Heboh Hat-Trick Ronaldo

Oleh : Jaya Suprana | Senin, 18 Juni 2018 - 17:00 WIB

Cristano Ronaldo (Foto Dok Industry.co.id)
Cristano Ronaldo (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Gara-gara heboh Cristano Ronaldo berhasil mencetak tiga gol pada saat kesebelasan Portugal menghadapi Spanyol di hari kedua Piala Dunia 2018, baru saya mulai peduli tentang istilah hat-trick.

Kriket

Ternyata, istilah hat-trick pertama kali muncul pada tahun 1858 bukan di sepak bola tetapi di kriket, ketika H.H. Stephenson meraih tiga wicket dalam tiga deliveri berturut-turut.

Para fans menghimpun penghargaan untuk Stephenson yang disajikan dalam bentuk topi. Istilah hat-trick digunakan media cetak perdana pada tahun 1865, kemudian diadopsi cabang olahraga lainnya seperti hoki, bola tangan, polo air, dan sepak bola.  

Sepak Bola

Hat-trick pertama dalam pertandingan sepakbola internasional dilakukan oleh pesepakbola Skotlandia , John McDougall, ketika melawan Inggris pada 2 Maret 1878. Pemain Amerika Serikat, Bert Patenaude mencetak hat-trick pertama di Piala Dunia FIFA, ketika menghadapi Paraguay pada acara pembukaan.

Hat-trick  di babak final, dibuat Geoff Hurst untuk Inggris pada tahun 1966 pada waktu tambahan ketika melawan Jerman Barat, dan Carli Lloyd untuk USA ketika melawan Jepang di babak final Piala Dunia wanita 2015.  

Namun, hat-trick tercepat untuk laki-laki atau perempuan, dimiliki Fabienne Humm dari Swiss, yang mencetak gol pada menit ke 47, 49 dan 52 ketika melawan Ekuador pada tahun 2015.

Triwikrama

Hat-trick Ronaldo di Piala Dunia 2018 layak dihebohkan sebab mencipta beberapa rekor antara lain mematahkan “kutukan” Ronaldo hanya mampu mencetak satu gol pada setiap Piala Dunia yang diikutinya.

Pada usia ke 33 tahun dan 130 hari, Ronaldo tua-tua keladi menjadi pemain tertua yang pernah mencetak hat-trick di laga Piala Dunia.

Ronaldo adalah pemain keempat yang berhasil mencetak gol di empat Piala Dunia berbeda. Tiga pemain lainnya adalah Pelé, Miroslav Klose and Uwe Seeler. 

Ronaldo sudah mencetak 51 hat-trick untuk klab Real Madrid dan Portugal. Dan kebetulan pula juga merupakan hat-trick ke-51 dalam sejarah Piala Dunia. 

Rekor 84 gol Ronaldo menyamai rekor gol striker legendaris Hungaria, Ferenc Puskas.

Tidak kalah heboh adalah berita bahwa beberapa jam sebelum Portugal mulai berlaga melawan Spanyol, pengadilan Spanyol menjatuhkan vonis hukuman penjara dua tahun dan denda 18,8 juta Euro akibat tuduhan penggelapan pajak yang dilakukan Ronaldo selama menendang bola atas nama Real Madrid, Spanyol.

Mungkin vonis itu bikin Ronaldo marah besar sehingga bertriwikrama demi balas dendam dengan mencetak tiga gol menggetar gawang Spanyol

JAYA SUPRANA mendambakan Indonesia ikut berlaga di Piala Dunia

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Saleh Husein, dok.industry.co.id

Kamis, 15 November 2018 - 19:21 WIB

Festival Filantropi Indonesia, Sinar Mas Tampilkan Potensi Setempat

Mencoba menjaring potensi setempat, meningkatkan nilai tambah, dan menjadikannya aktivitas yang bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya menjadi pedoman Sinar Mas dalam melakukan aktivitas filantropi.

Infinix Indonesia

Kamis, 15 November 2018 - 19:08 WIB

Sukses di Penjualan 11.11, Infinix Ungkap Strategi Hadapi Persaingan Smartphone Indonesia

INDUSTRY.co.id -

Jakarta, 15 November 2018 Dalam perayaan Habolnas 11.11 di bulan November lalu, Infinix Indonesia sukses menjual beberapa produk unggulannya dengan…

Pembangunan Embung Serbaguna Pea Parsinagaan

Kamis, 15 November 2018 - 17:35 WIB

Pembangunan Embung Serbaguna Pea Parsinagaan Berikan Manfaat Untuk 2 Kecamatan

Dalam rangka terus mendukung pengembangan Danau Toba sebagai salah satu dari 10 KSPN prioritas, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menyelesaikan pembangunan Embung…

Dok industry.co.id

Kamis, 15 November 2018 - 17:28 WIB

Jet Commerce Catat Kenaikan Nilai Transaksi 16 Kali Lipat

Jet Commerce, penyedia solusi e-commerce terpadu dan terkemuka di Asia Tenggara mencatat kenaikan nilai transaksi 16 kali lipat

Ilustrasi Reksa Dana (bisnisfranchiseindonesia)

Kamis, 15 November 2018 - 17:14 WIB

Kondisi Pasar Semakin Positif, Reksa Dana Saham jadi Pilihan Tepat untuk Investasi

Kondisi pasar menunjukkan perkembangan positif seiring meredanya isu perang dagang antara Amerika Serikat dan Tiongkok dan kondisi iklim investasi di tanah air yang semakin kondusif