Jelang Lebaran, Harga Sembako di Makassar Cukup Terkendali

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Juni 2018 - 17:00 WIB

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Makassar- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa berdasarkan hasil pantauan di Pasar tradisional Pa'baeng-baeng, harga sembako di Makassar cukup terkendali.

"Dari pantauan kita bersama Wali Kota Makassar dan Kadis Perindag Sulsel, semua bahan pokok tersedia dan harganya cukup terkendali, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir memenuhi kebutuhannya," kata Enggartiasto di sela-sela peninjauan di Pasar Pa'baeng-baeng di Makassar, Rabu (13/6/2018)

Menurut dia, ketersediaan sembako seperti beras, minyak goreng, gula, terigu, telur ayam ras, daging ayam dan daging sapi cukup tersedia, sehingga harganya cukup stabil.

Dari pantauan di lapangan diketahui, harga telur ayam ras relatif stabil yakni Rp45 ribu per rak, ayam potong Rp45 ribu per ekor, terigu Rp9 ribu per kg, gula pasir Rp12.500 per kg dan daging sapi antara Rp100 ribu - Rp120 ribu per kg.

Hal itu dibernarkan oleh salah seorang pedagang Agus Daud di Pasar Pa'baeng-baeng, Makassar.

Dia mengatakan harga telur ayam ras tetap stabil karena persediaan cukup banyak. Begitu pula dengan bahan kue seperti terigu, gula dan mentega.

Pada peninjauan stok dan harga sembako di Pasar Pa'baeng-baeng, Menteri Perdagangan menyoroti adanya satu merk gula yang dijual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Gulaku.

"Saya akan menegur, karena semua gula sama dengan standar nasional Indonesia (SNI) dan harus mengikuti HET Rp12.500 per kg, namun dijual Rp15.000 per kg," katanya kepada awak media.

Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak usah membeli gula yang harganya dinilai memberatkan masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA

Jumat, 18 Januari 2019 - 15:58 WIB

BGR Logistics Jalin Kerjasama Dengan INKA Terkait Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan

PT Bhanda Ghara Reksa (Persero) atau BGR Logistics, Badan Usaha Milik Negara (BUMN) penyedia jasa logistik menandatangani nota kesepahaman dengan PT Industri Kereta Api (Persero) atau INKA tentang…

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:30 WIB

BAZNAS Kembali Raih Sertifikat ISO 9001-2015

Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mempertahankan prestasi dan kembali memperoleh sertifikat ISO 9001-2015 dari Worldwide Quality Assurance (WQA), sebuah lembaga sertifikasi manajemen berstandar…

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:23 WIB

Timberland Gandeng Madness Luncurkan Koleksi Sepatu Limited Edition

Berkembang dari tema sebelumnya yaitu "Transmutation" yang berarti transformasi, tema kali ini adalah "Alteration" yang berarti "perubahan" untuk menandakan penyatuan antara kedua merek - Timberland…

Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Jumat, 18 Januari 2019 - 14:00 WIB

Berprestasi, Empat Mahasiswa SIA UBSI Juarai Zahir Accounting Competition

Empat mahasiswa SIA UBSI yaitu Martina Ayu Wigati, Sari Indriyani, Muhammad Yamin dan Siti Nuraeni Bariati berhasil menjadi Juara 1 Kategori Analisa Keuangan di Gunadarma All About Competition…

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan P. Roeslani saat menemui Presiden Komite Organisasi Luar Negeri Musiad Ibrahim Uyar (Foto: Kadin)

Jumat, 18 Januari 2019 - 13:55 WIB

Kunjungi Kadin, Musiad Jajaki Kerja Sama Bisnis

Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) siap menjalin kerja sama bisnis dan perdagangan dengan Mustakil Sanayici ve Isadamlari Dernegi (Musiad) atau Asosiasi Pebisnis dan Industri Independen…