Penumpang Mudik Lebaran di Pelabuhan Baubau Hampir Berimbang

Oleh : Herry Barus | Rabu, 13 Juni 2018 - 15:00 WIB

PT Pelni (Persero)
PT Pelni (Persero)

INDUSTRY.co.id - Baubau- PT Pelayaran Nasional Indonesia (Pelni) Cabang Baubau, Sulawesi Tenggara menyebutkan arus penumpang mudik Lebaran 2018 yang tiba di Pelabuhan Murhum dari wilayah timur dan barat Indonesia jumlahnya hampir seimbang.

"Kalau dijumlah persentasenya saya belum hitung, tapi dilihat semua kapal yang masuk Baubau dan penumpang turun cukup maksimal, karena begitu penumpang turun kapal kosong," ujar Kepala PT Pelni Cabang Baubau, Capt Akhmad Sadikin di Baubau, Rabu (13/6/2018)

Menurutnya, arus penumpang dari wilayah barat, timur, tengah dan utara bervariasi. Seperti arus penumpang dari wilayah barat Makassar (Sulsel) dan wilayah timur seperti, Ambon, Namlea (Maluku), Sorong dan Fakfak (Papua).  Sedangkan wilayah utara seperti Tarakan, Balikpapan dan Nunukan (Kalimantan).

"Orang Baubau menyebar karakternya. Jadi hampir seimbang penumpang turun. Kalau penumpang naik tidak begitu banyak,"  katanya.

Menurut dia, bila dihitung penumpang turun sejak awal Juni 2018 jumlahnya sudah sekitar 25 ribu orang, sedangkan naik sekitar 10 ribu penumpang.

"Pada H-2 Lebaran masih ada sejumlah kapal yang akan masuk lagi ke Baubau seperti dari Nunukan, Tarakan dan Balikpapan dan Makassar," ujarnya.

Akhmad Sadikin juga mengatakan, pada hari "H" Idul Fitri  terdapat pula kapal yang akan tiba di Baubau tetapi satu unit kapal tersebut tiba malam (Sabtu).

"Saya belum tahu berapa jumlahnya. Tapi jadwalnya secara reguler," katanya. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pelayanan Jamkrindo. (Foto: Istimewa)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:54 WIB

Perum Jamkrindo Terima 30 Mahasiswa Program Magang

INDUSTRY.co.id -

Jakarta - Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia meneriman sebanyak 30 orang Mahasiswa magang dari Vokasi Universitas Indonesia, Universitas Negeri…

Agus Harmurti Yudhoyono (Foto Dok Industry.co.id)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 21:00 WIB

Terima Kasih AHY, GN, RR, dan MMD!

Kita dapat menilai budi pekerti seseorang dari kenyataan sikap diri menghadapi musibah yang menimpa.

Melany Dian Risiyantie,

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:34 WIB

Melany Dian Risiyantie Nilai Artis Nyaleg Punya Nilai Positif & Negatif

Dalam Daftar Calon Sementara (DCS) Legislatif yang sudah diumumkan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Senin, 13/8, kemarin terdapat 54 orang nama artis atau selebritas. Hal ini menunjukkan dunia…

Kementerian PUPR terapkan teknologi RISHA

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:32 WIB

Kementerian PUPR Terapkan Teknologi RISHA Rekonstruksi Rumah di Lombok

Konstruksi rumah tahan gempa diperlukan sebagai mitigasi bencana karena wilayah Lombok termasuk salah satu wilayah rawan gempa.

Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur (Foto Ist)

Selasa, 14 Agustus 2018 - 20:20 WIB

Beda Koalisi dengan Jokowi, Asman Abnur Bukan Lagi Menteri Aparatur Negara

Wakil Ketua Umum DPP PAN, Viva Yoga Mauladi, mengonfirmasi Asman Abnur telah mengundurkan diri dari Kabinet Kerja. Dengan begitu, Abnur bukan lagi Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi…