Penumpang Mudik Lebaran di Pelabuhan Baubau Hampir Berimbang

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Juni 2018 - 15:00 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Baubau- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara menyebutkan arus penumpang mudik Lebaran 2018 yang tiba di Pelabuhan Murhum dari wilayah timur dan barat Indonesia jumlahnya hampir seimbang.

"Kalau dijumlah persentasenya saya belum hitung, tapi dilihat semua kapal yang masuk Baubau dan penumpang turun cukup maksimal, karena begitu penumpang turun kapal kosong," ujar Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Capt Akhmad Sadikin di Baubau, Rabu (13/6/2018)

Menurutnya, arus penumpang dari wilayah barat, timur, tengah dan utara bervariasi. Seperti arus penumpang dari wilayah barat Makassar (Sulsel) dan wilayah timur seperti, Ambon, Namlea (Maluku), Sorong dan Fakfak (Papua).  Sedangkan wilayah utara seperti Tarakan, Balikpapan dan Nunukan (Kalimantan).

"Orang Baubau menyebar karakternya. Jadi hampir seimbang penumpang turun. Kalau penumpang naik tidak begitu banyak,"  katanya.

Menurut dia, bila dihitung penumpang turun sejak awal Juni 2018 jumlahnya sudah sekitar 25 ribu orang, sedangkan naik sekitar 10 ribu penumpang.

"Pada H-2 Lebaran masih ada sejumlah kapal yang akan masuk lagi ke Baubau seperti dari Nunukan, Tarakan dan Balikpapan dan Makassar," ujarnya.

Akhmad Sadikin juga mengatakan, pada hari "H" Idul Fitri  terdapat pula kapal yang akan tiba di Baubau tetapi satu unit kapal tersebut tiba malam (Sabtu).

"Saya belum tahu berapa jumlahnya. Tapi jadwalnya secara reguler," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:50 WIB

Tim BIGETRON dinobatkan sebagai The Strongest Squad Indonesia di Grand Final PUBG Mobile Indonesia National Championship 2018

Tencent Games, Developer Game ternama di dunia, menghadirkan Grand Final PUBG mobile Indonesia National Championship (PINC) 2018. Grand Final yang diikuti oleh 16 tim yang terdiri dari pemenang…

Rusun Ponpes Cipasung, Tasikmalaya

Selasa, 23 Oktober 2018 - 09:39 WIB

Kementerian PUPR Bangun 27 Rusun Ponpes di Jawa Barat Tahun 2018

Dengan adanya Rusun diharapkan mendukung Ponpes dalam menghasilkan santri yang religius, nasionalis dan berakhlakul karimah

 Ketua Dewan Komisioner OJK, Wimboh Santoso (kmps)

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:30 WIB

BPR Terlu Waspadai Marak Tumbuhnya Fintech

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengimbau Bank Perkreditan Rakyat (BPR) mewaspadai gempuran "financial technology" atau teknologi finansial yang saat ini mulai merambah di pedesaan.

Asuransi Ilustrasi

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:15 WIB

Masyarakat Tak Perlu Ragukan Asuransi Syariah

Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Cholil Nafis meminta masyarakat muslim tidak ragu menggunakan produk asuransi syariah.

Kebun Tembakau

Selasa, 23 Oktober 2018 - 08:00 WIB

Harga Tembakau Kasturi di Jember Berkisar Rp50.000/Kg

Ketua Asosiasi Petani Tembakau Kasturi Kabupaten Jember Abdurrahman mengatakan harga tembakau kasturi di wilayah setempat cukup bagus yakni berkisar Rp44 ribu hingga Rp50 ribu per kilogram untuk…