Heboh Hat-Trick Ronaldo

Oleh : Jaya Suprana | Senin, 18 Juni 2018 - 17:00 WIB

Cristano Ronaldo (Foto Dok Industry.co.id)
Cristano Ronaldo (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gara-gara heboh Cristano Ronaldo berhasil mencetak tiga gol pada saat kesebelasan Portugal menghadapi Spanyol di hari kedua Piala Dunia 2018, baru saya mulai peduli tentang istilah hat-trick.

Kriket

Ternyata, istilah hat-trick pertama kali muncul pada tahun 1858 bukan di sepak bola tetapi di kriket, ketika H.H. Stephenson meraih tiga wicket dalam tiga deliveri berturut-turut.

Para fans menghimpun penghargaan untuk Stephenson yang disajikan dalam bentuk topi. Istilah hat-trick digunakan media cetak perdana pada tahun 1865, kemudian diadopsi cabang olahraga lainnya seperti hoki, bola tangan, polo air, dan sepak bola.  

Sepak Bola

Hat-trick pertama dalam pertandingan sepakbola internasional dilakukan oleh pesepakbola Skotlandia , John McDougall, ketika melawan Inggris pada 2 Maret 1878. Pemain Amerika Serikat, Bert Patenaude mencetak hat-trick pertama di Piala Dunia FIFA, ketika menghadapi Paraguay pada acara pembukaan.

Hat-trick  di babak final, dibuat Geoff Hurst untuk Inggris pada tahun 1966 pada waktu tambahan ketika melawan Jerman Barat, dan Carli Lloyd untuk USA ketika melawan Jepang di babak final Piala Dunia wanita 2015.  

Namun, hat-trick tercepat untuk laki-laki atau perempuan, dimiliki Fabienne Humm dari Swiss, yang mencetak gol pada menit ke 47, 49 dan 52 ketika melawan Ekuador pada tahun 2015.

Triwikrama

Hat-trick Ronaldo di Piala Dunia 2018 layak dihebohkan sebab mencipta beberapa rekor antara lain mematahkan “kutukan” Ronaldo hanya mampu mencetak satu gol pada setiap Piala Dunia yang diikutinya.

Pada usia ke 33 tahun dan 130 hari, Ronaldo tua-tua keladi menjadi pemain tertua yang pernah mencetak hat-trick di laga Piala Dunia.

Ronaldo adalah pemain keempat yang berhasil mencetak gol di empat Piala Dunia berbeda. Tiga pemain lainnya adalah Pelé, Miroslav Klose and Uwe Seeler. 

Ronaldo sudah mencetak 51 hat-trick untuk klab Real Madrid dan Portugal. Dan kebetulan pula juga merupakan hat-trick ke-51 dalam sejarah Piala Dunia. 

Rekor 84 gol Ronaldo menyamai rekor gol striker legendaris Hungaria, Ferenc Puskas.

Tidak kalah heboh adalah berita bahwa beberapa jam sebelum Portugal mulai berlaga melawan Spanyol, pengadilan Spanyol menjatuhkan vonis hukuman penjara dua tahun dan denda 18,8 juta Euro akibat tuduhan penggelapan pajak yang dilakukan Ronaldo selama menendang bola atas nama Real Madrid, Spanyol.

Mungkin vonis itu bikin Ronaldo marah besar sehingga bertriwikrama demi balas dendam dengan mencetak tiga gol menggetar gawang Spanyol

JAYA SUPRANA mendambakan Indonesia ikut berlaga di Piala Dunia

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Industri (BPPI) Kemenperin, Ngakan Timur Antara

Selasa, 19 Februari 2019 - 19:35 WIB

Lewat INDI 4.0, Kemenperin Pantau Kesiapan Perusahaan Manufaktur Menuju Industri Keempat

Kementerian Perindustrian gencar melakukan sosialiasi kepada para pelaku industri manufaktur di Indonesia mengenai indikator penilaian penerapan teknologi industri 4.0atau Indonesia Industry…

Vivo V15

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:38 WIB

Segera Hadir di Indonesia, Ini Kelebihan Vivo V15

Vivo mulai memperkenalkan V15 sebagai V-Series terbaru dengantaglineGo Up yang segera hadir di pasar Indonesia dalam waktu dekat.

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu lakukan aksi demo terkait harga avtur

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:27 WIB

Serikat Pekerja Pertamina: Ada Enam Hal Dibalik Gejolak Harga Avtur

Federasi Serikat Pekerja Pertamina Bersatu (FSPPB) yang membawahi 19 Serikat Pekerja di lingkungan PT Pertamina (Persero) hari ini menggelar unjuk rasa di depan Istana Merdeka, Jakarta.

Assistant Vice President Marketing Podomoro Golf View, Alvin Andronicus

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:24 WIB

Usung Konsep Eco Living, PGV Sediakan Kawasan Untuk Lahan Terbuka dan Nursery

Gaya hidup ramah lingkungan (eco living) bukan hanya menjadi tren baru di dunia. Akan tetapi, gaya hidup ini sudah menjadi kebutuhan, lantaran diyakini mampu meningkatkan kualitas hidup. Bagi…

MenPAN RB Syarifuddin .memberikan keterangan Pers Usai memberikan SAKIP di Makasar Hari ini

Selasa, 19 Februari 2019 - 17:11 WIB

Menpan RB, SAKIP Wilayah III Berhasil Hemat Rp 6,9 Triliun

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Drs. Syafruddin M.S.i mengatakan, penerapan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) di 186 pemda Wilayah…