Kebun Raya Bogor Sambut Lebaran dengan Layanan Wifi Gratis

Oleh : Herry Barus | Kamis, 14 Juni 2018 - 17:30 WIB

Kebun Raya Bogor. (Foto: IST)
Kebun Raya Bogor. (Foto: IST)

INDUSTRY.co.id - Bogor- Kebun Raya Bogor bersiap menyambut libur Lebaran 2018 dengan menambah fasilitas yang akan melayani pengunjung selama berada di kawasan itu.

"Persiapan tentu ada, di antaranya pembenahan, penyiapan petugas, dan layanan 'wifi' gratis untuk pengunjung," kata Kepala Subbidang Kerja Sama dan Pusat Informasi PKT Kebun Raya-LIPI, Rosniati Apriani Risna, kepada Antara di Bogor, Kamis (14/6/2018)

Adapun persiapan yang dimaksudkan yakni pembenahan sarana publik seperti penambahan loket, pemasangan CCTV, revitalisasi taman tematik, dan perbaikan beberapa bagian sarana dan prasarana. "Seperti pengecatan dan perbaikan jalan kecil," katanya.

Selain sarana dan prasaran, manajemen Kebun Raya Bogor menyiapkan tenaga petugas layanan publik, meliputi loket tiketing, keamanan, tenaga kesehatan dan ambulans.

"Kami memastikan pengunjung berasa aman dan nyaman selama berlibur di KRB," katanya.

Libur Idul Fitri 1439 Hijriah ini, lanjutnya, pengunjung Kebun Raya Bogor dapat menikmati layanan 'wifi' gratis yang tersebar di 27 titik dalam area Kebun Raya.

Risna menyebutkan layanan 'wifi' publik ini telah diresmikan pada Hari Jadi Kebun Raya Bogor ke-201 pada tanggal 18 Mei 2018.

Lebih lanjut ia menjelaskan untuk pemasangan fasilitas 'wifi' publik ini Kebun Raya Bogor bekerja sama dengan Google CBN.

Lokasi 'wifi' publik paling banyak di kawasan lapangan dekat Tugu Dua Abad Kebun Raya Bogor.

Pemilihan lokasi tersebut karena merupakan lokasi favorit pengunjung Kebun Raya Bogor. Selain itu, lokasi lainnya sekitar kolam teratai raksasa dan sekitar Ecodome.

Juga di kawasan lain seperti Museum Zoologi, Taman Teijsmann dan halaman Geust House Nusa Indah tempat penangkaran Anggrek.

Layanan wifi publik ini setiap APN (access point name) atau nama titik akses wifi publiknya memiliki jangkauan 20 sampai 30 meter.

Fasilitas 'wifi' publik ini, selain untuk menambah layanan di Kebun Raya Bogor juga mendorong meningkatnya pengoperasian aplikasi Jelajah Kebun Raya Bogor dari ponsel pengunjung.

"Semoga pengunjung dapat menggunakan fasilitas 'wifi' publik ini secara bijak, terutama untuk mengoperasikan aplikasi jelajah Kebun Raya Bogor," katanya.

Aplikasi mobile Jelajah Kebun Raya Bogor telah diluncurkan tahun 2017 lalu. Bertujuan untuk mempermudah dan memandu pengunjung mencari informasi maupun "point of interest" yang bisa dikunjungi, lengkap dengan jalur dan jarak tempuhnya.

"Ada navigasinya untuk mencapai fasilitas umum terdekat, seperti toilet, tempat shalat dan tempat makan," katanya.

Menurutnya, aplikasi tersebut juga sedang direplikasi untuk diterapkan di kebun raya yang lain juga, seperti Kebun Raya Cibodas, dan kebun raya daerah lainnya.

"Satu aplikasi untuk semua kebun raya di Indonesia. Namanya sebentar lagi diluncurkan menjadi JAWARA kepanjangan dari jelajah belajar dan wisata di Kebun Raya Indonesia," kata Risna.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri

Jumat, 19 April 2024 - 19:28 WIB

Siap Tanding ! Bank Mandiri Resmi Umumkan Tim Proliga 2024 Putri, Jakarta Livin' Mandiri

Menjelang kompetisi voli terbesar di Indonesia, Proliga 2024, Bank Mandiri secara resmi mengumumkan tim voli putri profesional dengan nama Jakarta Livin’ Mandiri (JLM). Tim yang terdiri dari…

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jumat, 19 April 2024 - 19:20 WIB

Gelorakan Sportivitas, PIS Jadi Sponsor Tim Voli Jakarta Pertamina Enduro dan Jakarta Pertamina Pertamax

Jakarta- PT Pertamina International Shipping menjadi salah satu sponsor resmi tim voli Jakarta Pertamina Pertamax dan Jakarta Pertamina Enduro yang akan berlaga di kompetisi Proliga 2024 musim…

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…