Wapres JK: Kim-Trump Dapat Mengakhiri Konflik Semenanjung Korea

Oleh : Herry Barus | Selasa, 12 Juni 2018 - 17:00 WIB

Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura (FotoDok Industry.co.id))
Presiden AS Donald Trump dan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un di Singapura (FotoDok Industry.co.id))

INDUSTRY.co.id - Tokyo- Wakil Presiden Jusuf Kalla mengatakan pertemuan antara Pemimpin Korea Utara Kim Jong-Un dan Presiden Amerika Serikat Donald Trump dapat mengakhiri konflik di Semenanjung Korea dan memberi dampak baik bagi kawasan Asia.

"Hari ini, pertemuan tingkat tinggi di Singapura antara Donald Trump dan Kim Jong Un dilakukan untuk menemukan solusi terhadap konflik di Semenanjung Korea. Tentu kita juga berharap pertemuan itu dapat berakhir dengan menghasilkan kabar baik bagi Asia dan dunia," kata Wapres Kalla dalam pidatonya di acara The 24th International Conference on the Future of Asia di Hotel Imperial Tokyo, Selasa. (12/6/2018)

Wapres mengatakan Konferensi Internasional tentang Masa Depan Asia tahun ini juga tidak kalah penting dengan pertemuan Kim-Trump di Singapura, mengingat Konferensi tahunan di Jepang tersebut menjadi ajang untuk meningkatkan kerja sama Asia dengan negara lain.

"Diskusi kita hari ini tentang bagaimana menjaga keterbukaan Asia, untuk mencapai kesejahteraan dan stabilitas keamanan, dan diskusi kita ini juga tidak kalah penting dengan pertemuan di Singapura," tambahnya.

Keterbukaan suatu negara, lanjutnya, dapat membawa kerja sama lebih luas bagi negara tersebut; selain juga menjaga perdamaian dan stabilitas di kawasan.

Oleh karena itu, Wapres mengatakan supaya negara-negara di kawasan Asia dapat saling mendukung perdamaian di negara yang sedang berkonflik supaya stabilitas tetap terjaga di kawasan.

"Stabilitas politik suatu negara adalah syarat untuk pembangunan ekonomi menuju kesejahteran. Sementara kesejahteraan masyarakat itu menyumbang stabilitas sebuah negara," katanya.

Sementara itu, di Singapura, terjadi pertemuan bersejarah antara dua kepala negara Kim dan Trump di Hotel Capella, Selasa.

Kim dan Trump pun menunjukkan rona persahabatan di hadapan kamera awak media, dengan berjabat tangan, bertegur sapa dan saling tersenyum; untuk siap mengakhiri konflik terkait kebutuhan nuklir di Semenanjung Korea.

"Senang bertemu dengan Anda Tuan Presiden," kata Kim beberapa saat kemudian ketika dia duduk di samping Trump, di depan kain punggung bendera Korut dan AS, berseri-seri lebih lebar saat presiden AS memberinya acungan jempol.

Dengan kamera pers dunia yang mengarah pada mereka, Trump dan Kim membangun suasana pertemanan awal.

"Saya merasa sangat hebat. Kami akan melakukan diskusi yang hebat dan akan sangat sukses. Ini kehormatan bagi saya dan kami akan memiliki hubungan yang hebat, saya tidak ragu," kata Trump. (Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…