Nonton Piala Dunia, Sembari Mencicipi Lima Kuliner Khas Swedia

Oleh : Chodijah Febriyani | Senin, 18 Juni 2018 - 12:15 WIB

Tunna Pannkakor Kuliner Khas Swedia (Foto: Istimewa)
Tunna Pannkakor Kuliner Khas Swedia (Foto: Istimewa)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  Demam Piala Dunia 2018 sudah terasa di seluruh dunia. Tahun ini, Rusia menjadi tuan rumah dari perhelatan olahraga sepakbola terbesar itu. Seluruh negara di dunia ini ikut dalam pertandingan yang digelar empat tahunan tersebut. Untuk malam ini, jadwal pertandingan dari negara Swedia dan Korea Selatan yang akan unjuk gigi di lapangan hijau tersebut.

Berbicara tentang Swedia,  mempunyai kuliner khas dan beraneka ragam? Yuk! intip lima kuliner khas Swedia yang mempunyai cita rasa lezat dan tak kalah dari negara lain. 

1.  Tunna Pannkakor

Di dunia ini, hidangan pancake mempunyai jenis dan rasa yang beraneka ragam,  termasuk di Swedia. Berbeda dengan di negara lain, pancake ini tidak tebal seperti kuliner khas Perancis, crepes. Disajikan dengan whipped cream dan tentunya potongan buah.

2.  Kaldormar

Kuliner yang berbahan dasar daging ini memiliki cara unik, yakni dimasak di dalam daun kubis. Lalu, setelah matang, disajikan dengan irisan imun acar, lingonberries, dan kentang tumbuk. 

3. Gubbröra

Hash (hidangan daging dan kentang yang digoreng) lezat ini campuran dari telur rebus, krim asam, cincang halus bawang, ikan asin cincang halus, dan banyak dill (daun adas manis). Memakannya dengan knäckebröd (roti krispi) atau dengan porongan flatbreads lembut.

4.  Paron Inkokta

Di Jakarta, asinan terdiri berbagai macam sayur dan buah-buahan. Namun, di Swedia asinan ini hanya berisi buah pir. Untuk membuatnya, buah pir tersebut direbus dalam campuran kayu manis, vanili, dan kapulaga kemudian disajikan dengan whipped cream.

5. Renskavsgryta

Hidangan ini merupakan sup klasik dari Norrbotten (Swedia Utara).  Daging rusa kering lezat yang digoreng dengan mentega, dicampur dengan buah juniper menambahkan rasa bersahaja, dan krim yang membuat makanan ini terasa lembut saat disantap.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Jaringan 5G

Senin, 21 Januari 2019 - 20:50 WIB

China Unicom dan ZTE Selesaikan Panggilan Telepon 5G Pertama di Dunia dengan Smartphone Prototipe 5G ZTE

ZTE Corporation, penyedia solusi telekomunikasi, perusahaan, dan teknologi terkemuka untuk internet seluler, mengumumkan bahwa China Unicom cabang Guangdong dan ZTE telah melakukan panggilan…

ACE Hardware

Senin, 21 Januari 2019 - 20:25 WIB

Tawarkan Solusi Kebutuhan Produk Harian, ACE Hadirkan Program Your Everyday Solutions

Terus manjakan konsumen dengan berbagai pilihan produk inovatif dan berkualitas, ACE tawarkan promo menarik untuk berbagai produk yang memudahkan kegiatan keseharian melalui program Your Everyday…

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB

Menperin Pastikan Produksi Massal AMMDes Akan Dimulai pada 2019

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto terus memacu peningkatan produktivitas dan daya saing alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) agar mampu kompetitif di pasar domestik hingga ekspor.…

Kemenperin serahkan AMMDes Pengolahan Air Jernih ke Sulteng (Foto: Kemenperin)

Senin, 21 Januari 2019 - 19:45 WIB

Kemenperin Salurkan Lima Unit AMMDes Pengolah Air Jernih ke Sulteng

Kementerian Perindustrian akan menyalurkan lima unit alat mekanis multiguna pedesaan (AMMDes) yang berfungsi sebagai pengolah air jernih untuk tiga wilayah yang terkena dampak gempa di Provinsi…

Ilustrasi buku bacaan

Senin, 21 Januari 2019 - 18:08 WIB

Dua Belas Penulis Indonesia Hadir di London Fair 2019

Jakarta - British Council dan Komite Nasional menyeleksi penulis yang akan ditampilkan di London Book Fair 2019 dalam sejumlah acara yang bertujuan memperkenalkan kekayaan literasi Indonesia.