Jelang Lebaran, Harga Sembako di Makassar Cukup Terkendali

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Juni 2018 - 17:00 WIB

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita
Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita

INDUSTRY.co.id - Makassar- Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan bahwa berdasarkan hasil pantauan di Pasar tradisional Pa'baeng-baeng, harga sembako di Makassar cukup terkendali.

"Dari pantauan kita bersama Wali Kota Makassar dan Kadis Perindag Sulsel, semua bahan pokok tersedia dan harganya cukup terkendali, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir memenuhi kebutuhannya," kata Enggartiasto di sela-sela peninjauan di Pasar Pa'baeng-baeng di Makassar, Rabu (13/6/2018)

Menurut dia, ketersediaan sembako seperti beras, minyak goreng, gula, terigu, telur ayam ras, daging ayam dan daging sapi cukup tersedia, sehingga harganya cukup stabil.

Dari pantauan di lapangan diketahui, harga telur ayam ras relatif stabil yakni Rp45 ribu per rak, ayam potong Rp45 ribu per ekor, terigu Rp9 ribu per kg, gula pasir Rp12.500 per kg dan daging sapi antara Rp100 ribu - Rp120 ribu per kg.

Hal itu dibernarkan oleh salah seorang pedagang Agus Daud di Pasar Pa'baeng-baeng, Makassar.

Dia mengatakan harga telur ayam ras tetap stabil karena persediaan cukup banyak. Begitu pula dengan bahan kue seperti terigu, gula dan mentega.

Pada peninjauan stok dan harga sembako di Pasar Pa'baeng-baeng, Menteri Perdagangan menyoroti adanya satu merk gula yang dijual diatas Harga Eceran Tertinggi (HET) yakni Gulaku.

"Saya akan menegur, karena semua gula sama dengan standar nasional Indonesia (SNI) dan harus mengikuti HET Rp12.500 per kg, namun dijual Rp15.000 per kg," katanya kepada awak media.

Karena itu, dia mengimbau agar masyarakat tidak usah membeli gula yang harganya dinilai memberatkan masyarakat.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ruas tol yang akan beroperasi

Rabu, 20 Juni 2018 - 22:19 WIB

Waskita Karya Akan Mengkaji Ulang 200 Km Ruas Jalan Tol

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan hanya mampu mengoperasikan sekitar 1.100 kilometer ruas jalan tol pada tahun ini dari target 1.315 km

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:45 WIB

Dwi Guna Laksana Ditargetkan Pasok Lima Juta Ton Batu Bara ke PLN

PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara, ditargetkan dapat memasok 5 juta ton batu bara ke PT Perusahaan…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:00 WIB

Buana Lintas Lautan Incar Dana Segar Sekitar Rp351 Miliar Lewat Rights Issue

PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang angkutan minyak, gas dan kimia untuk pasar domestik dan internasional, akan melakukan penerbitan…

Ilustrasi Irigasi (ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:50 WIB

Pola Tanam Secara Tepat dan Akurat dengan MAPDAS

INDUSTRY.co.id - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian kini telah menghasilkan lagi aplikasi teknologi Model Aliran Permukaan Daerah Aliran Sungai (MAPDAS).

Indosat

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:32 WIB

Libur Lebaran, Layanan Internet Indosat Alami Kenaikan 73 Persen

PT Indosat Tbk (ISAT) pada masa libur panjang mengalami kenaikan trafik yang signifikan. Indosat Ooredoo mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik…