan Labuan Bajo

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Sabang

Selasa, 26 Maret 2019 - 10:00 WIB

Tingkatkan Industri Pariwisata, Sabang Aceh Segera Miliki Bandara Internasional

Menteri Pariwisata RI, Arief Yahya mengaku siap memfasilitasi dan akan mendukung pembangunan Bandar Udara Internasional di Kota Sabang, Provinsi Aceh.

Siti Badriah, Video Klip Lagu Lagi Syantiknya telah ditonton 482 jtua kali

Selasa, 26 Maret 2019 - 09:03 WIB

Tepat Setahun Lagu ‘Lagi Syantik’ Siti Badriah Ditonton 482 Juta kali

epat satu tahun lalu, tepatnya 22 Maret 2018, penyanyi dangdut Siti Badriah lewat kanal youtube milik Nagaswara Music mengeluarkan single lagu Lagi Syantik lewat. Lagu itu langsung menjadi viral.…

Pramugari Garuda Indonesia (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 26 Maret 2019 - 09:00 WIB

Garuda Indonesia Gunakan A330 Rute Jakarta-Nagoya Jepang

Maskapai penerbangan nasional Garuda Indonesia resmi melayani rute penerbangan langsung Jakarta-Nagoya pp dengan menggunakan pesawat jenis Airbus 330 berkapasitas 222 tempat duduk yang terdiri…

Legenda Musik, Erros Djarot luncurkan single terbaru menyambut Pemilu

Selasa, 26 Maret 2019 - 08:34 WIB

Erros Djarot Gelisah Maka Lahirlah ‘1 & 2 Bukan Segalanya’

Seniman sekaliber Erros Djarot ternyata menyimpan kegelisahan yang sangat mendalam atas kondisi bangsa kita dalam menghadapi pemilu presiden yang semakin dekat. Kegelisahannya itu akhirnya ia…

Dirut Telkom Alex J Sinaga dan Menteri BUMN Rini Soemarmo saat moment the nex IndiHome

Selasa, 26 Maret 2019 - 08:29 WIB

Pelanggan IndiHome Capai 5,5 Juta Rumah

Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia TBK (Telkom) menyebutkan jumlah pelanggan IndiHome mencapai 5,5 juta pelanggan. Jaringan Telkom untuk memperkuat ekspansi IndiHome, sudah tersebar dari…