Heboh Hat-Trick Ronaldo

Oleh : Jaya Suprana | Senin, 18 Juni 2018 - 17:00 WIB

Cristano Ronaldo (Foto Dok Industry.co.id)
Cristano Ronaldo (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gara-gara heboh Cristano Ronaldo berhasil mencetak tiga gol pada saat kesebelasan Portugal menghadapi Spanyol di hari kedua Piala Dunia 2018, baru saya mulai peduli tentang istilah hat-trick.

Kriket

Ternyata, istilah hat-trick pertama kali muncul pada tahun 1858 bukan di sepak bola tetapi di kriket, ketika H.H. Stephenson meraih tiga wicket dalam tiga deliveri berturut-turut.

Para fans menghimpun penghargaan untuk Stephenson yang disajikan dalam bentuk topi. Istilah hat-trick digunakan media cetak perdana pada tahun 1865, kemudian diadopsi cabang olahraga lainnya seperti hoki, bola tangan, polo air, dan sepak bola.  

Sepak Bola

Hat-trick pertama dalam pertandingan sepakbola internasional dilakukan oleh pesepakbola Skotlandia , John McDougall, ketika melawan Inggris pada 2 Maret 1878. Pemain Amerika Serikat, Bert Patenaude mencetak hat-trick pertama di Piala Dunia FIFA, ketika menghadapi Paraguay pada acara pembukaan.

Hat-trick  di babak final, dibuat Geoff Hurst untuk Inggris pada tahun 1966 pada waktu tambahan ketika melawan Jerman Barat, dan Carli Lloyd untuk USA ketika melawan Jepang di babak final Piala Dunia wanita 2015.  

Namun, hat-trick tercepat untuk laki-laki atau perempuan, dimiliki Fabienne Humm dari Swiss, yang mencetak gol pada menit ke 47, 49 dan 52 ketika melawan Ekuador pada tahun 2015.

Triwikrama

Hat-trick Ronaldo di Piala Dunia 2018 layak dihebohkan sebab mencipta beberapa rekor antara lain mematahkan “kutukan” Ronaldo hanya mampu mencetak satu gol pada setiap Piala Dunia yang diikutinya.

Pada usia ke 33 tahun dan 130 hari, Ronaldo tua-tua keladi menjadi pemain tertua yang pernah mencetak hat-trick di laga Piala Dunia.

Ronaldo adalah pemain keempat yang berhasil mencetak gol di empat Piala Dunia berbeda. Tiga pemain lainnya adalah Pelé, Miroslav Klose and Uwe Seeler. 

Ronaldo sudah mencetak 51 hat-trick untuk klab Real Madrid dan Portugal. Dan kebetulan pula juga merupakan hat-trick ke-51 dalam sejarah Piala Dunia. 

Rekor 84 gol Ronaldo menyamai rekor gol striker legendaris Hungaria, Ferenc Puskas.

Tidak kalah heboh adalah berita bahwa beberapa jam sebelum Portugal mulai berlaga melawan Spanyol, pengadilan Spanyol menjatuhkan vonis hukuman penjara dua tahun dan denda 18,8 juta Euro akibat tuduhan penggelapan pajak yang dilakukan Ronaldo selama menendang bola atas nama Real Madrid, Spanyol.

Mungkin vonis itu bikin Ronaldo marah besar sehingga bertriwikrama demi balas dendam dengan mencetak tiga gol menggetar gawang Spanyol

JAYA SUPRANA mendambakan Indonesia ikut berlaga di Piala Dunia

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pejualan Indihome di masyarakat.

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.