Industri Sawit Bisa Ambil Keuntungan dari Perang Dagang AS-China

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 17 Juni 2018 - 06:40 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menilai tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Sebab Indonesia bisa memanfaatkan peluang dengan mendongkrak daya saing lokal. Salah satunya ialah melalui komoditas Kelapa Sawit.

Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan ada beberapa celah yang bisa dimanfaatkan pengusaha Indonesia dari perang dagang tersebut. Celah tersebut melalui komoditas minyak sawit mentah. Hal itu dikarenakan, China saat ini merupakan salah satu negara yang memiliki kebutuhan besar terhadap minyak nabati Amerika.

“Perang dagang tersebut akan mengubah kebijakan China terhadap impor minyak nabati Amerika,” ujarnya

Mereka akan mencari negara lain yang bisa memenuhi kebutuhan minyak nabati Negeri Tirai Bambu tersebut. Upaya China tersebut salah satunya tercermin dari peningkatan impor CPO sebanyak 500 ribu ton yang mereka sepakati saat Perdana Menteri Li Keqiang bertemu dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi memberlakukan tarif baru yang berat atas produk impor dari China senilai US$ 50 miliar, Jumat (15/6/2018). Di bagian pertama, tarif 25% dikenakan pada 818 produk China senilai US$ 34 miliar mulai 6 Juli mendatang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Rini Soemarno (Foto Humas BUMN))

Senin, 25 Maret 2019 - 20:24 WIB

The Next IndiHome Luncurkan Digital Movement

Jakarta - IndiHome sebagai layanan triple play milik PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) terus berkiprah turut serta membangun masyarakat digital Indonesia. The Next IndiHome membawa…

Dok Foto (Samsung)

Senin, 25 Maret 2019 - 20:15 WIB

Samsung Menghadirkan Produk Terbaru yang Meningkatkan Pengalaman Hidup Terkoneksi

Samsung Electronics Co., Ltd hari ini memperlihatkan inovasi terbarunya serta menguraikan visi dan strategi perusahaan untuk pengalaman Internet of Things (IoT) yang cerdas di Samsung Forum…

Rapat Komite Kebijakan Menetapkan Plafon Kredit Usaha Rakyat (KUR) dihadiri oleh, Menko Perekonomian Darmin Nasution, Menteri BUMN Rini Sumarno, Ketua Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Dirut Perum Jamkrindo Diding S Anwar (Ahmad Fadli/INDUSTRY.co.id)

Senin, 25 Maret 2019 - 19:01 WIB

Bunga Dipangkas, Kucuran KUR capai 17% hingga akhir Februari

Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian mencatat, hingga Februari 2019, penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) mencapai 17% dari target tahun ini.

Dok Vivo mobile Indonesia

Senin, 25 Maret 2019 - 18:00 WIB

Vivo Umumkan Kolaborasi dengan Tencent Games dan PUBG Corporation untuk PUBG MOBILE Club Open 2019

Vivo mengumumkan kemitraan dengan mobile game – Player Unknown's Battlegrounds Mobile (PUBG MOBILE) yang dikembangkan oleh Tencent Games dan PUBG Corporation, sebagai sponsor utama dari PUBG…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto meninjau proses pengemasan nanas dalam kaleng di pabrik PT Great Giant Pinapple,Lampung (Foto: Kemenperin)

Senin, 25 Maret 2019 - 17:15 WIB

Menperin Siapkan Tiga Strategi Jitu Dongkrak Industri Mamin

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) telah meyiapkan tiga strategi jitu guna memacu pertumbuhan industri makanan dan minuman berbasis industri 4.0.