Heboh Hat-Trick Ronaldo

Oleh : Jaya Suprana | Senin, 18 Juni 2018 - 17:00 WIB

Cristano Ronaldo (Foto Dok Industry.co.id)
Cristano Ronaldo (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gara-gara heboh Cristano Ronaldo berhasil mencetak tiga gol pada saat kesebelasan Portugal menghadapi Spanyol di hari kedua Piala Dunia 2018, baru saya mulai peduli tentang istilah hat-trick.

Kriket

Ternyata, istilah hat-trick pertama kali muncul pada tahun 1858 bukan di sepak bola tetapi di kriket, ketika H.H. Stephenson meraih tiga wicket dalam tiga deliveri berturut-turut.

Para fans menghimpun penghargaan untuk Stephenson yang disajikan dalam bentuk topi. Istilah hat-trick digunakan media cetak perdana pada tahun 1865, kemudian diadopsi cabang olahraga lainnya seperti hoki, bola tangan, polo air, dan sepak bola.  

Sepak Bola

Hat-trick pertama dalam pertandingan sepakbola internasional dilakukan oleh pesepakbola Skotlandia , John McDougall, ketika melawan Inggris pada 2 Maret 1878. Pemain Amerika Serikat, Bert Patenaude mencetak hat-trick pertama di Piala Dunia FIFA, ketika menghadapi Paraguay pada acara pembukaan.

Hat-trick  di babak final, dibuat Geoff Hurst untuk Inggris pada tahun 1966 pada waktu tambahan ketika melawan Jerman Barat, dan Carli Lloyd untuk USA ketika melawan Jepang di babak final Piala Dunia wanita 2015.  

Namun, hat-trick tercepat untuk laki-laki atau perempuan, dimiliki Fabienne Humm dari Swiss, yang mencetak gol pada menit ke 47, 49 dan 52 ketika melawan Ekuador pada tahun 2015.

Triwikrama

Hat-trick Ronaldo di Piala Dunia 2018 layak dihebohkan sebab mencipta beberapa rekor antara lain mematahkan “kutukan” Ronaldo hanya mampu mencetak satu gol pada setiap Piala Dunia yang diikutinya.

Pada usia ke 33 tahun dan 130 hari, Ronaldo tua-tua keladi menjadi pemain tertua yang pernah mencetak hat-trick di laga Piala Dunia.

Ronaldo adalah pemain keempat yang berhasil mencetak gol di empat Piala Dunia berbeda. Tiga pemain lainnya adalah Pelé, Miroslav Klose and Uwe Seeler. 

Ronaldo sudah mencetak 51 hat-trick untuk klab Real Madrid dan Portugal. Dan kebetulan pula juga merupakan hat-trick ke-51 dalam sejarah Piala Dunia. 

Rekor 84 gol Ronaldo menyamai rekor gol striker legendaris Hungaria, Ferenc Puskas.

Tidak kalah heboh adalah berita bahwa beberapa jam sebelum Portugal mulai berlaga melawan Spanyol, pengadilan Spanyol menjatuhkan vonis hukuman penjara dua tahun dan denda 18,8 juta Euro akibat tuduhan penggelapan pajak yang dilakukan Ronaldo selama menendang bola atas nama Real Madrid, Spanyol.

Mungkin vonis itu bikin Ronaldo marah besar sehingga bertriwikrama demi balas dendam dengan mencetak tiga gol menggetar gawang Spanyol

JAYA SUPRANA mendambakan Indonesia ikut berlaga di Piala Dunia

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 September 2018 - 10:06 WIB

Kementan Stabilisasi Harga Bawang dan Cabai

Harga komoditas bawang merah dan cabai menurun beberapa minggu terakhir. Salah satunya terjadi di Bima, harga bawang merah jatuh sehingga mengakibatkan masyarakat menghamburkan bawang merah…

BNI Syariah Raih Penghargaan di Alpha Southeast Asia Award 2018

Rabu, 19 September 2018 - 10:00 WIB

BNI Syariah Raih Penghargaan di Alpha Southeast Asia Award 2018

BNI Syariah meraih penghargaan sebagai The Best Islamic Finance Commercial Bank in Indonesia tahun 2018 di wilayah Asia Tenggara dalam acara 12th Annual Best Financial Institution Awards & 8th…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Rabu, 19 September 2018 - 09:42 WIB

PANI-DIGI Resmi Diperdagangkan di BEI

Bursa Efek Indonesia (BEI) meresmikan pencatatan saham perdana dua perusahaan yakni PT Pratama Abadi Nusa Industri Tbk (PANI) dan PT Arkadia Digital Media Tbk (DIGI) Direktur Penilaian Perusahaan…

Salyadi Saputra, Direktur Utama Pefindo (Kompas.com)

Rabu, 19 September 2018 - 09:39 WIB

Pefindo Perkirakan Penerbitan Obligasi Capai Rp140 Triliun

PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) memperkirakan penerbitan obligasi pada 2018 mencapai Rp140 triliun atau turun 13,04 persen dibanding tahun lalu sebesar Rp161,36 triliun.

Rupiah (Foto Dok Industry.co.id)

Rabu, 19 September 2018 - 09:10 WIB

Banggar DPR Setujui Asumsi Kurs Rp14.500

Rapat Panitia Kerja Badan Anggaran DPR RI menyetujui asumsi nilai tukar dalam RAPBN 2019 sebesar Rp14.500 per dolar AS, atau lebih tinggi dari asumsi awal yang disepakati dalam Komisi XI sebesar…