Semester I-2018, Pendapatan Malaysia dari Sektor CPO Diprediksi Turun

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 13 Juni 2018 - 18:00 WIB

Kebun Kelapa Sawit (Ist)
Kebun Kelapa Sawit (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Pendapatan sektor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia diperkirakan bakal mengalami penurunan pada semester pertama 2018 ini dibandingkan periode yang sama pada tahun sebelumnya.

“Penurunan pendapatan tersebut disebabkan oleh penurunan harga jual serta terpangkasnya produksi CPO di negeri jiran tersebut,” ujar Arie Nurhadi, analis riset PT Monex Investindo Futures, di Jakarta, Selasa (12/06/2018).

Arie mengemukakan, volume ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) Malaysia pada Mei 2018 lalu turun 15,65%. Itu melampaui perkiraan penurunan ekspor yang dikemukakan para pelaku pasar sebelumnya yakni berkisar 9-12%.

Di samping itu, demikian Arie, volume produksinya terpangkas 2,11% dibandingkan dengan ekspektasi pelaku pasar yang mengemukakan penurunan volume produksi CPO pada Mei 2018 sekitar 4-6%.

Arie menuturkan, penurunan ekspor CPO yang tajam itu serta diikuti oleh penurunan produksinya menyebabkan persediaan pada akhir Mei 2018 berkurang, sekaligus dicatat sebagai penurunan yang berkelanjutan dalam 5 bulan berturut-turut.

“Penurunan produksi CPO yang terjadi pada Mei 2018 itu tidak sesuai kelaziman pada umumnya, terutama sejak Mei 1995. Penurunan hari kerja yang efektif dan Ramadhan dijadikan alasan faktor utama penyebab penurunan produksi tersebut,” papar Arie.

Harga CPO di pasar berjangka Malaysia terus melanjutkan tren penurunan dan ditutup 0,3% lebih rendah dibandingkan perdagangan pada Senin (11/06/2018). Itu karena penurunan permintaan telah membebani harga.

Harga patokan CPO kontrak untuk pengiriman Agustus 2018 di Bursa Malaysia Derivatives Exchange mencapai harga rendah RM2.358 per ton atau setara dengan $592 per ton pada akhir perdagangan. Level harga tersebut serupa dengan harga terendah CPO pada 7 Mei 2018 lalu. (Abraham Sihombing)

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut LPDB Braman Setyo (Foto Fadli)

Senin, 25 Juni 2018 - 22:00 WIB

Pajak Turun, Kompetisi Bisnis UKM Lebih Bergairah

Direktur Utama Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM), Braman Setyo menyambut gembira kebijakan penurunan PPh final UMKM menjadi 0,5 persen oleh…

Tokoh nasional Rizal Ramli (Foto Dok Industry.co.id)

Senin, 25 Juni 2018 - 21:30 WIB

Rizal Ramli: Lima Hal Ini Jadi Faktor Meruginya Garuda Indonesia

Ekonom sekaligus mantan Menko Kemaritiman DR Rizal Ramli membeberkan kasus keuangan yang melilit maskapai PT Garuda Indonesia akibat Miss Manajemen dan ketidakmampuan serta ketidakprofesionalan…

Cawagub Jabar, Uu Ruzhanul Ulum

Senin, 25 Juni 2018 - 21:25 WIB

Isu Poligami Empat Istri Uu Ruhzanul Ulum Marak, Begini Tanggapan Bawaslu

INDUSTRY.co.id - Bandung-Sehari jelang Pilgub Jabar, calon wakil gubernur pasangan Ridwan Kamil, Uu Ruzhanul Ulum diterpa isu tak sedap soal perilaku poligaminya sejak menjabat sebagai Bupati…

Ilustrasi Sawah (Dok. Kementan)

Senin, 25 Juni 2018 - 21:18 WIB

Ketua DPR RI Apresiasi dan Dukung Kementan Blacklist Importir Bawang Nakal

INDUSTRY.co.id - Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo memberikan apresiasi kepada Kementerian Pertanian (Kementan) serta mendukung langkah-langkah yang diambil terkait dimasukannya 5 perusahaan importir…

Ilustrasi Pemudik Motor (Ist)

Senin, 25 Juni 2018 - 20:50 WIB

Menhub Klaim Pemudik Dengan Sepeda Motor Turun sebesar 18,2 Persen Tahun Ini

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, pada masa angkutan lebaran tahun ini jumlah pemudik yang menggunakan sepeda motor turun sebesar 18,2% dibandingkan pada masa angkutan lebaran…