Industri Sawit Bisa Ambil Keuntungan dari Perang Dagang AS-China

Oleh : Ahmad Fadli | Minggu, 17 Juni 2018 - 06:40 WIB

kelapa sawit (ilustrasi)
kelapa sawit (ilustrasi)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Asosiasi Pengusaha Indonesia (APINDO) menilai tidak ada yang perlu dikhawatirkan dengan perang dagang antara Amerika Serikat dan China. Sebab Indonesia bisa memanfaatkan peluang dengan mendongkrak daya saing lokal. Salah satunya ialah melalui komoditas Kelapa Sawit.

Ketua Apindo Hariyadi Sukamdani mengatakan ada beberapa celah yang bisa dimanfaatkan pengusaha Indonesia dari perang dagang tersebut. Celah tersebut melalui komoditas minyak sawit mentah. Hal itu dikarenakan, China saat ini merupakan salah satu negara yang memiliki kebutuhan besar terhadap minyak nabati Amerika.

“Perang dagang tersebut akan mengubah kebijakan China terhadap impor minyak nabati Amerika,” ujarnya

Mereka akan mencari negara lain yang bisa memenuhi kebutuhan minyak nabati Negeri Tirai Bambu tersebut. Upaya China tersebut salah satunya tercermin dari peningkatan impor CPO sebanyak 500 ribu ton yang mereka sepakati saat Perdana Menteri Li Keqiang bertemu dengan Presiden Jokowi beberapa waktu lalu.

Sebagai informasi, Pemerintahan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump resmi memberlakukan tarif baru yang berat atas produk impor dari China senilai US$ 50 miliar, Jumat (15/6/2018). Di bagian pertama, tarif 25% dikenakan pada 818 produk China senilai US$ 34 miliar mulai 6 Juli mendatang.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sederet agensi terkenal Korea Selatan menjalin kerjasama untuk mendirikan perusahaan platform konten baru pada Kamis (19/7). (Foto: Soompi)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 19:30 WIB

Tujuh Agensi Korsel Jalin Kerjasama Dirikan Perusahaan Konten Baru

Sederet agensi terkenal Korea Selatan, mulai dari SM Entertainment, YG Entertainment, BigHit Entertainment, JYP Entertainment, FNC Entertainment, Star Empire, dan Mystic Entertainment menjalin…

Girls Group 'TWICE' (Foto: soompi/stardailynews)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 17:00 WIB

Pelaku Ancaman Pembunuhan Girlband TWICE Ditangkap Polisi

Seorang pengguna forum Ilbe membuat sebuah postingan yang berisi ancaman pembunugan terhadap personel TWICE Mina pada Juni 2017 lalu. Ia bahkan mengunggahnya dengan foto sebuah pisau.

Pesawat AirAsia Tampilkan Logo Wonderful Indonesia (Foto Dije)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:30 WIB

AirAsia X Pastikan Tambah 34 Airbus A330neo

Afiliasi AirAsia, AirAsia X memastikan telah memesan tambahan 34 pesawat Airbus A330neo berbadan lebar.

Ilustrasi Exit Tol

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:26 WIB

Perbankan Danai Rp3,3 Triliun Tol Kunciran-Serpong

Pihak perbankan yang terdiri atas sindikasi empat bank memberikan dana pinjaman Rp3,3 triliun untuk pembangunan ruas jalan tol Kunciran-Serpong oleh PT Marga Trans Nusantara (MTN), yang merupakan…

Terminal LCC di Bandara Soetta (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 21 Juli 2018 - 16:22 WIB

Terminal 4 Soetta Bukan untuk LCC

PT Angkasa Pura II (Persero) menyatakan Terminal 4 Bandara Internasional Soekarno-Hatta tidak didesain untuk penerbangan berbiaya murah (low cost carrier/LCC).