Jelang Lebaran, Harga Sembako di Makassar Cukup Terkendali

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Juni 2018 - 17:00 WIB

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Makassar- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa berdasarkan hasil pantauan di Pasar tradisional Pa'baeng-baeng, harga sembako di Makassar cukup terkendali.

"Dari pantauan kita bersama Wali Kota Makassar dan Kadis Perindag Sulsel, semua bahan pokok tersedia dan harganya cukup terkendali, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir memenuhi kebutuhannya," kata Enggartiasto di sela-sela peninjauan di Pasar Pa'baeng-baeng di Makassar, Rabu (13/6/2018)

Menurut dia, ketersediaan sembako seperti beras, minyak goreng, gula, terigu, telur ayam ras, daging ayam dan daging sapi cukup tersedia, sehingga harganya cukup stabil.

Dari pantauan di lapangan diketahui, harga telur ayam ras relatif stabil yakni Rp45 ribu per rak, ayam potong Rp45 ribu per ekor, terigu Rp9 ribu per kg, gula pasir Rp12.500 per kg dan daging sapi antara Rp100 ribu - Rp120 ribu per kg.

Hal itu dibernarkan oleh salah seorang pedagang Agus Daud di Pasar Pa'baeng-baeng, Makassar.

Dia mengatakan harga telur ayam ras tetap stabil karena persediaan cukup banyak. Begitu pula dengan bahan kue seperti terigu, gula dan mentega.

Pada peninjauan stok dan harga sembako di Pasar Pa'baeng-baeng, Menteri Perdagangan menyoroti adanya satu merk gula yang dijual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Gulaku.

"Saya akan menegur, karena semua gula sama dengan standar nasional Indonesia (SNI) dan harus mengikuti HET Rp12.500 per kg, namun dijual Rp15.000 per kg," katanya kepada awak media.

Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak usah membeli gula yang harganya dinilai memberatkan masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:50 WIB

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia di Grand Final PUBG Mobile Indonesia National Championship 2018

Tencent Games, Developer Game ternama di dunia, menghadirkan Grand Final PUBG mobile Indonesia National Championship (PINC) 2018. Grand Final yang diikuti oleh 16 tim yang terdiri dari pemenang…

Rusun Ponpes Cipasung, Tasikmalaya

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:39 WIB

Kementerian PUPR Bangun 27 Rusun Ponpes di Jawa Barat Tahun 2018

Dengan adanya Rusun diharapkan mendukung Ponpes dalam menghasilkan santri yang religius, nasionalis dan berakhlakul karimah

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:30 WIB

BPR Terlu Waspadai Marak Tumbuhnya Fintech

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mewaspadai gempuran "financial technology" atau teknologi finansial yang saat ini mulai merambah di pedesaan.

Asuransi Ilustrasi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:15 WIB

Masyarakat Tak Perlu Ragukan Asuransi Syariah

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis meminta masyarakat muslim tidak ragu menggunakan produk asuransi syariah.

Kebun Tembakau

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:00 WIB

Harga Tembakau Kasturi di Jember Berkisar Rp50.000/Kg

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Kasturi Kabupaten Jember Abdurrahman mengatakan harga tembakau kasturi di wilayah setempat cukup bagus yakni berkisar Rp44 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram untuk…