Penumpang Mudik Lebaran di Pelabuhan Baubau Hampir Berimbang

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Juni 2018 - 15:00 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Baubau- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara menyebutkan arus penumpang mudik Lebaran 2018 yang tiba di Pelabuhan Murhum dari wilayah timur dan barat Indonesia jumlahnya hampir seimbang.

"Kalau dijumlah persentasenya saya belum hitung, tapi dilihat semua kapal yang masuk Baubau dan penumpang turun cukup maksimal, karena begitu penumpang turun kapal kosong," ujar Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Capt Akhmad Sadikin di Baubau, Rabu (13/6/2018)

Menurutnya, arus penumpang dari wilayah barat, timur, tengah dan utara bervariasi. Seperti arus penumpang dari wilayah barat Makassar (Sulsel) dan wilayah timur seperti, Ambon, Namlea (Maluku), Sorong dan Fakfak (Papua).  Sedangkan wilayah utara seperti Tarakan, Balikpapan dan Nunukan (Kalimantan).

"Orang Baubau menyebar karakternya. Jadi hampir seimbang penumpang turun. Kalau penumpang naik tidak begitu banyak,"  katanya.

Menurut dia, bila dihitung penumpang turun sejak awal Juni 2018 jumlahnya sudah sekitar 25 ribu orang, sedangkan naik sekitar 10 ribu penumpang.

"Pada H-2 Lebaran masih ada sejumlah kapal yang akan masuk lagi ke Baubau seperti dari Nunukan, Tarakan dan Balikpapan dan Makassar," ujarnya.

Akhmad Sadikin juga mengatakan, pada hari "H" Idul Fitri  terdapat pula kapal yang akan tiba di Baubau tetapi satu unit kapal tersebut tiba malam (Sabtu).

"Saya belum tahu berapa jumlahnya. Tapi jadwalnya secara reguler," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ruas tol yang akan beroperasi

Rabu, 20 Juni 2018 - 22:19 WIB

Waskita Karya Akan Mengkaji Ulang 200 Km Ruas Jalan Tol

PT Waskita Karya (Persero) Tbk menyatakan hanya mampu mengoperasikan sekitar 1.100 kilometer ruas jalan tol pada tahun ini dari target 1.315 km

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:45 WIB

Dwi Guna Laksana Ditargetkan Pasok Lima Juta Ton Batu Bara ke PLN

PT Dwi Guna Laksana Tbk (DWGL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang pertambangan dan perdagangan batu bara, ditargetkan dapat memasok 5 juta ton batu bara ke PT Perusahaan…

IHSG (Foto/Rizki Meirino)

Rabu, 20 Juni 2018 - 21:00 WIB

Buana Lintas Lautan Incar Dana Segar Sekitar Rp351 Miliar Lewat Rights Issue

PT Buana Lintas Lautan Tbk (BULL), emiten Bursa Efek Indonesia (BEI) yang berbisnis di bidang angkutan minyak, gas dan kimia untuk pasar domestik dan internasional, akan melakukan penerbitan…

Ilustrasi Irigasi (ist)

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:50 WIB

Pola Tanam Secara Tepat dan Akurat dengan MAPDAS

INDUSTRY.co.id - Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian kini telah menghasilkan lagi aplikasi teknologi Model Aliran Permukaan Daerah Aliran Sungai (MAPDAS).

Indosat

Rabu, 20 Juni 2018 - 19:32 WIB

Libur Lebaran, Layanan Internet Indosat Alami Kenaikan 73 Persen

PT Indosat Tbk (ISAT) pada masa libur panjang mengalami kenaikan trafik yang signifikan. Indosat Ooredoo mampu menjaga kualitas jaringannya demi kenyamanan pelanggan menikmati perjalanan mudik…